Brilio.net - Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, mencuci wajah harus jadi rutinitas yang wajib kamu lakukan. Pasalnya jika tidak mencuci wajah, maka kotoran, debu, hingga sisa makeup dapat tertumpuk di kulit dan bisa menimbulkan jerawat. Tak hanya itu saja, rajin mencuci wajah juga akan membuat wajah lebih segar.

Membersihkan wajah pada umumnya terlihat sederhana. Kamu hanya perlu membasahi muka terlebih dahulu, menuangkan sabun pembersih ke telapak tangan, menggosoknya ke permukaan wajah, lalu dibilas dengan air sampai bersih. Simpel dan sangat sederhana.

Meski terkesan sederhana dan sangat mudah, kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua cara membersihkan wajah yang benar itu sama bagi semua orang. Cara membersihkan wajah yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit.

Berikut ini cara membersihkan wajah yang benar agar tidak merusak kulit, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/11).

1. Bersihkan makeup.

Loading...

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: thebrexitplan.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan makeup yang menempel di wajah. Pasalnya tidak semua pembersih wajah dapat membersihkan makeup secara menyeluruh di wajah kamu. Setelah itu barulah kamu bisa mencuci wajah.

2. Cuci tangan.

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: wellandgood.com

Terdengar sangat sepele memang, namun ini penting kamu lakukan sebelum mencuci wajah. Meski akan terkena sabun saat mencuci muka, namun kotoran yang menempel di tangan akan tercampur dengan sabun yang akhirnya membuat kulit wajah tidak sehat.

3. Ikat rambut.

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: birchbox.com

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka. Rambut yang basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel pada rambut. Ikat rambut, dengan begitu kamu juga akan lebih nyaman untuk mencuci wajah.

4. Gunakan air hangat.

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: curriedayspa.com

Menggunakan air hangat sangat baik untuk wajah, karena pori-pori akan terbuka. Jika pori-pori masih tertutup, maka sabun tidak akan bisa membersihkan secara menyeluruh. Namun pastikan juga agar tak menggunakan air terlalu panas, karena akan merusak kulit wajah.

5. Bilas bersih.

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: drtomshealthywater.com

Setelah membersihkan wajah dan melakukan sedikit pemijatan, kemudian kamu harus membilasnya dengan bersih menggunakan air dingin. Agar pori-pori tertutup kembali.

6. Keringkan dengan handuk atau tisu.

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: jamesanthonyskincare.com

Pilihlah bahan yang benar-benar lembut dan bersih ketika hendak mengeringkan wajah. Tidak baik jika kamu menggunakan handuk yang sudah sering kamu gunakan untuk mengeringkan wajah, karena kuman yang menempel di handuk akan memberikan dampak buruk untuk kulit wajah kamu.

7. Beri perawatan pada wajah.

Cara membersihkan wajah yang benar Istimewa

foto: ejournalz.com

Setelah selesai membersihkan wajah, maka langkah selanjutnya adalah memberikan perawatan pada wajah, tidak hanya menggunakan produk perawatan pada malam hari. Kamu juga harus membersihkan area tempat tidurmu. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih.

--

Manfaat membersihkan wajah

Wajah merupakan bagian tubuh yang paling mudah terkena berbagai jenis kotoran dan polusi. Hal ini membuat wajah rentan berjerawat, kusam dan tidak segar.

Setelah kamu mengetahui cara membersihkan wajah dengan benar, maka kamu juga harus mengetahui manfaat dari mencuci wajah. Berikut beberapa manfaat membersihkan wajah yang perlu kamu tahu

1. Membersihkan kotoran.

Aktivitas sepanjang hari membuat banyak partikel yang melayang di udara menempel ke wajah dan memberikan kesan kusam sekaligus berminyak. Tujuan utama mencuci muka yakni membuat wajah menjadi lebih bersih dan segar.

2. Menyegarkan wajah.

Ketika kamu mencuci muka, maka kamu akan merasakan wajah kembali segar dan terlihat sehat. Namun mencuci wajah tidak disarankan setiap waktu, hanya dua kali dalam sehari, yakni pada pagi hari dan sebelum tidur.

3. Melepas kulit mati.

Ketika pori-pori tersumbat dengan berbagai kotoran menempel, maka pori-pori akan sangat sulit bernapas. Jika tidak dibersihkan maka akan menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, komedo dan lainnya.

4. Memaksimalkan regenerasi kulit.

Mencuci muka di malam hari juga dapat memaksimalkan regenerasi kulit saat kita tidur sehingga wajah terasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

5. Menghilangkan kusam.

Salah satu faktor terbesar wajah adalah kusam karena terpapar berbagai debu dan kotoran. Oleh karena itu dengan mencuci muka sebelum tidur dapat menghilangkan berbagai kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah. Hasilnya wajah akan terlihat lebih cerah dan kusam pun hilang.

6. Mengurangi jerawat.

Jerawat menjadi yang sangat dekat dengan wajah, jika kamu memiliki kulit wajah berjerawat, maka mencuci muka menjadi salah satu cara untuk menguranginya. Cuci muka di pagi hari dan sebelum tidur sangat efektif mengurangi jerawat.

7. Membantu melembabkan kulit wajah.

Mencuci muka di malam hari dapat membantu kulit mengendalikan kerusakan kulit. Selain itu, kebiasaan ini juga membantu memaksimalkan efek dari produk perawatan yang yang pakai salah satunya pelembap. Menggunakan pelembap di malam hari setelah membersihkannya membuat kulit terhindar dari kekeringan.