Brilio.net - Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain merawat kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang baik untuk kulit, kaum hawa biasanya menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya dengan menggunakan beberapa produk kecantikan seperti sabun, handbody, atau pun lulur.

Bagi sebagian orang membersihkan kulit tubuh dengan sabun sudah cukup. Padahal sebenarnya cara ini baru bagian dasarnya saja untuk membersihkan kulit. Salah satu cara agar kulit benar-benar bersih yaitu menggunakan scrub tubuh atau body scrub.

Body scrub dapat mengeksfoliasi tubuh, sehingga sel-sel kulit mati dapat terangkat. Body scrub atau lulur terdiri dari banyak pilihan, kamu dapat memilih kandungan bahan body scrub yang sesuai untuk jenis kulitmu. Namun jika ragu untuk menggunakan body scrub di pasaran karena takut mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kulit, kamu dapat membuat body scrub sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan alami yang bisa dijadikan body scrub merupakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur atau di sekitarmu. Penggunaan body scrub berbahan alami dipercaya lebih baik dan lebih lembut untuk kulit, sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit sekaligus membuat kulit jadi lebih halus.

Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit tampak lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Hal ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu kulitmu agar tetap kencang dan bercahaya.

Loading...

Selain itu, memijat kulit dengan body scrub juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membuatmu rileks dan merasa lebih tenang, terutama jika kamu sedang lelah atau stres. Untuk mendapatkan manfaat dari body scrub alami, kamu dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah secara praktis dan tidak menghabiskan biaya untuk membeli body scrub di toko kecantikan. Berikut ini 8 cara membuat body scrub dengan bahan alami, dirangkum brilio.net dari stylecraze pada Kamis (13/8).

1. Kopi, gula dan minyak zaitun.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan selulit sedangkan gula dalam campuran ini berfungsi sebagai exfoliator yang membantu menghilangkan kulit mati. Minyak zaitun dalam scrub ini meresap jauh ke dalam kulit untuk memberi kelembaban dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Caranya mudah, kamu cukup mencampurkan 1/4 cangkir kopi hitam, 1/4 cangkir gula pasir dan 2 sdm minyak zaitun. Aduk rata semua bahan sampai membentuk pasta, kemudian oles dan pijatkan pada kulit tubuh selama 5-10 menit. Setalah itu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk menghasilkan kulit yang glowing.

2. Garam laut dan minyak zaitun.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Garam laut kaya akan kandungan mineral dan bahan eksfoliasi yang membantu menjaga kulitmu terlihat muda dan sehat. Garam laut juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi masalah seperti jaringan parut.

Cara membuat body scrub dengan garam laut yaitu dengan mencampurkan 1/2 cangkir minyak zaitun ke dalam 1 cangkir garam laut. Untuk memberikan aroma wangi, kamu dapat meneteskan 5 hingga 15 tetes minyak esensial agar membuatmu semakin rileks saat melakukan scrub tubuh.

3. Minyak kelapa dan gula pasir.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lulur ini tidak hanya merupakan bahan eksfoliasi yang sangat baik, tetapi juga membantu membersihkan wajah, menghilangkan sisa makeup, dan melembabkan kulit. Caranya sangat mudah, cukup dengan menambahkan 1/4 hingga 1/2 cangkir gula pasir ke dalam 1/2 cangkir minyak kelapa. Kemudian oles dan pijatkan pada kulit sebelum gula pasir mencair.

4. Daun mint, minyak zaitun dan brown sugar.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lulur dengan campuran daun mint dapat mengembalikan energimu yang hilang setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Jika kamu tidak dapat menemukan daun mint, kamu dapat menggantinya dengan minyak esensial peppermint ke dalam scrub alami.

Cukup dengan mencampurkan 1/4 cangkir minyak zaitun, 1 cangkir brown sugar, dan 15 tetes minyak esensial peppermint sampai membentuk pasta kemudian balurkan ke seluruh tubuh sambil dipijat perlahan. Pijat dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.

5. Yoghurt, madu, minyak zaitun dan gula pasir.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jika kamu memiliki jenis kulit yang kering, kamu dapat menggunakan bahan scrub yoghurt untuk membersihkan kulitmu tanpa membuatnya merasa lebih kering. Justru dengan campuran bahan yoghurt, madu, minyak zaitun dan gula ini dapat memberikan kelembaban alami untuk kulitmu.

Campurkan 1 sdm yoghurt original dengan 1/4 cangkir minyak zaitun, kemudian tambahkan 1 sdt madu dan 3 sdm gula pasir. Aduk rata hingga membentuk adonan pasta, kemudian segera oles dan pijatkan pada kulit sebelum gula yang menjadi srub mencair.

6. Kunyit, minyak kelapa dan gula pasir.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kunyit adalah salah satu bahan kecantikan alami paling populer yang digunakan di India. Ia memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang tinggi untuk membantu menjaga kulit tetap pada kondisi terbaiknya.

Caranya cukup campurkan 1 cangkir gula pasir dengan 1 1/2 minyak kelapa dan 2 sdt kunyit bubuk. Oles dan pijat pada kulit, jangan biarkan terlalu lama karena dikhawatirkan dapat membuat warna kulit menjadi kuning. Segera bilas dengan air dan keringkan kulit.

7. Lemon, madu dan gula.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Lemon sangat kaya vitamin C dan membantu memberi dorongan nutrisi pada kulit sekaligus juga membantu pengelupasan sel kulit mati. Lemon juga dapat membantu memulihkan tingkat pH kulit yang sedikit asam sekaligus memastikan bahwa kulitmu tetap halus, lembut, dan kenyal.

Campurkan perasan air lemon ke dalam 2 sdm gula pasir, lalu tambahkan 1 sdm madu. Gunakan jari untuk mengaduknya kamudian pijatkan pada kulit tubuh selama 5-10 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Teh hijau dan gula merah.

Body scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Teh hijau kaya akan bahan yang bersifat antioksidan dan anti infalamasi. Selain itu, menurut study Trusted Source 2013, kosmetik yang mengandung teh hijau dapat mengurangi kerusakan kulit akibat kerusakan akibat sinar matahari.

Teh hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke lulur buatan sendiri bersama dengan bahan alami lainnya. Caranya, campurkan 2 kantung teh celup ke dalam 1/2 gelas air panas, kemudian tambahkan 1 cangkir gula merah dan 1/4 cangkir minyak kelapa. Setelah tercampur rata, oleskan pada kulit dan pijat dengan lembut.