Brilio.net - Bawang putih merupakan salah satu bahan masakan inti. Bumbu ini berfungsi untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih termasuk dalam genus Allium, satu jenis dengan daun bawang dan bawang merah. Bawang putih telah dijadikan bumbu masakan bahkan selama ribuan tahun lalu.

Namun selain dijadikan bumbu, bawang putih ternyata punya banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan tubuh manusia, khususnya bagi kaum wanita. Bawang putih telah digunakan sebagai obat sepanjang sejarah kuno dan modern. Bawang putih dipercaya dapat mencegah dan mengobati berbagai kondisi dan penyakit.

Ada beberapa senyawa yang dimiliki bawang putih seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan mineral penting lainnya. Bawang putih juga mengandung zat allicin yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Zat ini juga yang menyebabkan aroma menyengat pada bawang putih.

Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk wanita, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (24/7).

 

1. Mencegah kanker payudara.

bawang putih untuk wanita freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Menurut National Cancer Institute, bawang putih memiliki efek perlindungan berasal dari antibakteri. Sifat ini mampu memblokir pembentukan dan aktivasi zat penyebab kanker. Menurut CancerActive, senyawa sulfur dan allicin di bawang putih mampu mengikat sel kanker, mencegah aksi agen kanker.

Allicin bawang putih juga mampu membuat tubuh jadi lebih kuat terhadap infeksi. Terutama bakteri, virus, ragi dan infeksi usus. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari bawang putih dengan cara dikonsumsi dimasak terlebih dulu atau mentah.

-2. Membuat kulit lebih bercahaya.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih dapat melindungi kulit dari radikal bebas, memperlambat penurunan kolagen, dan hilangnya elastisitas kulit. Bawang putih juga punya mafaat besar saat diterapkan pada kulit. Sangat baik untuk mencegah infeksi jamur dan kurap.

Caranya, oleskan bawang putih yang sudah dihancurkan pada kulit. Kemudian pijat bagian perlahan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, tambahkan bahan penetral alami seperti madu atau minyak zaitun.

Kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih, telan dua siung bawang putih mentah dengan air hangat terlebih dahulu di pagi hari. Kemudian perbanyak minum air putih sepanjang hari.

-3. Mencegah rambut rontok.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan sulfur tinggi bawang putih mengandung keratin, dapat mendukung pertumbuhan rambut dan meningkatkan kekuatan rambut. Oleskan minyak yang mengandung bawang putih ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan. Rasakan manfaatnya, dengan kembalinya rambut indah alami.

-4. Mengatasi pilek dan flu.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: pixabay.com

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Advances In Therapy menemukan, bawang putih dapat mengurangi kondisi pilek hingga 63 persen. Rata-rata gejala flu berkurang hingga 70 persen selama setengah hari. Mengonsumsi bawang putih setiap hari dapat meredakan hidung tersumbat, sinusitis, hingga menghilangkan sakit kepala.

Caranya, ambil dua hingga tiga siung bawang putih mentah atau matang sehari. Campur bawang putih dengan teh, sedikit madu, dan jahe.

-5. Mengurangi tekanan darah tinggi.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Senyawa aktif bawang putih dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah. Bawang putih bisa sebanding dengan efek obat pada umumnya. Konsumsi bawang putih secara rutin, dengan cara dimasak atau dimakan mentah.

-6. Cegah penyakit jantung.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Makan bawang putih setiap hari, baik mentah atau dimasak, mampu menurunkan kolesterol. Hal ini karena sifat antioksidan pada bawang putih, yakni allicin. Penelitian dari jurnal Annals of Internal Medicine menemukan, efek bawang putih terhadap kolesterol total pada orang dengan kadar tinggi, sedang menurunkan kolesterol.

-7. Mengurangi rasa lelah.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih membantu mengurangi kelelahan akibat olahraga. Caranya konsumsi minyak bawang putih rutin selama enam minggu. Denyut jantung akan mengalami penurunan sebanyak 12 persen.

-8. Meningkatkan kesehatan tulang.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih mengandung mangan tinggi, kandungan enzim dan antibiotik. Kandungan ini dapat menguatkan tulang, metabolisme tulang, dan penyerapan kalsium secara maksimal. Hal ini lah yang membuat wanita dapat meningkatkan kekuatan tulang dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur.

-9. Menghilangkan bau keputihan.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih adalah antibiotik alami yang kaya akan manfaat. Efek yang diberikan bawang putih sangat baik untuk wanita. Salah satunya adalah menghilangkan bau tidak sedap saat keputihan. Antijamur pada bawang putih akan membersihkan infeksi dan bakteri jahat pada vagina.

Dilansir dari Top10homeremedies, kamu bisa memakan bawang putih baik mentah atau matang. Campurkan 1-2 siung bawang putih mentah dengan air hangat. Konsumsi selagi perut masih kosong. Atau kamu bisa menambahkan bawang putih pada salad dan masakan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan bawang putih langsung di vagina. Diamkan selama 1 hingga 2 jam. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

-10. Membersihkan komedo.

bawang putih untuk wanita freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih juga dapat membawa efek baik untuk kecantikan. Kamu bisa memanfaatkan bawang putih untuk menghilangkan komedo.

Caranya, haluskan bawang putih lalu oleskan pada area wajah yang berkomedo. Pijat secara lembut dan perlahan selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Jika kamu punya kulit sensitif, tambahkan kandungan penetral alami lain, seperti madu atau minyak zaitun.