Brilio.net - Sabtu (28/1) merupakan hari pertama Tahun Baru Ayam Api di Indonesia. Di China sendiri, tahun baru sudah dimulai sejak tanggal 18 Januari lalu. Tahun baru China memang biasanya terjadi akhir Januari hingga Februari awal.

Baju warna merah, makan kue keranjang tentu sudah sering kamu lihat. Bagi kamu yang tak merayakannya, ternyata ada tradisi lain yang juga dilakukan kaum Tionghoa saat perayaan Imlek.

Ini 5 tradisi perayaan Imlek yang perlu kamu tahu dilansir brilio.net dari Bustle, Sabtu (28/1):

1. Bersih-bersih rumah

tradisi imlek 2017 © 2017 brilio.net

Loading...

foto: giphy

Sebelum tahun baru datang, orang yang merayakan Imlek akan melakukan pembersihan secara menyeluruh. Hal ini tak cuma bermaksud membersihkan rumah saja, namun debu-debu dan kotoran yang ada di rumah juga dianggap untuk menyapu roh jahat dan nasib buruk.

2. Tidak mencuci rambut di hari pertama.

 tradisi imlek 2017 © 2017 brilio.net

foto: giphy

Meski semalaman mengadakan pesta tahun baru, kamu tak boleh mencuci rambut keesokan paginya. Karena rambut dalam bahasa China diucapkan sama seperti suku pertama dari 'Facai' yang berarti 'untuk menjadi kaya'. Artinya mencuci rambut bisa saja mungkin kamu juga akan mencuci keberuntungan.

3. Menu khusus makan malam.

 tradisi imlek 2017 © 2017 brilio.net

foto: vtanghub

Saat tahun baru Imlek, banyak keluarga yang berkumpul dan mudik ke rumah orangtua. Setelah melakukan doa bersama dan persembahan bagi para leluhur, para anggota keluarga pun melakukan makan malam bersama. Menu makan malam tahun baru biasanya Ikan utuh atau memiliki istilah 'yu' yang artinya 'menguntungkan'. Dan udang atau 'ha' yang memiliki makna seperti suara tertawa untuk membawa kebahagiaan.

4. Dekorasi serba merah.

 tradisi imlek 2017 © 2017 brilio.net

foto: edudead

Seperti yang banyak orang tahu, Imlek identik dengan warna merah dan angpao. Dalam budaya China, warna merah memiliki simbol kebahagiaan, keberuntungan, dan kemakmuran. Jangan heran lagi kalau keturunan China akan menghias rumah mereka dengan aneka hiasan warna merah.

5. Membunyikan petasan dan pesta kembang api.

 tradisi imlek 2017 © 2017 brilio.net

foto: briclanguage

Di China sendiri, perayaan Imlek bisa lebih dari 15 hari. Membunyikan petasan dan kembang api sangat populer di sana. Namun bedanya, orang China percaya bahwa petasan harus benar-benar dinyalakan saat sudah melewati tengah malam untuk menangkal nasib buruk dan kejahatan di tahun depan.