Brilio.net - Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Berbagai fungsi dilakukan organ ini, seperti menyaring darah, membuang limbah dan racun dari tubuh serta membantu mengeluarkannya sebagai urin. Tak hanya itu saja, ginjal juga bertanggung jawab menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh.

Terletak di bagian dalam tubuh, banyak orang tidak menyadari ginjalnya bermasalah. Padahal, beragam tanda akan muncul dari mereka yang mengalami penyakit ginjal.

Menurut penelitian, lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan penyakit ginjal. National Kidney Foundation pun mengakui, dari sekian banyak orang dengan penyakit ginjal, hanya 10 persen yang menyadarinya.

Mengingat ginjal sangat penting, maka penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebelumnya kamu harus tahu apa saja fungsi ginjal bagi tubuh. Apa saja?

Loading...

Berikut 8 fungsi ginjal dan cara menjaganya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/11).

1. Menyaring dan membersihkan darah.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: steemit.com

Ginjal memiliki peran penting dalam membuang racun. Racun tersebut jika tidak dikeluarkan akan sangat berbahaya bagi tubuh. Nefron merupakan salah satu bagian organ ginjal yang menjalankan fungsi ini. Ginjal menyaring kurang lebih 200 liter darah dan 2 liter zat sisa serta air dalam setiap harinya.

2. Penghasil hormon.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: innerbody.com

Ginjal juga berfungsi menghasilkan hormon. Hormon yang dihasilkan yaitu hormon eritroprotein (singkatannya EPO) yang memiliki fungsi sebagai perangsang dalam meningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

3. Menjaga keseimbangan air.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: pixabay.com

Ginjal memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Jika ginjal tidak bisa bekerja dengan baik, maka sudah bisa dipastikan tubuh akan mengalami kekeringan dan terjadi dehidrasi berlebih karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh akan tenggelam karena kebanjiran cairan di dalam tubuh yang menumpuk dan tidak terbuang.

4. Mengendalikan kadar gula darah.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: diabetesalert.net

Fungsi ginjal sangat erat kaitannya dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Lalu, apa fungsi kedua hormon tersebut? Jika insulin bekerja untuk menyetabilkan kadar gula yang tinggi, maka adrenalinlah yang bertugas untuk meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.

5. Menjaga kesehatan tulang.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: htstherapy.com

Ginjal juga memiliki kaitan kuat dengan tulang. Fungsi ginjal lainnya adalah turut memproduksi calcitriol, zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.

6. Membentuk urin.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: hopkinsmedicine.org

Hal ini sudah banyak diketahui oleh orang. Ginjal merupakan organ yang erat hubungannya dengan dengan fungsi pembentukan urin. Urin yang pada umumnya terjadi dari air, urea, dan amonia, berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

7. Memproduksi sel darah merah.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: healthengine.com.au

Sel darah merah yang diproduksi di sumsum tulang ternyata diatur oleh organ ginjal. Ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin yang berguna untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang.

8. Mengatur produksi vitamin D.

Fungsi ginjal yang penting bagi tubuh  Istimewa

foto: well.org

Ginjal juga mengatur produksi vitamin D. Umumnya, manusia mendapatkan vitamin D dari sinar matahari atau vitamin. Akan tetapi, vitamin D tersebut masih dalam bentuk tidak aktif.

Ginjal berfungsi mengubah bentuk tidak aktif vitamin D tersebut menjadi sebuah zat bernama kalsitriol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D. Jadi, fungsi ginjal juga sebagai penghasil vitamin D aktif atau kalsitriol. Kalsitriol sendiri sangat penting dalam penyerapan kalsium untuk tulang.