Brilio.net - Ilmu pengetahuan memang selalu update dan selalu ada hal yang baru yang bisa dipecahkan. Tapi ternyata ilmu pengetahuan masih belum se-powerful itu. Masih ada beberapa fenomena yang bahkan ilmu pengetahuan saja belum bisa menjelaskannya. Sampai sekarang fenomena terse dan masih sebagai sebuah misteri alam dan manusia.

Kali ini dilansir dari Brightside, Jumat (1/6) apa saja sih fenomena yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah? Yuk simak di bawah ini! Kamu pernah mengalami yang mana?

1. Déjà vu

mati suri dan kawannya © 2016 brilio.net



Déjà vu yang secara ilmiah berarti "pernah melihat" ini adalah perasaan ketika kita yakin pernah mengalami atau menyaksikan suatu kejadian sebelumnya, kamu merasa peristiwa itu sudah pernah terjadi dan berulang lagi. Hal ini diikuti dengan perasaan familiar yang kuat, takut dan merasa aneh. Kadang “kejadian sebelumnya” itu dikaitkan dengan mimpi, tapi kadang juga timbul perasaan yang mantap kalau kejadian tersebut benar-benar terjadi di masa lalu.

Peneliti-peneliti awal mencoba membangun hubungan antara déjà vu dan gangguan mental, seperti kecemasan, gangguan kepribadian terpecah, dan skizofrenia. Akan tetapi mereka gagal menemukan korelasi penilaian diagnosis. Tidak terlihat hubungan istimewa antara déjà vu dan skizofrenia. Dan sampai saat ini beragam pendekatan ilmiah masih kesusahan dalam mencari penyebabnya.

2. The Hum

mati suri dan kawannya © 2016 brilio.net



The Hum sendiri adalah sebuah fenomena yang melibatkan suara dengungan berfrekuensi rendah dan tidak semua orang dapat mendengarnya.

Pada tahun 1990-an, fenomena Hum pertama kali dilaporkan di Amerika Utara, keluhan dari masyarakat terhadap suara yang tidak diketahui seumbernya tersebut menarik perhatian media. Dan ternyata pada 1970-an dan 1980-an, fenomena yang mirip juga dilaporkan oleh penduduk, terutama di Britania Raya dan negara lain seperti Selandia Baru dan Australia. Sampai saat ini banyak spekulasi muncul darimana datangnya suara-suara tersebut, seperti apakah itu hanya buatan manusia, gelombang mikro, sistem komunikasi dan bahkan alien serta masih banyak lagi, namun para peneliti masih belum bisa memecahkannya.

Kamu bisa cek di video ini deh buat lebih jelasnya tentang The Hum

 



3. Mati suri (Near Death Experiece - NDE)

mati suri dan kawannya © 2016 brilio.net



Kamu pasti pernah mendengar istilah mati suri dong? Istilah itu ternyata nggak hanya dialami oleh orang Indonesia saja. Di belahan dunia lain juga kenal dengan fenomena tersebut, yakni Near Death Experience (NDE). Sampai sekarang para ilmuwan pun masih belum bisa membuka tabir misteri bagaimana terjadinya mati suri. Faktor-faktor apa saja yang membuat seseorang bisa mengalami mati suri? Serta bagaimana dengan penjelasan ilmiahnya.

Menurut pengalaman orang-orang yang mengalami mati suri, pasien merasakan atau mengalami hal-hal aneh dan mengerikan seperti berjalan di lorong yang sangat gelap dengan se-titik cahaya di ujungnya atau melihat dirinya sendiri melayang keluar dari tubuhnya. Ilmuwan terakhir menyatakan bahwa NDE sendiri adalah hal yang paradoks aneh yang bisa dialami oleh manusia. Ketika mati suri manusia mampu melihat otak mereka. Namun hal ini masih belum bisa diterima oleh logika kita.

4. Hantu, hiii

mati suri dan kawannya © 2016 brilio.net



Ketakutan pada hantu bukanlah hal yang aneh. Di Indonesia maupun negara yang lain, ketakutan pada hantu dan hal supranatural lainnya sudah terbiasa terdengat di telinga kita.

Hingga kini para ilmuwan masih tidak percaya atas keberadaan hantu. Walaupun misalkan hantu itu ada, tapi tetap susah untuk dapat dibuktikan secara nyata. Menurut orang-orang yang percaya, hantu berada di alam lain, tidak kasat mata, namun kadang bisa dirasakan bahkan bisa terlihat pad saat-saat tertentu.

Wah, kalau sobat Brilio gimana? Pernah mengalami nggak?

5. Intuisi

mati suri dan kawannya © 2016 brilio.net



Yang kadang disebut sebagai indera keenam (Sixth sense). Ilmu pengetahuan juga masih belum bisa menyimpulkan tentang hal ini. Beberapa ilmuwan sebenarnya menyiumpulkan bahwa setiap manusia sebenarnya memiliki intuisi sejak dari lahir, namun manusia hanya mengembangkan penggunaan lima indera utama saja sehingga lupa untuk memakai indera keenam.

Seperti yang kita tahu, setiap orang dalam sistem bawah sadar menyimpan satu set tertentu dari gambar, gambar dan sinyal sensorik, yang digunakan sebagai dasar untuk analisis komparatif dari kedua informasi baru dan yang sudah ada di otak. Dengan kata lain, masing-masing dari kita memiliki seperangkat beberapa gambar dan contoh dari pengalaman masa lalu yang membantu kita untuk memprediksi situasi baru yang muncul dalam perjalanan hidup kita. Bjorklund ilmuwan asal Swedia menyimpulkan hal itu mungkin adalah bau, gerak tubuh, seperangkat pengalaman yang memberi kita petunjuk khusus, yang kita sebut intuisi.