Brilio.net - Bawang putih rasanya jadi bumbu yang selalu tersedia hampir di setiap rumah. Si kecil putih ini kerap dijadikan bahan wajib dalam berbagai masakan. Apalagi orang Indonesia merupakan penyuka makanan dengan cita rasa rempah yang kuat. Sehingga rasanya mungkin menjadi kurang nikmat kalau di dalam makanan tanpa menggunakan bawang putih atau bahan rempah lainnya, pasti terasa hambar.

Selain dimanfaatkan untuk bahan masakan, bawang putih juga sering dijadikan obat-obatan. Yaps, bukan hal baru lagi bawang putih masuk dalam kategori obat tradisional. Meskipun memiliki bentuk yang kecil, bawang jenis ini memiliki khasiat baik untuk tubuh lho.

Adapun khasiat dari bawang putih mulai dari obat masalah pencernaan hingga perawatan kulit. Cara mengolahnya pun nggak sulit. Ada yang hanya perlu dicampurkan dengan makanan, dihaluskan, atau sekadar dioleskan pada permukaan yang membutuhkan perawatan.

Kehebatan bawang putih juga masih ada lagi nih. Kandungannya yang kaya akan manfaat juga bisa jadi solusi untuk permasalahan kesehatan. Uniknya, untuk mendapatkan hasil itu kamu hanya perlu mengonsumsinya secara mentah. Ya, mungkin kamu ragu mengonsumsi karena baunya yang menyengat.

Sekarang jangan khawatir soal bau tak sedap dari bawang putih. Pasalnya, ada tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan aroma bawang pada mulut. Simak deh selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (7/8).

Loading...

1. Menjaga kesehatan jantung.

foto: freepik.com

Gangguan kesehatan pada jantung jadi salah satu permasalahan yang bisa menyerang siapa saja. Baik laki-laki maupun perempuan, dari orangtua hingga anak muda, semua memiliki potensi terserang penyakit jantung. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Namun untuk merawatnya, kamu bisa menggunakan bawang putih mentah sebagai solusinya.

Manfaat bawang putih mentah, terbukti mampu menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, sehingga memungkinkan zat besi untuk mengalir lebih baik bagi tubuh.

Selain itu, dilansir dari merdeka.com, mengonsumsi bawang putih yang telah dikeringkan mampu mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Plak tersebut berisiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

2. Mengatasi batuk dan pilek.

foto: freepik.com

Cuaca yang mudah berubah akhir-akhir ini harus kamu waspadai. Kalau imunitasmu sedang tidak baik, berbagai penyakit bisa menyerangmu dengan mudah.

Batuk dan pilek adalah penyakit yang kerap muncul di awal dan dapat mengganggu kegiatanmu. Maka kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur. Cara ini dipercaya ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

3. Meredakan sakit gigi.

foto: freepik.com

Bawang putih mentah juga disebut sebagai obat tradisional untuk permasalahan nyeri pada gigi. Bawang putih mentah memiliki manfaat untuk membantu meringankan sakit gigi karena sifat antibakteri dan analgesiknya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa meletakkan 1 siung bawang putih mentah yang sudah dihancurkan atau digeprek, kemudian letakkan pada gigi yang sakit.

2 dari 3 halaman

4. Menjaga kesehatan otak.

foto: freepik.com

Nggak salah kalau bawang putih disebut sebagai salah satu bahan makanan yang serba bisa. Nggak hanya melezatkan makanan, namun bawang putih juga memberikan manfaat baik untuk kesehatanmu.

Mengonsumsi bawang putih mentah juga mampu menjaga kesehatan otak. Hasil penelitian dari Universitas Missouri menjelaskan, bahwa karbohidrat dari bawang putih (FruArg) mampu mengurangi kadar oksida nitrat, yang dihasilkan oleh sel mikroglia selama melawan peradangan dan stress oksidatif.

Selain itu bawang putih mentah juga membantu otak lebih kebal terhadap risiko penyakit saraf di otak, seperti demensia dan Alzheimer.

5. Menurunkan risiko kanker.

foto: freepik.com

Bawang putih mungkin dihindari sebagian orang karena rasa getirnya. Apalagi nggak semua menyukai aromanya yang cukup tajam. Tapi di balik itu semua, ada manfaat yang bisa kamu rasakan juga mengonsumsinya.

Salah satu manfaat bawang putih mentah adalah menurunkan risiko kanker. Konsumsi bawang putih mentah dapat memperbaiki DNA yang rusak, sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit kanker paru-paru. Gimana sudah tertarik mencoba?

6. Mengatasi jerawat.

foto: freepik.com

Hayo kamu salah satu orang yang berjuang melawan jerawat nggak sih? Si kecil merah ini sering banget disebut sebagai permasalahan kulit sejuta umat. Karena, jerawat sangat bisa menyerang siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Apalagi untuk kamu yang baru saja memasuki masa pubertas.

Kali ini jangan khawatir, bawang putih mentah bisa jadi salah satu solusi yang perlu kamu coba. Kandungan allicin sebagai antijamur, antiseptik, dan antibakteri mampu membunuh kuman penyebab jerawat. Hal tersebut turut berperan dalam mengurangi peradangan dan bengkak jerawatnya serta meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk mendapatkan manfaatnya caranya praktis. Kamu hanya perlu potong bawang putih, kemudian oles-oleskan cairannya pada jerawat sebelum tidur. Atau bisa juga dengan menumbuk bawang putih mentah secukupnya, kemudian balurkan pada jerawat. Jika sudah mengering, bilas menggunakan air hingga bersih.

3 dari 3 halaman

Cara mengatasi bau mulut setelah mengonsumsi bawang putih mentah.

foto: freepik.com

Bawang putih diakui menjadi bahan makanan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kandungan hebat dari bawang yang satu ini. Mulai dari protein, sulfur, lemak, karbohidrat, kalsium, saltivine, fosfor, dan masih banyak lagi. Jadi nggak heran kalau bawang putih kerap dijadikan andalan untuk permasalahan kesehatan.

Tapi di sisi lain, harus diakui juga banyak yang tidak cocok dengan bawang putih mentah karena aromanya yang cukup tajam. Aroma mulut yang kurang enak akan membuat menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi bau mulut karena bawang putih mentah, kamu bisa mengonsumsi beberapa penawar. Dilansir dari Boldsky, apel, mint, dan daun selada dapat membantu mengurangi bau menyengat akibat bawang putih. Selain mudah ditemukan, penawar bau bawang putih itu juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Selamat mencoba!