Brilio.net - Selama hampir lima bulan lamanya, tentu kita mencari aktivitas menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan dilakukan oleh masyarakat adalah mempercantik rumah dengan tanaman.

Kamu bisa menempatkan tanaman di halaman rumah atau menjadi hiasan di kamar, sehingga memberi ketenangan dan kenyamanan. Jenisnya pun beragam, mulai dari tanaman hias, tanaman hidroponik, hingga tanaman herbal. Kamu bisa memilih jenis tanaman yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, kali ini brilio.net akan memberikan rekomendasi tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Yourtango, Selasa (7/7).

1. Tanaman untuk relaksasi.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Pixabay

Loading...

Lavender adalah tanaman yang sempurna untuk kamu bersantai di rumah. Ini adalah obat herbal yang bagus yang dapat digunakan sebagai minyak pijat dan aromaterapi. Lavender adalah ramuan alami yang sempurna untuk membantu kamu menenangkan diri dan menurunkan kecemasan.

2. Tanaman peningkat mood.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Pixabay

Untuk membuat kamu memiliki mood yang baik setiap harinya, kamu perlu memberikan tanaman bunga di kamar. Karena harum bunga dipercaya dapat meningkatkan mood kamu.

3. Tanaman untuk menjaga kelembaban kulit.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Pixabay

Saat musim panas, sering membuat kulit kita menjadi kering. Oleh sebab itu, kamu perlu tanaman yang bisa melembabkan kulit. Kamu bisa menanam tanaman laba-laba karena dapat meningkatkan kelembaban di ruangan hingga 10 persen, yang jauh lebih nyaman bagi kita untuk bernafas dan membantu menjaga kulit kita tetap lembut dan kenyal.

4. Tanaman meningkatkan kualitas belajar.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Pixabay

Tanaman dapat membantu kamu berkonsentrasi lebih mudah dan juga memperkuat daya ingat kamu. Selain itu, tanaman dipercaya dapat membuat kamu lebih pintar. Simpan pohon palem bambu atau emas di ruang belajar kamu.

5. Tanaman membantu masalah pencernaan.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Pixabay

Masalah penceraan masalah yang sering dialami oleh masyarakat. Oleh sebab itu, kamu perlu menanam tanaman herbal seperti mint, basil, peppermint, dan spearmint di dapur sehingga bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah pencernaan.

Semua ramuan ini bisa direndam dalam air panas dan kamu bisa meminumnya untuk tujuan tertentu. Seperti daun mint yang dapat membantu mengurangi kembung, gas, dan masalah lainnya.

6. Tanaman menyaring polusi udara.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Pixabay

Seperti kita tahu, saat ini kita hidup tidak lepas dari polusi udara, kita perlu adanya tanaman yang bisa menetralisasi udara di rumah. Kamu bisa menanam tanaman hias seperti ivy inggris, pohon naga, dan pakis asparagus untuk pembersih udara di setiap ruangan di rumah.

7. Tanaman untuk pengobatan pertolongan pertama alami.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@amelia_lenscape88

Ketika mengalami luka kamu bisa menggunakan tanaman untuk menjadi pertolongan pertama. Salah satu tanaman yang bisa kamu tanam adalah lidah buaya yang bermanfaat untuk mengobati sengatan matahari atau jenis luka bakar ringan lainnya.

8. Tanaman untuk meningkatkan kualitas tidur.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kakhaput

Kita sering kali mengalami sulit tidur, hal itu disebabkan kurangnya oksigen di dalam kamar. Oleh sebab itu, kamu perlu adanya tanaman yang menghasilkan oksigen lebih banyak. Kamu bisa menanam tanaman aster gerbera dan lavender.

9. Tanaman penghilang stres.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@sigitprismono

Terlalu lama di rumah tentu kita mengalami stres, oleh sebab itu kita perlu menanam tanaman yang dapat menghilangkan stres. Kamu bisa coba menanam tanaman daun-hati atau tanaman ular. Tanaman ini sudah teruji dapat menstabilkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres.

10. Tanaman untuk menghilangkan alergi.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gardenia_idn

Kita tahu bahwa tanaman hias tak hanya sebagai tempat untuk mempercantik rumah, tapi juga bisa menjadi filter alami yang dapat menangkap debu penyebab alergi.

Bagi kamu yang memiliki alergi debu, kamu bisa menan pohon cemara atau bunga lili. Pohon jenis palem seperti areca palm, lady palm, dan palm bamboo juga biasa digunakan untuk membantu mengurangi alergen yang mengambang di udara.

11. Tanaman untuk meredakan sakit.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@palmate.garden

Tanaman dipercaya dapat meredakan sakit. Kamu bisa tanam bunga lili atau anggrek agar kamu merasa lebih baik.

12. Tanaman untuk mengatasi kesehatan mental.

Jenis tanaman © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tianafajar

Berkebun dipercaya dapat mengatasi kesehatan mental atau emosional. Orang yang menderita depresi, kondisi kejiwaan, skizofrenia, dan kegelisahan dapat menemukan kelegaan ketika mereka melakukan berkebun.

Berkebun membantu orang meningkatkan rentang perhatian dan mengurangi kecenderungan depresi. Tak hanya itu, terapi berkebun dapat membantu kamu memulihkan pengalaman traumatis atau mereka yang memiliki masalah jangka panjang, seperti demensia.