×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan, menangkal kanker

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

7 Manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan, menangkal kanker

Biji bunga matahari juga kaya akan vitamin E.

(brl/pep)

03 / 04 / 2019 06:56

Brilio.net - Semua orang pasti suka dengan bunga matahari, bunga yang lebar dan berwarna kuning ini merupakan tanaman hias yang kini banyak digemari. Memiliki nama latin Helianthus Annuus bunga ini memiliki lebih dari 50 spesies bunga matahari. Sebagian jenis dapat menghasilkan biji dan sisanya hanya bisa diambil minyaknya atau menjadi tanaman hias.

Jenis bunga matahari yang dapat menghasilkan biji rata-rata memiliki diameter bunga sekitar 30 cm. Dalam satu batang bunga matahari dapat berisi lebih dari 2.000 butir biji. Biji bunga matahari berwarna hitam namun memiliki isi berwarna putih yang dapat dimakan setelah diolah.

Lebih dikenal dengan keindahan bunganya, masih banyak yang tidak tahu bahwa biji bunga matahari memiliki manfaat yang tidak sedikit. Dalam 30 gram biji bunga matahari siap makan terdapat sekitar 163 kalori, 5,5 gram protein, 3 gram serat dan lain sebagainya. Biji bunga matahari juga kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari biji bunga matahari ini, apa saja? Berikut ulasannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (2/4).

1. Menurunkan tekanan darah.

Loading...

biji bunga matahari istimewa

foto: pixabay.com

Tekanan darah tinggi adalah faktor utama penyebab penyakit jantung dan stroke. Biji bunga matahari memiliki senyawa magnesium. Kalsium dan kalium. Ketiga senyawa ini berfungsi untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

2. Menurunkan kadar gula darah.

biji bunga matahari istimewa

foto: pixabay.com

Biji bunga matahari mengandung magnesium yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin berperan penting dalam mengelolah gula dalam darah menjadi energi. Orang-orang yang sedang diet dan mengkonsumsi biji bunga matahari juga dapat menurunkan kadar diabetes.

3. Menurunkan kolesterol.

biji bunga matahari istimewa

foto: pixabay.com

Kacang-kacangan merupakan sumber lemak tak jenuh yang kaya, begitu juga pada biji bunga matahari. Asam lemak tak jenuh ganda yang ada pada jibi bunga matahari dapat mengurangi kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau yang biasa dikenal dengan kolesterol jahat.

4. Meningkatkan kesehatan tulang.

biji bunga matahari istimewa

foto: shieldhealthcare.com

Seperti bagian tubuh lainnya, tulang juga membutuhkan asupan-asupan khusus untuk mempertahankan kekuatannya. Biji bunga matahari memiliki magnesium yang juga dibutuhkan tulang. Magnesium memiliki fungsi untuk mengatur kalsium yang masuk. Selain meningkatkan kesehatan tulang, biji bunga matahari juga dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.

5. Mencerahkan kulit.

biji bunga matahari istimewa

foto: pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biji bunga matahari kaya akan vitamin E. Vitamin E berfungsi untuk mengurangi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet (UV). Vitamin E juga dapat menjaga kesehatan kulit agar terlihat awet muda dan mencerahkan kulit.

6. Menangkal kanker.

biji bunga matahari istimewa

foto: pixabay.com

Biji bunga matahari mengandung mineral bernama selenium. Mineral ini dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang sangat sedikit. Meskipun jumlah yang dibutuhkan sedikit, mineral ini memiliki manfaat penting dalam tubuh. Bila selenium bertemu dengan vitamin E maka dapat menghasilkan antioksidan yang berperan penting untuk menghalau radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel dan memicu kanker.

7. Merilekskan tubuh.

biji bunga matahari istimewa

foto: pixabay.com

Biji bunga matahari kaya akan asam amino triptofan dan prekursor dopamin yang dapat membantu merilekskan tubuh dan membantu menghasilkan tidur yang nyenyak. Magnesium juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin otak yang dapat menentukan suasana hati. Magnesium juga dapat mengurangi hormon stres kortisol yang tidak baik untuk suasana hati.

(mgg/fairuz puspita)







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more