Brilio.net - Pernah melihat tanaman krokot? Pada umumnya tanaman ini tumbuh liar di persawahan ataupun di ladang.

Masyarakat menganggap tamanam ini sebagai gulma dan kerap menyingkirkannya begitu saja. Wajar, masih banyak yang memang belum mengatahui manfaat yang terkandung dalam tanaman krokot ini.

Tanaman bernama latin Portulaca oleracea ini berasal dari Afika dan Persia. Tanaman krokot biasanya mudah ditemukan dan tumbuh dari akhir musim semi sampai awal musim gugur.

Kini seiring perkembangan zaman, masyarakat dan ilmuwan banyak mengetahui manfaat dan khasiat daun krokot untuk kesehatan. Bahkan tanaman ini juga sudah banyak dibudidayakan.

Tumbuhan krokot ini mengandung omega-3, asam alfalinilenat, dan asam lemak. Kandungan asam lemak pada krokot rupanya lebih tinggi daripada ikan. Daun krokot memiliki kandungan vitamin A tertinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Loading...

Tanaman krokot juga mengandung vitamin C dan Vitamin B kompleks (karotenoid, prydoxine, ribolavin dan niacin).

Berbagai kandungan yang dihasilkan krokot memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat menurunkan berat badan.

Lalu apa saja manfaat lainnya? Berikut 10 manfaat daun krokot untuk kesehatan, brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/9).

1. Menurunkan berat badan.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Diketahui bahwa krokot sangat rendah kalori. Namun rendahnya kalori pada krokot ternyata diimbangi dengan kandungan nutrisi yang kaya serta tingginya serat yang baik untuk pencernaan.

Karenanya, tanaman ini disarankan untuk dikonsumsi jika berencana menurunkan berat badan. Sebab rutin mengonsumsi krokot dapat mengenyangkan meski kalorinya rendah.

2. Meningkatkan kesehatan mata.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Nah, jika kamu mengalami permasalahan dalam penglihatan, daun krokot bisa menjadi salah satu solusinya. Vitamin A dan beta-karoten dalam daun krokot juga fektif mencegah katarak dan degenerasi makula, dan berbagai gangguan pada mata.

3. Mencegah gangguan perkembangan pada anak.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Daun krokot juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Krokot mengandung asam lemak yang baik (omega-3) yang membantu menurunkan gangguan perkembangan tertentu pada anak, termasuk autisme dan ADHD.

4. Meningkatkan kesehatan jantung.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Kadar omega-3 yang tinggi sangat berguna untuk meningkatkan fungsi sistem kardiovaskuler dan mengusir kolesterol jahat.

Selain itu, krokot juga mengandung kalium yang berfungsi sebagai vasodilator dan berguna mengurangi tekanan darah. Oleh karena itu daun krokot sangat baik untuk melemaskan dan mengurangi ketegangan pembuluh darah.

5. Mencegah risiko kanker.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat berikutnya yakni dapat mencegah risiko kanker. Selain daunnya, biji dari tanaman krokot ini juga sangat bermanfaat untuk menghambat tumor.

Sebab, minyak biji krokot memiliki kandungan yang bersifat antioksidan dan antiproliferatif, sehingga berpotensi antikanker.

6. Meningkatkan sirkulasi darah.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Tumbuhan yang memiliki rasa asam dan manis ini dapat merangsang produksi sel darah merah karena mengandung zat besi dan tembaga. Kedua mineral ini sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi, sehingga akan lebih banyak oksigen yang dikirim ke berbagai bagian penting dalam tubuh.

Selain itu, dapat meningkatkan kecepatan penyembuhan sel dan organ, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan efisiensi metabolisme.

7. Tulang yang kuat.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Krokot mengandung kalsium, magnesium, besi, dan mangan yang merupakan elemen untuk perkembangan jaringan tulang. Kandungan tersebut juga mempercepat proses penyembuhan tulang dalam tubuh kita. Sehingga mengonsumsi daun krokot dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

8. Mencegah penyakit pada saluran gastrointestinal.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Daun krokot telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina, khususnya untuk mengobati diare, disentri, bahkan wasir atau ambeien. Hal ini disebabkan kandungan senyawa organik yang ditemukan dalam krokot, termasuk dopamine, asam malat, asam sitrat, alanin, glukosa, dan lainnya. Sehingga daun krokot ini berkhasiat mengatasi berbagai gangguan usus.

9. Menyehatkan kulit.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Selain membuat tulang kuat, daun krokot juga dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dalam krokot sangat bermanfaat mengurangi keriput serta bekas luka.

Kamu juga dapat menggunakan daun krokot ini untuk menyembuhkan peradangan, salah satunya adalah yang disebabkan sengatan lebah.

10. Menyehatkan pertumbuhan rambut.

manfaat daun krokot freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya menyehatkan kulit, daun krokot juga dapat membuat kesehatan rambut tetap terjaga. Sebab sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lancar, tentu rambut akan menjadi lebih berkilau. Kandungan zat besi dan tembaga mampu membuat kesehatan rambut tetap terjaga.