Brilio.net - Lahan terbuka yang semakin terbatas adalah kenyataan yang harus kamu hadapi. Apalagi bagi kamu yang tinggal di perkotaan, pasti lahan terbuka hijau sangat terbatas. Sempitnya lahan bukan menjadi penghalang untuk kamu yang ingin udara bersih dan nyaman.

Hidup di tengah perkotaan memang sangat rawan mengalami stres karena tuntutan hidup yang dirasa berat. Rumah pun menjadi salah satu tempat tujuan untuk merilekskan kondisi hati dan pikiran. Jangan biarkan rumahmu menjadi tempat yang tidak nyaman atau membuatmu semakin stres.

Meski tak memiliki halaman yang luas, kamu bisa menanam beberapa tanaman berikut untuk memberikan kesan hijau di hunianmu. Tak sekadar memberi kesan hijau, tanaman berikut ini bisa memberikan manfaat lain, di antaranya memberikan kesejukan dan membuat anti stres. Kok bisa?

Tentu bisa, karena tanaman-tanaman berikut ini mampu menyaring udara menjadi lebih segar. Penasaran apa saja?

Berikut 10 tanaman yang cocok dipelihara di rumah dilansir brilio.net dari huffingtonpost, Rabu (8/2).

Loading...

1. Lidah buaya (Aloe Vera).

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki khasiat untuk kesuburan rambut dan membantu penyembuhan luka bakar. Ternyata, lidah buaya juga bisa membantu untuk menyaring udara di rumah. Lidah buaya bisa menyerap polusi udara, jadi udara di rumahmu pun lebih segar.

 

2. English Ivy.

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Tanaman English Ivy menjadi tanaman terbaik yang cocok ditanam di rumah menurut peneliti NASA. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi. Tak perlu perawatan khusus untuk memelihara English Ivy. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor.

3. Karet bangkok (Rubber tree).

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Serupa dengan English Ivy, tanaman karet bangkok ini mampu menyerap polusi udara. Tanaman karet bangkok ini sangat mudah tumbuh dan berkembang. Perawatannya pun tidak sulit. Udara bersih, suasana rumah pun lebih nyaman.

4. Bunga Lily.

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Jika kamu ingin memiliki tanaman yang tak hanya indah dipandang, kamu harus memelihara bunga lily. Bunga ini dipercaya mampu mengurangi racun atau zat kurang baik yang ada di udara. Pemanis ruangan yang cocok untuk mengusir penat kan?

5. Lidah mertua (Snake plants).

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Kalau kamu perhatikan di jalanan, tanaman lidah mertua ini kerap ditanam di pinggir jalan raya. Meski terlihat tak menarik, tanaman ini mampu menyerap polusi udara lho. Jadi jangan heran apabila banyak ditanam di pinggir jalan.

Fungsinya untuk mengurangi polusi udara, khususnya karbondioksida. Sementara itu, pada malam hari ia melepaskan oksigen. Lidah mertua sangat cocok untuk tanaman di rumahmu.

6. Palem bambu.

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Palem bambu juga masuk dalam daftar NASA sebagai tanaman penyaring udara. Namun demikian, palem bambu harus mendapat perawatan yang baik, yaitu perlu disiram secara teratur.

7. Philodendron.

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Tanaman berdaun bentuk hati ini sangat pas untuk tanaman di area indoor. Perawatan yang mudah dan daya tahan tanaman yang cenderung lama ini cocok untuk tanaman dalam ruangan. Jangan lupa letakan di tempat yang terjangkau sinar matahari.

8. Lili paris (Spider plant).

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Lili paris juga menjadi salah satu tanaman yang masuk dalam daftar NASA. Tanaman lili paris ini mampu menjadi tanaman pemurni udara.

9. Red-Edged Dracaena.

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Tanaman Red-Edged Dracaena ini juga bisa menjadi tanaman rekomendasi. Serupa dengan tanaman sebelumnya, tanaman ini juga mampu menyerap polusi udara. Namun yang perlu diperhatikan adalah tanaman ini dapat tumbuh baik bila berada di dekat sinar matahari.

10. Sirih gading (Golden pothos).

Tanaman cocok di rumah © 2017 huffingtonpost

Tanaman sirih gading ini mampu menyaring udara dan menjaga udara rumahmu tetap bersih.