Brilio.net - Jika mendengar kata wortel, maka yang terlintas adalah sayuran sehat untuk mata. Sebenarnya tidak hanya satu itu saja manfaatnya.

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, senyawa antioksidan beta karoten, alpha-karoten, lutein, likopen, sampai antosianin.

Wortel ternyata juga sangat baik untuk menjaga kecantikan lho. Berikut ini ada beberapa manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/9).

1. Menyembuhkan luka.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com

Jika kamu mengalami luka karena tergores benda tajam atau jatuh, wortel bisa bekerja dengan baik dalam mengatasinya. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A.

Vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaatnya.

2. Menjaga kesehatan jantung.

foto: freepik.com

Kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Adanya kandungan tersebut sangat berguna melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

3. Melindungi kesehatan mata.

foto: freepik.com

Salah satu manfaat wortel yang sudah cukup terkenal adalah melindungi kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A. Nutrisi ini penting untuk mendukung kesehatan paru-paru, kulit, sampai mata.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia. Kondisi ini membuat penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas (rabun) di malam hari. Rajin mengonsumsi wortel, akan memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan mata.

4. Memperkuat tulang dan gigi.

foto: freepik.com

Wortel memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi, sehingga kandungan ini bisa membantu menguatkan tulang dan gigi. Wortel juga sangat baik untuk rutin dikonsumsi oleh manula agar terhindar dari osteoporosis.

5. Menyeimbangkan gula darah.

foto: freepik.com

Serat larut di dalam wortel ternyata terbukti dapat menyeimbangkan gula darah insulin, dan mendukung kesehatan pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara di jus atau dimakan langsung. Hal ini akan sangat baik untuk penderita gula darah tinggi atau penderita diabetes.

6. Menyehatkan pencernaan.

foto: freepik.com

Wortel mengandung serat yang sangat membantu dalam mengatur gerakan usus dan membantu pencernaan. Khasiat wortel juga baik untuk mengatasi sembelit dan refluks asam.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh.

foto: freepik.com

Wortel mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadi peradangan serta kerusakan sel. Jika kamu mengonsumsi jus wortel secara rutin, akan menjaga tubuh kamu dari serangan penyakit flu.

8. Turunkan kolesterol.

foto: freepik.com

Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan.

9. Perawatan rambut rontok.

foto: freepik.com

Wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Rutin mengonsumsi wortel akan membuat rambut menjadi lebih kuat, lebih tebal, dan lebih bersinar.

10. Mengurangi risiko kanker payudara.

foto: freepik.com

Dilansir dari liputan6.com, penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan dua kali setiap harinya, dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

2 dari 2 halaman

11. Mengatasi kulit berminyak.

foto: freepik.com

Wortel bisa menjaga kesehatan kulit kamu, terlebih bahwa kamu mengalami kulit berminyak. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih.

Kulit berminyak akan menyebabkan munculnya beberapa masalah lainnya, seperti berjerawat dan komedo. Wortel dapat membersihkannya secara mendalam. Wortel untuk dapat mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

12. Menyamarkan flek hitam.

foto: freepik.com

Wortel selain dikonsumsi, kamu juga bisa menjadikan sebagai masker. Penggunaan masker wortel secara rutin, dapat menyamarkan flek hitam. Campurkan jus wortel dengan madu dan olive oil.

Aplikasikan pada seluruh wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

13. Kulit lebih glowing.

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C pada wortel juga berfungsi dengan baik untuk mempercantik kulit. Mengkonsumsi wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat.

Aplikasikan secara rutin dan lihat sendiri hasilnya bagaimana kulit terlihat lebih glowing dari hari ke hari.

14. Melembapkan wajah.

foto: freepik.com

Wajah kering tidak hanya memberikan dampak yang buruk untuk kulit, namun juga dapat merusak penampilan. Kamu bisa memanfaatkan wortel untuk masker sebagai bahan alami untuk melembapkan wajah. Caranya dengan meminum jus wortel setiap hari.

15. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari.

foto: freepik.com

Beraktivitas seharian di luar rumah akan membuat wajah menjadi kusam, hal ini dikarenakan paparan sinar matahari. Kulit kusam akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Gunakan wortel sebagai masker untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah.

(brl/pep)