Brilio.net - Buah naga kerap diolah menjadi segelas jus segar untuk melepas dahaga. Buah yang kaya akan kandungan air ini menjadi sumber cairan yang sehat untuk tubuh. Tak hanya ketika diolah menjadi jus, buah naga juga nikmat ketika dikonsumsi langsung ataupun dijadikan sebagai salad. Cara ini bisa kamu manfaatkan sebagai referensi camilan sehat setiap harinya.

Buah naga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel dari kerusakan oleh radikal bebas, molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini. Di samping itu, buah naga juga punya kandungan serat tinggi, yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

Nggak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat dari mengonsumsi buah naga pun juga memberikan pengaruh pada kecantikanmu. Nah ketahui lebih lanjut mengenai manfaat buah naga serta cara penggunaannya. Simak penjelasan selengkapnya dalam brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/7) berikut ini.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ketika tubuh memiliki pertahanan yang kuat, maka akan menjadi tameng dari serangan penyakit. Kamu bisa meningkatkan imunitasmu dengan buah naga yang mengandung Vitamin C dan karotenoid. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari serangan penyakit.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Menjaga kesehatan usus.

Usus merupakan rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri baik. Apabila terjadi ketidakseimbangan bakteri baik di usus, hal itu akan mempengaruhi kesehatan. Mengingat buah naga mengandung prebiotik, ia berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

3. Membantu proses detoksifikasi.

Buah naga dikenal sebagai antioksidan tinggi. Kandungan ini dikenal bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun dengan lancar.

4. Mencegah diabetes.

Buah naga merupakan sumber makanan dengan rasa manis yang dapat menambah energimu. Menariknya, sifat antioksidan di dalam buah naga juga berfungsi untuk mencegah diabetes melitus, penyakit yang disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.

5. Mencegah penyakit jantung.

Buah naga juga menyimpan kandungan lycopene yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Kandungan tersebut juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

6. Meringankan gejala batuk.

Yang nggak kalah menarik, biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi. Cocok untuk membantu penderita asma atau batuk tidak berhenti-berhenti.

7. Memperkuat tulang dan gigi.

Buah naga mengandung mineral, yaitu magnesium, kalsium, dan fosfor. Tiga kandungan ini dapat memperkuat tulang dan gigi. Buah naga juga baik dikonsumsi para ibu hamil. Untuk mencegah pengeroposan tulang.

8. Membantu mengatasi penyakit kronis.

Antioksidan pada buah naga bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Buah naga mampu membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan radang sendi.

9. Kaya akan serat.

Manusia setidaknya membutuhkan 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Dengan 7 gram per porsi satu cangkir buah naga, bisa jadi sumber makanan lengkap yang sempurna.

Selain untuk memperlancar pencernaan, serat juga dapat berperan dalam melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

2 dari 3 halaman



10. Tinggi nutrisi.

Nutrisi yang terkandung di dalam buah naga nggak perlu diragukan lagi. Apalagi, buah naga rendah kalori namun kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betacyanin.

11. Meningkatkan zat besi.

Zat besi menjadi asupan yang penting untuk tubuh. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan penting dalam memecah makanan menjadi energi. Untuk memerangi kadar zat besi rendah, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya zat besi. Sumber zat besi dapat didapatkan dari daging, ikan, kacang-kacangan, sereal, dan juga buah naga.

12. Sumber magnesium.

Salah satu kandungan yang nggak kalah menarik dari buah naga adalah adanya magnesium yang berjumlah banyak. Buah naga adalah sumber magnesium, nutrisi yang dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh. Rata-rata, tubuhmu membutuhkan 24 g magnesium, atau kira-kira satu ons.

13. Membantu mengurangi berat badan.

Buah naga juga dikenal sebagai bahan diet yang sehat. Nggak sedikit juga yang menjadikannya sebagai menu sarapan dengan mencampurkan beberapa buah lain. Sebab dengan mengonsumsi buah naga, membuat perutmu merasa kenyang lebih cepat. Selain itu buah naga juga kaya akan serat, yang membantu memperlancar buang air besar. Lemak yang ada di dalam tubuh akan dicerna dengan baik.

14. Menjadi sumber camilan yang sehat.

Dengan banyak mineral dan vitamin yang terkandung dalam buah naga, kamu bisa memanfaatkannya sebagai camilan sehat. Mengonsumsi buah naga secara teratur, akan membuat perutmu terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar dan tetap menjaga kesegaran tubuh.

15. Mencegah kanker prostat.

Buah naga mengandung lycopene, yang dapat membantu mencegah risiko terkena kanker prostat. Buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin, membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

16. Meningkatkan nafsu makan.

Kandungan vitamin B1 dan B2 yang tersimpan di dalam buah naga akan membantu meningkatkan nafsu makan. Kamu bisa menjadikan buah naga sebagai sumber makanan yang sehat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

17. Menjadi sumber makanan sehat untuk ibu hamil.

Mengonsumsi buah naga akan memberikan manfaat untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandung. Kandungan asam folat yang ada pada buah naga sangat baik untuk janin. Nggak hanya untuk tumbuh kembangnya saja, tapi juga mencegah risiko keguguran dan bayi lahir prematur.

3 dari 3 halaman



Manfaat buah naga untuk kecantikan.

18. Mencerahkan kulit.

Nggak hanya mencegah berbagai penyakit, buah naga juga mampu membantu mencerahkan kulit wajah. Caranya, haluskan buah naga, kemudian oleskan pada wajah secara rutin. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa mengonsumsi buah naga juga secara rutin, diimbangi dengan pola makan yang sehat. Dengan begitu permasalahan kusam pada wajah akan teratasi dengan perawatan rutin.

19. Menenangkan kulit.

Vitamin B3 dalam buah naga berfungsi menenangkan kulit, mengatasi peradangan, kemerahan, dan gatal yang disebabkan oleh sinar ultraviolet yang keras. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memunculkan warna merah pada kulit dan memberikan sensasi rasa perih. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rajinlah mengoleskan maupun mengonsumsi buah naga, akan membantu kulitmu supaya selalu terlindungi dari sinar matahari yang berbahaya.

20. Meningkatkan kelembapan kulit.

Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan. Bila kamu pemilik jenis kulit berminyak, kamu bisa mencampurkan pasta daging buah dengan jeruk nipis. Selain itu bisa dicampurkan dengan madu secukupnya.

21. Membuat kulit bersinar.

Nggak hanya melembapkan, buah naga juga mampu membuat kulit bersinar. Meminum segelas jus naga adalah cara yang baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya bersinar.

22. Mengurangi jerawat.

Perawatan alami dalam mengatasi jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan buah naga. Kamu dapat mengambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuhlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, kamu juga bisa menerapkannya hanya dengan menempelkan kulit buah naga di bagian wajah berjerawat. Lalu, biarkan selama 10 menit dan bersihkan.

23. Mencegah penuaan dini.

Untuk menjaga kulit agar tetap tampak sehat dan segar, gunakan buah naga sebagai perawatan alamimu. Buah naga mengandung vitamin E yang cukup tinggi, antioksidan dan betakaroten. Kandungan ini akan membantu kulit untuk menangkal radikal bebas, dan memperlambat proses penuaan sel. Radikal bebas inilah yang menimbulkan tanda penuaan, berupa keriput, kerutan, dan garis halus pada wajah.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsi buah naga merah secara rutin. Serta membalurkan pada wajah dalam bentuk masker buah.

24. Menghaluskan kulit.

Memiliki kulit bertekstur halus menjadi idaman banyak orang. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat di dalam buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut. Kamu bisa menggunakannya dengan cara menjadikan buah naga sebagai masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh.

25. Mengatasi kerusakan rambut.

Olah buah naga menjadi jus, lalu mengoleskannya pada kulit kepalamu sebelum keramas. Buah naga berperan membantu melindungi kesehatan folikel rambut. Vitamin dan mineral dalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambutmu lebih sehat.