Brilio.net - Pernah melihat bunga telang, bunga cantik berkelopak warna biru keunguan ini? Bunga telang yang memiliki nama latin Clitorea Ternatea merupakan tumbuhan merambat yang dapat ditemukan di daerah tropis, termasuk Asia Tenggara. Namun bagi sebagian orang yang masih asing, mungkin akan menganggap tanaman bunga telang ini tanaman liar.

Biasanya bunga telang ini tumbuh di pinggir sawah. Selain tampilan bunganya yang menawan, tanaman ini juga mudah ditanam. Unuk jenisnya pun juga beragam, yakni warna ungu, putih, dan pink. Rupanya bunga telang telah lama digunakan di beberapa negara, seperti Malaysia dan juga Thailand sebagai salah satu bahan baku kuliner dan tekstil.

Biasanya di Indonesia, masyarakat menggunakan bunga telang ini untuk membuat teh dan pewarna pada makanan. Diketahui tanaman bunga telang ini memiliki kandungan yang sangat beragam.

Bunga ini mengandung saponin, tanin, triterpenoid, plobatanin, flavonoid, fenol, steroid, alkaloid, antosianin, antrakuinon, minyak esensial, dan banyak lagi. Tentunya soal khasiat bagi kesehatan jangan diragukan lagi. Banyak manfaat bunga telang yang bisa kamu coba.

Penasaran apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 10 manfaat bunga telang untuk kesehatan, salah satunya melancarkan menstruasi, Rabu (9/9).

Loading...

1. Melancarkan menstruasi.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Nah, bagi sebagian wanita terkadang mengalami masalah menstruasi yang tidak lancar. Bunga telang ini dapat digunakan untuk memperlancar siklus haid. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus beberapa bunga telang, lalu beri sedikit gula agar tidak pahit. Kemudian diminum saat hangat.

-2. Mengatasi stres dan kecemasan.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Diketahui bunga telang ini ampuh sebagai adaptogenik yang membantu tubuh mengatasi stres. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi. Efeknya akan menenangkan tubuh dan pikiran sehingga cocok digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih.

-3. Mengandung antioksidan.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Antioksidan sangat penting dalam tubuh, untuk membantu melawan radikal bebas di tubuh. Nah, untuk mendapatkan antioksidan kamu dapat mengonsumsi makanan atau minuman, salah satunya bunga telang. Sebab, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences memperlihatkan ekstrak metanol bunga telang ternyata kaya antioksidan.

-4. Menurunkan tekanan darah tinggi.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat bunga telang berikutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Psychopharmacology telah membuktikan bahwa theanine, enzim dalam bunga telang berkhasiat untuk mengurangi dan mengatur tekanan darah tinggi. Khasiat bunga telang juga telah digunakan secara tradisional sebagai diuretik yang telah dikonfirmasi dalam penelitian pada hewan.

-5. Menyembuhkan luka.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Ekstrak dari biji bunga telang diketahui mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles.

Hasilnya, proses penyembuhan luka pada hewan percobaan ini, meningkat secara signifikan. Itulah sebabnya, para peneliti percaya, bahwa manfaat bunga telang, bisa menjadi penyembuh luka yang efektif.

-6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Bunga telang dapat digunakan sebagai solusi untuk sistem pertahanan tubuh dari ancaman kuman penyebab penyakit. Kandungan yang ada dalam tanaman jenis polong-polongan ini, teruji efektif melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh. Saat tubuh mengalami batuk dan pilek, kamu dapat memperkuat imunitas tubuh dengan mengonsumsi teh bunga telang.

-7. Mencegah obesitas.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat bunga telang ketujuh adalah untuk membantu mencegah obesitas. Obesitas terkait dengan pembentukan jaringan lemak. Oleh karena itu potensi suatu bahan aktif sebagai anti obesitas seringkali dipelajari melalui kemampuannya menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak).

Dalam rangkaian kajian terhadap aktivitas ekstrak bunga telang melawan diabetes pada tikus percobaan, peran bunga telang untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol darah dan meningkatkan kadar kolesterol-HDL telah pula dibuktikan.

-8. Antipenuaan.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Seperti kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan penyakit dan juga meningkatkan efek penuaan. Salah satu cara alami untuk mengatasi efek bahaya itu dengan olahan bunga telang. Senyawa antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang memperlambat penuaan, terutama kerutan pada kulit.

-9. Membuang racun di sistem pencernaan.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu manfaat ampuh pada bunga telang juga bisa membantu membuang racun di sistem pencernaan. Kamu dapat mengonsumsi dengan cara menyajikan teh bunga telang. Cukup seduh beberapa bunga telang dengan air panas, diamkan hingga meresap beberapa menit sebelum diminum.

-10. Menyehatkan mata.

manfaat bunga telang freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat yang terakhir yaitu dapat menyembuhkan masalah pada mata. Kamu dapat mengonsumsi bunga telang dalam bentuk teh. Ini karena kandungan antioksidan pada bunga telang yang disebut proanthocyanidin. Senyawa tersebut dapat melancarkan aliran darah ke kapiler mata, membantu pengobatan glaukoma, mata lelah, dan penglihatan kabur.