Brilio.net - Di dunia ini Tuhan menciptakan makhluk yang beraneka ragam bentuk dan sifatnya. Salah satunya adalah tumbuhan. Namun, ternyata ada tumbuhan yang tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Itulah sebabnya kenapa tumbuhan tersebut menjadi langka. Tidak hanya unik, tetapi bentuk tumbuhan ini pun juga menakjubkan. Penasaran apa saja tumbuhan langka tersebut? berikut yang dirangkum brilio.net, Minggu (27/9) dari berbagai sumber:

1.  Welwitschia mirabilis

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Ini dia tumbuhan yang paling tangguh di dunia. Meskipun hanya memiliki dua daun dan bentuknya juga sangat sederhana, ternyata tumbuhan  ini bisa bertahan lima tahun tanpa hujan dan bisa hidup selama 400 tahun bahkan 1,5 abad.

Tanaman ini telah hidup dari zaman purba dan sekarang tumbuh di daerah kecil sepanjang wilayah pantai Samudera Atlantik di Namibia dan Angola Selatan. Uniknya, meskipun hidup di gurun, tanaman ini justru memiliki daun yang lebar. Dan dua daun inilah yang akan terus memanjang dari pertama kali tumbuh hingga sepanjang hidupnya.

Loading...

2. Tanaman karnivora venus flytrap (Dionaea muscipula)

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini mampu memakan serangga atau hewan yang mendekat pada kelopak bunganya karena bulu-bulu halus yang terdapat pada daun tanaman ini sangat sensitif terhadap sentuhan. Begitu ada yang menyentuh bulunya, daun yang termodifikasi menjadi penjebak serupa jepit dengan beberapa rambut sensor gerak di dalamnya, akan bekerja dalam waktu kurang dari sedetik dan menjepit dengan erat mangsa yang terperangkap tersebut dan mulai dicerna dengan enzim yang dikeluarkannya. Tanaman ini merupakan tumbuhan endemik di daerah Carolina Utara dan Selatan.

3. Rafflesia Arnoldii

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Bunga yang hanya bisa ditemukan di Indonesia ini adalah bunga terbesar di dunia yang bisa mencapai bobot 12 kg. Tumbuhan bunga parasit ini tidak memiliki batang, daun, maupun akar yang sebenarnya. Sehingga untuk melakukan fotosintesis ia mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Diameter bunga yang tumbuh endemik di Sumatera ini bisa mencapai lebih dari 100 cm.

4. Bunga bangkai

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Tak jarang orang yang berpikir bahwa bunga bangkai dan raflesia adalah spesies yang sama. Padahal, meskipun sama-sama berbau tak sedap keduanya memiliki perbedaan. Berbeda dengan rafflesia, bunga bangkai titan arum ini berwarna krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang. Sedangkan mahkotanya berwarna merah keunguan.

Sekilas bentuknya saat mekar terlihat seperti bunga terompet. Bila rafflesia hanya melebar, bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi. Ketinggian bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium ini bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 m.

5. Tanaman menari (desmodium gyran)

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Tanaman yang unik ini juga dikenal sebagai tanaman semaphore karena gerakan daunnya yang seperti menari-nari jika terkena banyak sinar matahari. Desmodium gyrans adalah jenis tanaman semak tropis Asia yang mampu bergerak cepat.

Tanaman ini bisa ditemui di beberapa negara seperti Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Bahkan juga dapat ditemukan di Kepulauan Society, sebuah kepulauan terpencil di Pasifik Selatan.

6. Pohon dinamit

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Hura brasiliensis ini ternyata adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon, Amerika Selatan. Saking uniknya, pohon ini punya banyak julukan. Ada yang bilang "pohon neraka", ada yang bilang "pohon kotak pasir" (sandbox tree), ada juga yang bilang "pohon dinamit". Seluruh permukaan batang pohonya ditumbuhi duri-duri tajam dan beracun.

Tingginya bisa mencapai 30 meter. Getahnya pun beracun, biasa digunakan untuk meracuni mata panah penduduk setempat. Meskipun demikian, batang pohon ini sering digunakan untuk membuat furnitur. Jika buah pohon ini matang, dia akan meledak. Tidak tanggung-tanggung, ledakannya bisa sampai 100 meter dan melukai orang atau binatang yang lewat di dekatnya.

7. Bunga jericho

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Bunga ini juga sering disebut bunga kebangkitan merupakan spesies dari tanaman gurun pasir yang tumbuh di Timur Tengah dan Amerika Tengah. Tanaman ini dikenal karena kemampuannya bertahan hidup di saat kekeringan atau meski diawetkan dengan pengeringan sekalipun. Selama cuaca kering di habitat aslinya, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi sebuah bola kecil. Begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya dan terurai kembali saat diekspos ke tempat lembab. Tanaman ini banyak ditemui dihabitat asalnya, di gurun Chihuahua.

8. Tanaman bola baseball (Euphorbia obesa)

Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!

Tanaman ini merupakan tanaman endemik dari daerah gurun Karoo Afrika. Karena bentuknya yang mirip bola banyak orang yang mengambilnya sebagai koleksi. Akibatnya kini keberadaannya hampir punah. Sehingga pemerintah Afrika Selatan menetapkan bunga ini sebagai spesies yang dilindungi.

Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat mencapai 15 cm untuk yang tua. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang tua.

Baca juga : 10 Pohon unik & langka yang membuatmu kagum