×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini manfaat tersembunyi jahe dan mengkudu yang jarang orang tahu

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

Ini manfaat tersembunyi jahe dan mengkudu yang jarang orang tahu

Penemuan penting ini terkuak berkat penelitian pelajar SMP di Jombang.

31 / 01 / 2017

Brilio.net - Pelajar SMPN 1 Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berhasil membuat pestisida untuk membasmi hama dan serangga yang terbuat dari jahe dan mengkudu. Hal itu didorong oleh sekolah yang terus mengajak anak-anak didiknya untuk membuat temuan baru yang bermanfaat.

"Setelah melakukan beragam percobaan akhirnya kami menemukan bahan jahe dan mengkudu adalah perpaduan yang pas sebagai pengganti pestisida," kata Guru IPA SMPN 1 Diwek Jombang Wulandari, Senin (30/1).

Dia mengatakan penelitian itu dimulai dari mencari literatur di dalam jaringan serta perpustakaan untuk menemukan bahan yang aman. Anak-anak juga mengadakan penelitian langsung terkait dengan kandungan di jahe dan mengkudu serta mengukur tingkat efektivitas untuk membasmi hama.

Beberapa hama tanaman yang bisa dimusnahkan dengan menggunakan pestisida alami berbahan dasar jahe dan mengkudu di antaranya adalah ulat buah, kutu daun, belalang, trips, kutu kebul, nematoda, dan antraknos.

Lanjut dia, cara pembuatannya cukup mudah. Pertama-tama 10 buah mengkudu matang dihancurkan sampai halus, kemudian jahe diparut sampai halus. Kedua bahan tersebut lalu dicampurkan dan ditambah dengan 750 mililiter air, lalu disaring. Air saringan ini dimasukkan ke dalam botol semprotan dan siap digunakan.

Loading...

Dia menambahakn, selama ini anak-anak melakukan penelitian dan uji coba pada tanaman buah di sekitar halaman sekolah yang terkena hama. Setelah dilakukan penyemprotan beberapa kali, ternyata hamanya semakin lama semakin berkurang dan mati. Tanaman pun tumbuh dengan lebih sehat dan aman dikonsumsi.

"Memang tidak seperti pestisida berbahan kimia yang langsung mematikan hama saat itu juga, pestisida alami memerlukan waktu beberapa kali penyemprotan. Namun hasilnya untuk jangka panjang lebih aman dan sehat," terang Wulandari.

Namun, Wulandari mengatakan temuan pestisida alami masih memerlukan tindak lanjut. Sekolah pun belum berencana untuk mematenkan hasil temuan ini.

"Kami masih akan melakukan penelitian ulang lagi agar hasilnya lebih sempurna," terangnya dikutip Antara.

Sementara itu, Villia Tarien Amalina, salah seorang pelajar yang ikut di penelitian ini mengatakan tanaman jahe dan mengkudu cukup mudah didapat.

"Jahe mengandung rasa pedas dan anti jamur, sehingga bisa mematikan hama tanaman, sementara mengkudu dapat menekan pertumbuhan bakteri dan sebagai anti bakteri untuk memproteksi tanaman," katanya.

Selain jahe dan mengkudu, lanjut Villia, pestisida alami yang juga bisa ditambahkan adalah cabai, serai, dan daun jeruk.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more