Brilio.net - Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Berbagai fungsi dilakukan organ ini, seperti menyaring darah, membuang limbah dan racun dari tubuh serta membantu mengeluarkannya sebagai urin. Tak hanya itu saja, ginjal juga bertanggung jawab menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh.

Terletak di bagian dalam tubuh, banyak orang tidak menyadari ginjalnya bermasalah. Padahal, beragam tanda akan muncul dari mereka yang mengalami penyakit ginjal.

Menurut penelitian, lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan penyakit ginjal. National Kidney Foundation pun mengakui, dari sekian banyak orang dengan penyakit ginjal, hanya 10 persen yang menyadarinya.

Mengingat ginjal sangat penting, maka penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebelumnya kamu harus tahu apa saja fungsi ginjal bagi tubuh. Apa saja?

Berikut 8 fungsi ginjal dan cara menjaganya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/11).


1. Menyaring dan membersihkan darah.

foto: steemit.com



Ginjal memiliki peran penting dalam membuang racun. Racun tersebut jika tidak dikeluarkan akan sangat berbahaya bagi tubuh. Nefron merupakan salah satu bagian organ ginjal yang menjalankan fungsi ini. Ginjal menyaring kurang lebih 200 liter darah dan 2 liter zat sisa serta air dalam setiap harinya.


2. Penghasil hormon.

foto: innerbody.com



Ginjal juga berfungsi menghasilkan hormon. Hormon yang dihasilkan yaitu hormon eritroprotein (singkatannya EPO) yang memiliki fungsi sebagai perangsang dalam meningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.


3. Menjaga keseimbangan air.

foto: pixabay.com



Ginjal memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Jika ginjal tidak bisa bekerja dengan baik, maka sudah bisa dipastikan tubuh akan mengalami kekeringan dan terjadi dehidrasi berlebih karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh akan tenggelam karena kebanjiran cairan di dalam tubuh yang menumpuk dan tidak terbuang.


4. Mengendalikan kadar gula darah.

foto: diabetesalert.net



Fungsi ginjal sangat erat kaitannya dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Lalu, apa fungsi kedua hormon tersebut? Jika insulin bekerja untuk menyetabilkan kadar gula yang tinggi, maka adrenalinlah yang bertugas untuk meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.


5. Menjaga kesehatan tulang.

foto: htstherapy.com



Ginjal juga memiliki kaitan kuat dengan tulang. Fungsi ginjal lainnya adalah turut memproduksi calcitriol, zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.


6. Membentuk urin.

foto: hopkinsmedicine.org



Hal ini sudah banyak diketahui oleh orang. Ginjal merupakan organ yang erat hubungannya dengan dengan fungsi pembentukan urin. Urin yang pada umumnya terjadi dari air, urea, dan amonia, berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.


7. Memproduksi sel darah merah.

foto: healthengine.com.au



Sel darah merah yang diproduksi di sumsum tulang ternyata diatur oleh organ ginjal. Ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin yang berguna untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang.


8. Mengatur produksi vitamin D.

foto: well.org



Ginjal juga mengatur produksi vitamin D. Umumnya, manusia mendapatkan vitamin D dari sinar matahari atau vitamin. Akan tetapi, vitamin D tersebut masih dalam bentuk tidak aktif.

Ginjal berfungsi mengubah bentuk tidak aktif vitamin D tersebut menjadi sebuah zat bernama kalsitriol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D. Jadi, fungsi ginjal juga sebagai penghasil vitamin D aktif atau kalsitriol. Kalsitriol sendiri sangat penting dalam penyerapan kalsium untuk tulang.

2 dari 3 halaman



Tanda penyakit ginjal

Begitu pentingnya peran ginjal dalam tubuh, maka sudah semestinya jika kedua ginjal dijaga kesehatannya, agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Meski kita sering mendengar bahwa orang bisa hidup dengan satu ginjal, namun tetap saja dalam jangka panjang akan lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Karena itu, memiliki dua ginjal yang sehat tentu lebih baik.

Kamu harus mengenal beberapa tanda-tanda penyakit ginjal, agar kamu bisa lebih waspada dan cepat menanganinya. Berikut tanda-tandanya.

1. Mudah lelah.
Penderita penyakit ginjal pada umumnya mengalami anemia ringan sampai berat. Hal ini karena gangguan pada fungsi ginjal dalam memantau jumlah sel darah merah. Akibatnya, kamu akan mengalami kelelahan. Gejala lainnya yang akan muncul yaitu sering kedinginan, pusing, dan sering kehabisan napas.

2. Perubahan urin.
Gejala lainnya yang perlu kamu ketahui adalah perubahan pada urin itu sendiri. Ketika mengalami penyakit ginjal, urin yang kamu keluarkan akan bercampur darah, berwarna berbeda dengan biasanya, dan konsistensi berbusa atau berbuih. Segera periksakan ke dokter jika mengalami hal ini.

3. Buang air kecil tidak normal.
Seperti yang diketahui, ginjal erat kaitannya dengan urin. Oleh karenanya sering atau tidaknya kamu ke toilet menjadi salah satu hal yang bisa dilihat. Hal ini karena keduanya bisa menjadi tanda kamu mengalami penyakit ginjal.

Sebagian orang yang mengalami penyakit ginjal sering merasakan dorongan palsu untuk buang air kecil, ada pula yang mengatakan mereka buang air kecil dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

4. Mual dan muntah.
Fungsi ginjal membuang limbah dari dalam tubuh melalui pengeluaran air seni. Ketika seseorang mengalami masalah pada ginjal, limbah pun akan menetap di dalam tubuh. Akibatnya, kamu akan mengalami mual atau muntah.

Mual dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan. Jika ini terjadi dalam jangka waktu lama, kamu akan mengalami penurunan berat badan yang tidak normal. Jika kamu mengalami ini, segera periksakan diri ke dokter.

5. Ruam atau gatal yang tidak biasa.
Fungsi ginjal adalah membuang limbah dan menjaga sistem peredaran darah yang dilengkapi dengan keseimbangan nutrisi dan mineral. Jika ginjal mengalami masalah, keseimbangan nutrisi dan mineral pun akan terganggu. Hal ini berpengaruh terhadap masalah pada kulit. Akibatnya, kulit pun menjadi gatal dan muncul ruam.
3 dari 3 halaman



Cara menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal menjadi salah satu yang penting kamu lakukan. Kamu harus memenuhi cairan dalam tubuh. Hal ini menjadi yang sering disepelekan banyak orang. Padahal, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Ini karena air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang tertampung di dalam ginjal.

Selain itu, menjaga pola makan juga menjadi yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, sebagian besar masalah ginjal ternyata berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Maka itu, pastikan tekanan darah dan kadar gula tetap normal setiap hari.

Kamu perlu memperbanyak makan sayur, buah, dan biji-bijian. Selain itu, batasi juga asupan garam dan gula supaya terhindar dari diabetes dan hipertensi. Hal lain yang paling penting adalah berolahraga secara rutin.





(brl/gib)