Brilio.net - Kulit gatal bisa dialami siapa saja, orang tua hingga anak-anak. Hal ini pun disebabkan oleh banyak faktor mulai dari genetik, alergi, digigit serangga, dan faktor lainnya.

Rasa gatal ini tentu sangat mengganggu. Karenanya, kamu perlu melakukan tindakan untuk meredakannya. Selain itu, juga agar kulit nggak mengalami lecet ataupun infeksi karena terlalu sering digaruk.

Banyak bahan rumahan yang dapat diaplikasikan sebagai obat gatal alami. Selain aman, bahan-bahan ini juga mudah didapatkan.

Berikut, tujuh bahan alami yang ampuh menghilangkan gatal di kulit, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (31/8).

1. Lidah buaya.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Gel dari tanaman lidah buaya ini bisa digunakan untuk meredakan iritasi karena kulit gatal dan melembapkan kulit. Selain itu juga dapat mencegah iritasi berkembang menjadi infeksi.

Lidah buaya umumnya aman untuk digunakan semua orang. Namun, beberapa orang yang kulitnya sensitif disarankan untuk mengujinya terlebih dulu.

Cara mengujinya, oles sedikit lidah buaya ke kulit punggung tangan untuk memeriksa tanda-tanda reaksi. Bila sampai 24 jam tidak ada tanda serius yang muncul, bahan alami ini bisa digunakan untuk mengatasi gatal akibat yang kamu alami.

2. Minyak kelapa.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

foto: freepik.com

Minyak kelapa dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Minyak kelapa juga dipercaya dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi kulit gatal karena peradangan sewaktu alergi.

Minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan. Menurut penelitian dari Healthline, antioksidan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan, salah satunya gatal-gatal.

Minyak kelapa juga efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering. Orang yang kulitnya kering rentan mengalami gatal dan bersisik.

3. Oatmeal.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

foto: freepik.com

Selain baik untuk sarapan, oatmeal juga dapat membantu mengatasi gatal pada kulit. Oatmeal memiliki sifat humektan yang bisa membantu melembapkan kulit.

Caranya, campurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi.

Oatmeal juga disebut memiliki kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal, kulit kering, serta kulit kasar.

4. Baking soda.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

foto: freepik.com

Penggunaan baking soda di kulit yang gatal dapat menarik racun ke permukaan, sehingga sekaligus bisa sebagai obat alami jerawat.

Untuk meringankan ruam dan gatal, terutama ruam merah yang melepuh, oleskan campuran tiga sendok baking soda dan air ke kulit yang ruam atau gatal.

5. Es batu.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

foto: freepik.com

Mengompres bagian kulit yang gatal dengan menggunakan es batu juga dapat meringankan gejala gatal. Cobalah untuk meletakkan kantong es atau es batu yang yang dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa gatal.

Namun perlu diingat, bahan alami ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama dan alternatif. Jika gatal tak kunjung mereda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit.

6. Cuka apel.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

foto: freepik.com

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang dipercaya dapat membantu mengatasi gatal, terlebih pada bagian kulit kepala.

Cara penggunaannya, teteskan cuka apel di kapas atau kertas, kemudian tempelkan di area gatal.

Tetapi, penggunaan cuka apel tidak dianjurkan jika gatal pada kulit sudah menimbulkan luka atau berdarah.

7. Tea tree oil.

Bahan alami untuk gatal freepik.com

foto: freepik.com

Tea tree oil atau minyak daun teh juga dapat digunakan sebagai bahan alami atasi gatal. Sifat antiradang dari minyak ini berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. Tea tree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

Untuk menggunakannya dengan benar, campurkan ke pelembap yang biasa kamu gunakan, lalu dioles ke bagian tubuh yang gatal beberapa kali dalam sehari.