Brilio.net - Bawang putih adalah salah satu jenis bahan makanan yang digunakan untuk berbagai masakan. Mulai dari camilan, lauk sederhana, hingga menu mewah yang disajikan di resto ternama. Rasanya nggak lengkap kalau sebuah sajian makanan tanpa kehadiran si kecil putih ini.

Sebagai negara dengan kekayaan rempah yang melimpah, tentunya bawang putih menjadi salah satu komoditi yang diperhitungkan. Budidaya bawang putih pun tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Jadi nggak heran kalau bawang putih mudah di temukan di sekitarmu. Harga yang ditawarkan juga nggak menguras kantong.

Selain dijadikan bahan masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat lho. Baik permasalahan untuk kesehatan hingga kecantikan, bisa diatasi dengan bawang putih. Bukan kabar baru lagi kalau bawang putih juga disebut sebagai salah satu obat tradisional yang kerap digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan kandungan pada bawang putih juga dapat menurunkan risiko kanker.

"Bawang putih bagus, untuk mencegah kanker paru. Untuk mendapatkan khasiat lebih banyak, coba makan bawang putih secara mentah. Memang rasanya tidak enak tapi manfaatnya luar biasa. Jika Anda ingin mencobanya, mulailah dengan potongan yang kecil dulu," kata dr Nadia Octavia seperti dilansir dari liputan6.com.

Kendati demikian, bawang putih nggak hanya memberikan khasiat pada orang dewasa. Anak-anak juga bisa merasakan manfaat bawang putih. Mulai dari mengatasi infeksi hingga mengatasi permasalahan pencernaan. Namun kamu juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan kondisi si kecil. Nah simak yuk selengkapnya dalam ulasan brilio.net dilansir dari laman momjunction.com, Rabu (5/8). 

Loading...

1. Mengatasi infeksi mata.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Anak-anak memiliki energi yang begitu besar. Aktifnya gerakan mereka terkadang menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Mulai dari tergores, terkilir, bahkan hingga infeksi. Kalau kamu menemukan situasi anak yang terkena infeksi pada mata, bawang putih dipercaya sebagai solusinya.

Bawang putih mengandung banyak nutrisi, seperti quercetin, vitamin C, dan selenium, yang cukup efektif dalam mengobati infeksi mata. Kandungan tersebut juga mampu mengurangi pembengkakan mata pada anak-anak. Kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk takaran yang tepat dalam mengobati infeksi mata anak.

2. Mengobati sakit telinga.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang serba bisa ini memiliki sifat antijamur, antibiotik, dan antivirus, sehingga berperan penting dalam menyembuhkan sakit telinga pada anak-anak. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun.

Perpaduan bawang putih dengan minyak zaitun ini mampu menyembuhkan sakit telinga pada anak. Hal ini dipercaya bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada telinga anak.

3. Mencegah diare.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Masalah pencernaan menjadi salah satu kendala yang kerap menyerang anak-anak. Rasa penasaran mereka yang tinggi kerap membuat anak ingin memasukkan makanan apapun ke dalam mulut. Jika dibiarkan hal ini akan menimbulkan penyakit seperti diare.

Sekarang nggak perlu khawatir lagi soal kondisi pencernaan anak. Bawang putih dikatakan dapat membantu mengobati beberapa masalah usus, seperti kolitis, diare, dan disentri.

Bawang putih secara efektif membunuh cacing berbahaya yang ada di usus tanpa memengaruhi fungsi dan aktivitas mikroba yang berguna di usus. Caranya, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada makanan anak-anak.

4. Menyembuhkan batuk dan pilek.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sebagai orangtua, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan gangguan kesehatan ini. Batuk dan pilek adalah musuh yang sering menyerang tubuh anak-anak. Apalagi dengan cuaca yang tidak menentu, anak akan rentan terserang berbagai penyakit, termasuk batuk dan pilek.

Bawang putih memiliki sifat obat yang membantu menyembuhkan pilek atau batuk. Ketika gejala penyakit itu sudah mulai terlihat, kamu bisa memberikan bawang putih yang sudah dihaluskan untuk meredakan gejalanya. Sehingga anak bisa merasakan lega dengan cara ini.

5. Mencegah infeksi pada luka.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan lain dari bawang putih adalah adanya sifat antimikroba yang mampu membantu mencegah infeksi pada luka. Seperti yang kamu tahu, luka bisa mengandung mikroba berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan anak-anak.

Atasi infeksi luka dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih hingga mendapatkan sarinya. Lalu oleskan ramuan itu pada luka anak.

6. Menjaga tekanan darah.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Permasalahan tekanan darah adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Begitu juga dengan anak-anak yang mampu mengalami hal ini. Bawang putih bisa menjadi salah satu solusinya. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan Allicin.

Allicin dalam bawang putih mampu melemaskan pembuluh darah dan mengurangi efek hipertensi pada anak-anak. Di samping itu, bawang putih juga dapat membantu meminimalkan agregasi trombosit dan memerangi trombosis pada anak-anak.

7. Mencegah risiko masalah pencernaan.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak heran kalau bawang putih kerap digunakan dalam berbagai masakan. Bawang ini memiliki banyak kandungan baik yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu juga bisa menambahkan bawang putih ke dalam makanan anak secara teratur. Cara ini dapat mencegah risiko masalah pencernaan. Bawang putih mendukung fungsi usus halus dan besar untuk pencernaan yang lancar dan efektif.

Bawang putih juga mampu menyembuhkan iritasi serta radang saluran lambung pada anak-anak.

8. Mengatasi ruam kulit.

Manfaat bawang putih untuk anak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ruam pada kulit anak juga menjadi permasalahan yang kerap ditemukan. Kini kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bawang putih. Bukan tanpa sebab, karena bawang putih bertindak sebagai pembersih kulit alami. Ramuan ini memiliki sifat antibiotik yang membantu meredakan ruam kulit yang mengiritasi pada anak-anak.