×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Pohon dan tanaman paling mematikan di dunia, ada yang di Indonesia

View Image

0

BRILIO » Duh

5 Pohon dan tanaman paling mematikan di dunia, ada yang di Indonesia

Harus hati-hati ya kamu.

22 / 03 / 2018

Brilio.net - Pohon dan tanaman sangat sering ditemukan dan mereka berkembang beriringan dengan manusia. Pohon dan tanaman ini memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Di antaranya adalah untuk membersihkan udara dengan mengkonversi karbondiosikda menjadi oksigen. Di bidang bisnis, kayu pohon bisa dijadikan untuk properti.

Sementara kalau tanaman, beberapa ada yang dikonsumsi oleh manusia dari daun maupun batangnya. Namun tahukah kamu kalau ternyata ada juga beberapa pohon maupun tanaman yang dapat merugikan manusia? Bahkan mereka juga dapat mengancam nyawa seseorang.

Bukan berarti tumbuhan itu jahat atau sebagainya, namun memang tumbuhan tersebut memiliki fungsi pertahanan diri yang bisa dibilang ekstrem. Contohnya saja ada beberapa tumbuhan yang memiliki getah yang beracun. Ada juga yang memiliki duri yang bisa melukai tubuh seseorang jika terkena duri tersebut. Hal itu semata-mata untuk mereka mempertahankan diri.

Nah, berikut ini 5 pohon dan tanaman yang paling mematikan di dunia, ternyata ada yang dari Indonesia juga, lho. Seperti brilio.net lansir dari laman berbagai sumber, Kamis (22/3).

1. Sandbox Tree.

Loading...

pohon dan tumbuhan mematikan © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Sandbox tree biasanya tumbuh di hutan-hutan daerah Amerika Selatan serta hutan Amazon. Pohon ini bisa berdiri setinggi 27 hingga 37 meter. Buah dari pohon ini sangatlah beracun. Buah yang memiliki bentuk seperti labu kecil ini bisa menyebabkan muntah, diare dan kram jika tertelan. Getahnya pun bisa menyebabkan kebutaan jika terkena mata.

2. Namibian Bottle Tree.

pohon dan tumbuhan mematikan © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Pohon ini memiliki bentuk yang unik sehingga dinamakan pohon botol. Di balik bentuknya yang unik, getah pohon ini ternyata beracun. Getah pohon yang tumbuh di Gurun Namibia ini sering dijadikan sebagai racun yang ditaruh di anak panah. Orang yang kena racun ini akan mengalami kelumpuhan hingga tewas.

3. Gympie Gympie.

pohon dan tumbuhan mematikan © berbagai sumber-foto: wikipedia.org

Pernah lihat daun seperti gambar di atas? Tanaman bernama gympie-gympie ini bisa ditemukan di Maluku. Daun dan batang tanaman ini memiliki duri halus seperti bulu. Jika seseorang hanya menyentuh saja, maka bulu atau duri tersebut akan masuk ke pori-pori tubuh orang tersebut. Jika sudah masuk, duri tersebut akan menyebar dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Kejadian mengerikan pernah terjadi, yaitu ketika seseorang secara tidak sengaja menjadikan daun tanaman ini sebagai 'tisu toilet'. Oleh karena tak dapat menahan rasa sakit yang ditimbulkan oleh tanaman tersebut, akhirnya orang ini menembak dirinya sendiri.

4. Strychnine Tree.

pohon dan tumbuhan mematikan © berbagai sumber-foto: projectnoah.org

Pohon ini tumbuh di wilayah India dan juga Asia Tenggara. Pohon yang memiliki buah kecil berwarna oranye ini ternyata memiliki racun yang mematikan. Terutama di bagian bijinya, jika tertelan akan menyebabkan kelumpuhan, kram otot dan lidah mati rasa.

5. Suicide Tree.

pohon dan tumbuhan mematikan © berbagai sumber-foto: evergreen.edu

Pohon ini disebut demikian karena dari batang, daun hingga buahnya memang beracun. Bila dikonsumsi daun, getah, buah dan bijinya bisa menyebabkan gangguan jantung dan berujung kematian. Padahal, pohon ini memiliki bunga yang indah. Serta buah yang berwarna hijau dan bentuknya seperti mangga kecil.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    27%

  • Ngakak!

    7%

  • Wow!

    47%

  • Sedih

    13%

  • Marah

    0%

  • Love

    7%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more