Brilio.net - Buah naga atau juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Buah ini memiliki kulit berduri dengan daging buah yang berair dan bervariasi warna, seperti merah, putih, atau kuning. Selain rasanya yang enak dan segar, buah naga juga kaya akan nutrisi dan khasiat kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil.

Bagi ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayi yang sedang dikandung. Adapun beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil yakni anemia. Anemia pada ibu hamil adalah kondisi medis saat kadar hemoglobin atau jumlah sel darah merah dalam tubuh ibu hamil menurun di bawah normal. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Anemia dapat terjadi pada ibu hamil karena volume darah yang meningkat selama kehamilan, sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi untuk menghasilkan sel darah merah tambahan. Selain itu, bayi yang sedang berkembang dalam rahim juga membutuhkan zat besi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Penanganan anemia pada ibu hamil biasanya melibatkan pemberian suplemen zat besi dan asam folat. Zat besi dan asam folat dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh dan memastikan bahwa bayi yang sedang dikandung mendapatkan nutrisi yang cukup. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah anemia yakni buah naga.

Menurut studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, zat besi membantu meningkatkan kemampuan darah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dengan menaikkan kadar hemoglobin. Penelitian lainnya yang dikutip dari Belitung Nursing Journal, manfaat buah naga untuk ibu hamil yaitu dapat memberikan hasil signifikan pada kadar hemoglobin dan eritrosit. Dengan demikian, buah ini dapat membantu ibu hamil terhindar dari risiko anemia.

Meski begitu, buah naga tak hanya bermanfaat untuk mencegah anemia saja lho! Masih ada banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil. Berikut 11 manfaat buah naga untuk ibu hamil yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (3/3).