Brilio.net - Kamu sering bersin, batuk disertai meler dan gatal di hidung? Jika sering mengalami kondisi tersebut saat terpapar debu, bisa jadi kamu menderita alergi debu.

Debu bisa muncul dari beragam hal seperti serbuk tumbuhan, hewan mati, bulu kecil maupun dari hewan-hewan kecil. Terkadang meskipun berada di dalam ruangan, kamu juga dapat mengalami reaksi alergi.

Alergi ini sangat umum terjadi pada seseorang. Alergi terjadi ketika sistem imun tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen. Ketika tubuh bereaksi dengan alergen, sistem kekebalan tubuh memproduksi reaksi kekebalan terhadap benda yang sebenarnya tidak berbahaya.

Alergi debu sendiri memiliki dua tipe, ringan dan berat. Alergi ringan ditandai dengan bersin-bersin dan mata berair. Sedangkan kalau alergi parah jika mengalami bersin secara terus-menerus, hidung tersumbat bahkan sesak napas. Jika hal ini sering mengalami gejala alergi debu, pasti akan menganggu konsentrasi dan aktivitas sehari-hari. Jadi sebelum hal itu menjadi parah ada baiknya mengikuti beberapa cara mudah ini.

Berikut cara ampuh atasi alergi debu yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (25/7).

Loading...

1. Pakai masker.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Memakai masker adalah tindakan preventif untuk mencegah alergen masuk ke saluran udara kamu yang memicu alergi. Kamu bisa mengenakan ketika bekerja di luar ruangan atau ketika kamu membersihkan perabotan rumah.

2. Tutup jendela.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu berada dalam suatu ruangan, sebaiknya tutuplah jendela dan pintu agar udara yang membawa debu tidak masuk ke ruangan. Kamu bisa menggunakan

AC sebagai filter. Di sisi lain, jika kamu alergi terhadap debu saat berada di ruangan, sebaiknya jendela dan pintu dibuka agar sirkulasi udara berganti.

3. Makan makanan yang sehat.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Menurut penelitian seseorang yang rutin makan banyak sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, tomat dan apel memiliki lebih sedikit terhadap gejala alergi. Kamu bisa makan sayur dan buah setiap harinya untuk menjaga kekebalan tubuh.

4. Cuci tangan dan mandi.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Setiap kali kamu sampai ke rumah, sebaiknya membiasakan diri untuk cuci muka, tangan, dan cuci kaki. Atau mandilah dan gantilah pakaian untuk mengilangkan debu yang yang ada pada tubuh dan pakaian. Dengan menjaga kebersihan tubuh, dapat membantu membunuh bakteri jahat pada kulit.

5. Banyak minum air.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika merasa tersumbat karena reaksi alergi debu, sebaiknya banyak minum air putih atau jus. Cairan ini akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Alternatif lain bisa mengonsumsi sup panas saat hidung tersumbat.

6. Beruap dengan air panas.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Tarik napas dalam-dalam dapat meredakan hidung tersumbat dan membantu untuk bernapas dengan mudah. Kamu bisa mencoba dengan cara beruap dengan air panas. Pegang kepala di atas mangkok yang terisi air  panas dan tutup kepala dengan handuk agar uap tidak keluar area.

7. Cuci hidung.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Cobalah rutin untuk mencuci hidung kamu dengan larutan garam. Hal tersebut akan membantu mengeluarkan alergen seperti serbuk dari membran hidung. Kamu juga bisa berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit tenggorokan atau gatal. Lakukan secara rutin, yakni sekali atau dua kali sehari selama terserang alergi untuk megurangi keparahan.

8. Rajin mencuci sprei dan sarung bantal.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Rajin mencuci sprei dan sarung bantal agar tidak berkontak langsung dengan debu yang memicu alergi.

9. Lepaskan sepatu dan pakaian setelah sampai rumah.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Jangan bawa alergen debu ke dalam rumah. Lepaskan sepatu di luar pintu dan gantilah pakaian serta taruhlah di keranjang baju.

10. Rajin memandikan hewan peliharaan.

atasi alergi © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu senang memelihara kucing atau anjing, sebaiknya rajin-rajinlah mengajaknya mandi. Kebiasaan tersebut bisa mengurangi debu atau bulu kotor yang menempel pada peliharaan.