Brilio.net - Jerawat di wajah dapat terjadi pada siapa saja. Bahkan masalah ini kerap terjadi pada banyak orang, nggak mengenal usia maupun jenis kelamin. Tapi jerawat nyatanya tak hanya muncul pada wajah saja, melainkan juga muncul di punggung. Meski tak terlihat bukan berarti aman-aman ya, karena nggak mengganggu penampilanmu.  

Jerawat di punggung terkadang juga bisa menyakitkan. Ada banyak alasan seseorang mengalami jerawat di punggung. Kulit tubuh yang menghasilkan minyak sebum, keluar melalui folikel rambut.

Nantinya sebum tersebut akan menggerakkan folikel rambut untuk menambah kelembapan pada kulit. Jerawat akan terbentuk ketika sebum dan sel-sel kulit mati menumpuk. Selain itu punggung juga memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga membuatnya lebih mudah tersumbat.

Keberadaannya yang muncul dan tak terlihat oleh mata, membuat kita sulit menyadari adanya jerawat hingga berkembang jadi lebih besar. Nah, ketika jerawat sudah mulai membesar biasanya akan timbul rasa sakit atau perih karena gesekan.

Umumnya orang-orang akan mencari berbagai solusi seperti sabun antijerawat hingga mencoba berbagai bahan alami. Salah satu bahan alami yang kerap digunakan yaitu bawang putih.

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (18/12), berikut manfaat bawang putih untuk jerawat punggung dan cara menggunakannya.

-

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: freepik.com

Bumbu dapur seperti bawang putih umumnya digunakan untuk bahan masakan. Tapi seperti diketahui, banyak orang saat ini mulai menggunakan bahan beraroma khas ini sebagai salah satu solusi atasi jerawat di punggung.

Menurut beberapa sumber, bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang yang bisa atasi jerawat. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan allicin yang mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh. Senyawa allicin tersebut yang memberi rasa dan bau yang unik pada bawang.

Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat punggung ini bisa kamu makan secara langsung, dibuat jus, ataupun dijadikan masker. Cara lainnya yakni dengan memotong bawang putih menjadi dua bagian, kemudian gosokkan bawang putih pada punggung yang berjerawat. Tunggu kira-kira sampai 30 menit. Bersihkan serta bilas dengan air hangat, hingga tak ada bekas bawang putih yang tersisa. Kamu bisa melakukan perawatan ini hingga jerawat di punggung benar-benar hilang.

Meski demikian, nggak semua bawang putih dapat mengatasi jerawat. Pastikan juga jika kamu nggak alergi terhadap bawang putih, kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan pada tangan. Sebab bawang putih dapat menimbulkan sensasi terbakar pada kulit.

-

Penyebab munculnya jerawat punggung.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: freepik.com

Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat pada punggung, berikut ulasannya agar kamu bisa terhindar dari jerawat punggung.

1. Faktor genetik.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: freepik.com

Tak dipungkiri jerawat punggung juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Masalah ini bisa karena turun-temurun dari keluarga sehingga orang tersebut juga lebih rentan mengalami jerawat di punggung. Sebaiknya untuk mengetahui kamu bisa memeriksakan diri pada dokter apakah hal ini juga disebabkan oleh makanan atau rutinitas yang memicu timbulnya jerawat di punggung.

2. Pakaian terlalu ketat.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: freepik.com

Pernah nggak sih, merasa nggak nyaman dengan pakaian ketat yang kamu kenakan? Hati-hati penggunaan pakaian yang terlalu ketat bisa jadi salah satu penyebab jerawat punggung.

Sebab baju ketat dapat menghalangi pori-pori kulit dalam bernapas dan menyumbat keluarnya keringat. Nah, dari situlah bisa muncul yang namanya jerawat punggung karena pertumbuhan bakteri.

Jika dirasa punggungmu mulai ada tanda-tanda munculnya jerawat, lebih baik ganti dengan pakaian yang longgar dan berbahan halus seperti katun, sehingga dapat menyerap keringat. Selain pakaian ketat, pakaian yang berkeringat juga bisa memungkinkan bakteri untuk berkembang biak. Kamu bisa mengganti baju setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat. Pastikan juga baju tersebut dicuci dengan bersih.

3. Tempat tidur kotor.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: freepik.com

Menghabiskan waktu di tempat tidur memang menyenangkan, nggak hanya bisa digunakan untuk tidur, tapi kamu juga bisa sekadar bersantai sembari meonton TV ataupun membaca buku.

Namun sayangnya jerawat punggung ini bisa muncul karena kotoran dan minyak yang menempel pada seprai. Oleh sebab itu sebaiknya sering-seringlah mengganti sprai kasur dan bantal secara rutin.

4. Obat.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: freepik.com

Apakah kamu sedang mengonsumsi sebuah obat untuk penyakit tertentu? Jika iya, bisa jadi masalah jerawat punggung yang kamu alami adalah karena faktor ini. Sebab jerawat punggung bisa jadi salah satu tanda bahwa tubuh kamu tidak menyukai zat kimia yang masuk dalam tubuh kamu.

Misalnya saja jerawat punggung ini bisa dipicu karena mengonsumsi suplemen atau obat seperti bubuk protein. Kamu bisa berkonsultasi dan menyebutkan semua obat yang sedang kamu konsumsi pada dokter.

5. Rambut berminyak.

Manfaat bawang putih untuk jerawat punggung & cara gunakan freepik.com

foto: pixabay

Biasanya jerawat pada wajah juga bisa disebakan oleh rambut atau poni yang berminyak. Sama halnya dengan jerawat punggung, rambut panjang yang kotor dan berminyak dapat menjadikan punggung menjadi kotor.

Saat tubuh kamu berkeringat pastikan untuk mengikat rambut panjangmu agar tidak bersentuhan dengan kulit punggung. Selain itu jangan biarkan kondisioner atau sampo mengalir dipunggung kamu. Sebab bahan-bahan kimia itu juga bisa jadi pemicu jerawat.