Brilio.net - Yoga kini menjadi salah satu olahraga yang cukup banyak digandrungi. Jika sebelumnya yoga dikenal sebagai olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, dan melawan stres. Jika dilakukan dengan benar, olahraga satu ini memang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

Cara terbaik melakukan yoga adalah saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Pikiran akan jauh lebih segar dan kamu siap melakukan aktivitas dengan penuh semangat. Apa saja kira-kira manfaat yoga di pagi hari? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (12/9).

1. Memperbaiki kualitas tidur.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Loading...

Pernahkah kamu merasa begitu sulit untuk bangun pagi karena pada malam hari kamu merasa sangat sulit untuk tidur. Mata tidak akan terpejam jika belum tengah malam. Hal ini jelas mengganggu kualitas tidur. Jika kamu mengalami hal ini, maka solusinya adalah melakukan yoga di pagi hari.

Lakukan secara rutin, maka tidur akan lebih sehat dan pola tidur kamu juga akan terbentuk dengan baik. Alasannya adalah saat berlatih yoga, kamu akan fokus pada pernapasan, meditasi.

Ini akan menciptakan efek positif pada sistem endokrin, yang menghasilkan hormon dan bertanggung jawab untuk pemeliharaan tubuh jangka panjang. Beberapa pose yoga bahkan membantu merangsang kelenjar pineal yang mengeluarkan hormon melatonin dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

2. Tingkatkan metabolisme.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Inilah salah satu manfaat kesehatan terbesar dari yoga di pagi hari. Ketika kamu mempraktikkannya sebagai hal pertama yang kamu lakukan setelah bangun tidur, kamu akan dapat membangunkan tubuh dan memupuk metabolisme sepanjang hari.

Kamu dapat melakukan dalam beberapa menit untuk merangsang sistem pencernaan. Ini akan membantu menghilangkan rasa lelah, perut kembung dan siap untuk menjalani hari dengan semangat.

3. Tubuh menjadi lebih awet muda.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Hal sederhana yang kamu lakukan setiap pagi ini bisa memberikan dampak yang baik untuk kesehatan kulit. Kulit menjadi lebih kencang dan membuat kamu terlihat awet muda.

Berlatih yoga secara rutin akan membuat seluruh bagian tubuh menjadi lebih kuat, mulai dari lengan, punggung, hingga kaki. Semuanya akan lebih baik dari tampilan dalam dan luar. Bagi kamu yang memiliki kelebihan berat badan, cara ini akan sangat membantu dalam membakar kalori.

4. Mengurangi kebutuhan kafein.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sebagian dari kamu mungkin tak bisa melek jika belum menikmati secangkir kopi di pagi hari. Faktanya, menggunakan kafein dalam jumlah rendah hingga sedang tidak menyebabkan efek serius pada kesehatan. Namun, jika kamu mengonsumsi terlalu banyak, mungkin kamu akan menghadapi banyak masalah kesehatan seperti insomnia, masalah pencernaan, kerusakan otot, tekanan darah tinggi, detak jantung yang cepat, dan lainnya.

Untuk membatasi efek kafein, cara terbaik adalah menghilangkannya dengan melakukan yoga di pagi hari. Kamu akan merasa lebih segar tanpa harus minum kopi. Aktivitas akan lancar dan pola hidup sehat juga akan terjaga.

5. Membuat tubuh lebih berenergi.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Melakukan yoga di pagi hari akan memberikan oksigen dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini membantu menyeimbangkan nafas dan mendorong darah melalui pembuluh darah, meningkatkan fungsi organ dalam dan membuat tubuh lebih berenergi. Selain itu, jumlah oksigen yang diberikan ke otak akan membantu kamu merasa lebih terinspirasi, bahagia, dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari.

6. Meningkatkan fleksibilitas.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bagi banyak orang, duduk di kursi kantor sepanjang hari merupakan mimpi buruk karena membuat mereka menjadi kurang fleksibel. Berolahraga di pagi hari dengan beberapa pose yoga bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah ini. Menggerakkan dan meregangkan tubuh akan membuat kamu merasa lebih energik dan bersiap untuk hari yang super sibuk.

Melakukan yoga akan mendapatkan fleksibilitas pada senar, punggung, bahu, dan pinggul. Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan rasa sakit dan imobilitas, jadi cobalah berlatih yoga setiap hari untuk mencegah masalah ini.

7. Tingkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saat kamu meregangkan tubuh dan menggerakkan semua organ selama proses yoga, maka akan meningkatkan drainase getah bening (sejenis cairan yang kaya akan sel kekebalan). Ini membantu sistem limfatik untuk menghindari infeksi, menghilangkan sel kanker, dan membuang produk limbah beracun dari fungsi sel.

8. Tingkatkan detak jantung.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Beberapa aliran yoga dapat meningkatkan detak jantung kamu ke dalam rentang aerobik. Ini akan membantu menurunkan risiko serangan jantung dan meredakan depresi.

Dilansir dari emiliam.com, telah ditemukan bahwa berlatih yoga akan menstabilkan detak jantung, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menyerap oksigen secara maksimal selama latihan.

9. Menjaga kesehatan paru-paru.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Melakukan yoga di pagi hari sangat bermanfaat untuk memberi ruang lebih banyak pada paru-paru untuk bernapas. Karena kamu harus meregangkan bagian-bagian tubuh yang digabungkan dengan penarikan dan pernafasan dalam. Cara ini dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Selain itu, yoga juga meningkatkan pernapasan melalui hidung, yang membantu menyaring udara, menghangatkan dan melembabkannya, menghilangkan debu atau serbuk sari atau komponen berbahaya lainnya yang tidak boleh masukkan ke paru-paru.

10. Mengurangi pegal di tubuh.

Manfaat yoga di pagi hari © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu mengalami sakit punggung atau leher yang parah karena tidur dengan postur tubuh yang salah pada malam hari? Yoga dapat membantu meredakan rasa sakit dan pegal. Kamu dapat memulai hari dengan meditasi untuk membuat tubuh merasa lebih baik tanpa harus mengonsumsi obat.