Brilio.net - Siapa yang nggak kenal jajanan ringan kuaci atau bahasa kerennya biji bunga matahari? Anak-anak sampai orang dewasa pasti sudah sangat familiar dengan jajanan yang biasanya disajikan dengan rasa gurih yang dibungkus dalam kemasan-kemasan tertentu yang juga dijual dengan harga relatif murah.

Kuaci yang selama ini dikenal dengan jajanan renyah yang butuh waktu lama untuk mengupasnya dan hanya sebentar saja menikmatinya ternyata memiliki manfaat kesehatan yang besar lho. Berikut adalah lima manfaat kuaci yang bikin kamu lebih sabar mengupasnya dilansir dari care2.com Selasa (9/6).

1. Memerangi kanker

Kuaci atau biji bunga matahari dapat membantu mengontrol kerusakan sel dalam tubuh yang mana hal tersebut berperan penting dalam proses pencegahan kanker. Hal tersebut dapat terjadi karena biji bunga matahari merupakan sumber terbaik dari selenium yang terbukti merupakan musuh dari kanker.

2. Menguatkan tulang

Loading...

Biji bunga matahari juga mengandung mineral yang mampu menguatkan tulang. Seperti yang kita tahu bahwa tulang kita membutuhkan magnesium dan copper untuk terus kuat dan biji bunga matahari memiliki dua jenis mineral tersebut. Dan sebagai bonusnya kuaci juga mengandung vitamin E yang membantu meredakan rematik.

3. Menenangkan tubuh

Selain dua hal tadi, magnesium dalam biji bunga matahari dipercaya dapat menenangkan syaraf, meredakan stres, bahkan meredakan migrain dan juga dapat membantu seseorang untuk lebih rileks dan tenang.

4. Mencerahkan kulit

Untuk para wanita nih, biji bunga matahari juga dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat tersebut tentu saja berkat adanya kandungan vitamin E yang mampu menangkal sinar ultraviolet dan menjaga kulit tampak selalu awet muda.

5. Meredakan inflamasi

Biji bunga matahari ternyata juga diyakini mampu mengatasi nyeri sendi, maag, kerusakan kulit, asma, dan lainnya. Manfaat tersebut diperoleh berkat kandungan antioksidan yang ada pada biji bunga matahari.