Brilio.net - Kamu pasti tahu dong kalau wortel punya banyak manfaat untuk kesehatanmu. Selain bagus untuk mata, wortel juga sangat bermanfaat sebagai anti kanker, menyehatkan jantung, mencegah stroke, menjaga kesehatan gigi, membersihkan racun dalam tubuh, bahkan betakaroten yang terkandung dalam wortel bisa bikin kamu awet muda.

Tapi tahu nggak, warna wortel yang sebenarnya itu bukan oranye seperti sekarang lho. Wortel zaman dulu warnanya ungu, kuning, bahkan putih. Lalu kenapa sekarang warnanya oranye? Berikut penjelasannya seperti dilansir brilio.net dari todayifoundout.com, Senin (30/3).

Itu karena pada abad 16, ada petani yang berasal dari Belanda yang mengubah warna wortel menjadi seperti warna House of Orange, tempat tinggal keluarga kerajaan Belanda.

Petani ini secara bertahap mengambil strain mutan dari wortel ungu dan mengembangkannya sehingga menjadi manis, gemuk, dan berwarna oranye.

Wortel berwarna oranye sendiri diperkirakan dikembangkan dari hasil persilangan antara wortel kuning dan wortel putih yang dibudidayakan seperti wortel yang berkembang biak seperti pada umumnya. Wortel berwarna putih sendiri tidak memiliki pigmen atosianin ungu, termasuk jenis yang sangat langka dan jarang dibudidayakan.

Loading...

Beberapa orang berpikir bahwa alasan kenapa warna wortel menjadi oranye adalah sebagai bentuk penghargaan warga kepada lambang House of Orange, serta sebagai bentuk perjuangan Belanda dalam meraih kemerdekaannya.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa wortel yang berwarna oranye ini memiliki rasa yang lebih manis dan lebih besar sehingga para petani Belanda memutuskan untuk membudidayakan wortel berwarna oranye ini.