Brilio.net - Plum adalah buah berair dan lezat yang termasuk dalam genus Prunus dari keluarga Rosaceae yang juga termasuk buah persik, aprikot, dan nektrin. Buah plum ini memiliki kemiripan bentuk seperti buah apel. Namun sayangnya, buah plum ini pada umumnya tumbuh di negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Perlu kamu ketahui, buah plum ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Manfaat buah plum ini didapat dari kandungan buah plum yang terdiri dari serat, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan mineral serta senyawa lainnya.

Nah, kali ini brilio.net akan memberi tahu kamu apa saja manfaat dari buah plum, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (8/12).

Manfaat buah plum untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah plum © pexels.com

foto: pexels.com

Plum memiliki potensi dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor utama risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 12 plum setiap hari selama delapan minggu akan mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Sehingga mengonsumsi buah plum dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah plum memiliki kandungan vitamin C yang berperan banyak untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan pada tubuh. Vitamin C pada buah plum bertanggung jawab untuk membangun daya tahan tubuh terhadap infeksi dan radang. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, salah satunya adalah mencegah indikasi flu.

3. Mengatasi sembelit.

Manfaat buah plum © pexels.com

foto: pexels.com

Selain vitamin C, ada pula serat dan sorbitol di dalam buah plum. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut saat di dalam tubuh. Sehingga berperan mempercepat laju pembuangan limbah melalui saluran pencernaanmu. Sementara itu sorbitol adalah alkohol gula dengan efek pencahar alami. Adanya dua kandungan tersebut membuat plum menjadi terkenal karena efektif untuk meredakan sembelit daripada banyak obat pencahar lainnya.

4. Mengurangi risiko penyakit diabetes.

Keuntungan lain dari mengonsumsi buah plum adalah adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Yaps, kandung tersebut bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. Plum sangat tinggi antioksidan polifenol, yang memiliki efek positif untuk kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko penyakit diabetes dan paru-paru.

5. Membantu pertumbuhan tulang.

Tulang juga ikut merasakan dampak baik dari buah plum. Sebab beberapa penelitian mengatakan, mengonsumsi plum ampuh untuk mengurangi risiko kondisi tulang yang mulai melemah karena osteoporosis dan osteopenia. Plum tidak hanya mampu mencegah keropos tulang, tetapi juga meningkatkan kadar hormon tertentu yang terlibat dalam pembentukan tulang.

6. Mencegah kanker.

Manfaat buah plum © pexels.com

foto: pexels.com

Manfaat buah plum untuk kesehatan juga dapat mencegah kanker. Pasalnya warna biru kemerahan pada kulit plum disebabkan oleh pigmen, anthocyanin, yang bisa melawan radikal bebas pada tubuh saat dikonsumsi. Kandungan yang ada pada buah plum dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker, terutama kanker payudara, rongga, dan mulut kanker.

7. Membantu proses penurunan berat badan.

Mengonsumsi buah plum tak hanya menyegarkan tubuh namun juga membantu proses penurunan berat badan. Manfaatkan bahan sehat ini dengan langsung memakan buah plum, atau mengolahnya dan mencampurkan dengan bahan lain. Kamu bisa mengonsumsi buah plum dengan menjadikannya smoothie dan salad yang lezat.

Manfaat buah plum untuk kecantikan.

8. Mengatasi kulit kering.

Manfaat buah plum © pexels.com

foto: pexels.com

Dengan mengonsumsi buah plum kamu bisa sekaligus memberikan nutrisi pada kulit. Hal ini berdampak baik untuk mengatasi kulit kering dan kasar. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah plum dapat menjadikan kulit kamu tetap terjaga kelembapannya, sekaligus membantu merawat kulit agar tetap halus.

9. Mengatasi hiperpigmentasi.

Paparan sinar matahari berlebih dapat memberikan pengaruh pada kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan dan mempercepat produksi melanin dalam tubuh, sehingga membuat timbulnya bercak-bercak yang disebut dengan kulit hiperpigmentasi.

Namun jangan khawatir, antioksidan dan protein yang banyak ditemukan dalam buah plum dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari. Kamu dapat mengonsumsi jus plum yang mampu mencegah kelebihan produksi melamin pada kulit.

10. Mencegah jerawat.

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami banyak orang. Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah plum yang memiliki kandungan vitamin C. Kandungan tersebut berguna sebagai penangkal serangan bakteri yang menyebabkan jerawat. Vitamin C dapat menjadi musuh utama dari kuman dan bakteri yang menyerang tubuh serta kulit. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, sangat mampu menjaga kulit dari serangan jerawat membandel.

11. Mengobati jerawat.

Manfaat buah plum © pexels.com

foto: pexels.com

Tak hanya mencegah lho, buah plum pun bisa mengatasi kulit yang sudah berjerawat. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik jerawat. Dengan mengonsumsi buah plum juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan parut, sehingga meminimalkan bekas luka di wajah.

Tak hanya itu, buah plum juga berperan penting untuk membantu pengembangan jaringan kulit baru. Kamu dapat memanfaatkan buah plum sebagai perawatan luar seperti masker untuk kulit wajah.

12. Mencegah penuaan dini.

Mengonsumsi buah plum dapat membantu meremajakan kulit, meratakan warna kulit, hingga meningkatkan kekencangan kulit. Vitamin C dalam buah plum berguna untuk mengikat molekul yang menghasilkan kolagen. Sehingga, nantinya dapat meremajakan kulit dari akar dan mengurangi kerutan serta penuaan lainnya.