Brilio.net - Pada kehamilan trimester pertama, ibu hamil biasanya mengalami mual muntah atau morning sickness. Morning sickness adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi mual dan muntah yang umum terjadi selama trimester pertama kehamilan. Istilah ini disebut morning sickness karena gejalanya sering terjadi pada pagi hari, tetapi sebenarnya dapat terjadi kapan saja sepanjang hari.

Kondisi ini umum terjadi pada ibu hamil dan diyakini terkait dengan perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan, terutama peningkatan kadar hormon hCG dan estrogen. Morning sickness biasanya dimulai pada minggu ke-6 hingga minggu ke-12 kehamilan, tetapi dapat berlangsung hingga trimester kedua.

Gejala morning sickness dapat bervariasi pada setiap ibu hamil, namun biasanya mencakup mual, muntah, pusing, dan peningkatan saliva atau air liur. Kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hidup ibu hamil dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan masalah nutrisi dan dehidrasi.

Salah satu cara mengurangi mual muntah pada ibu hamil bisa dilakukan dengan lemon. Lemon dapat menjadi pilihan yang baik sebagai bahan makanan atau minuman yang sehat dan segar untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Lemon mengandung vitamin C, serat, dan senyawa aktif lainnya yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi ibu hamil dan janin.

Beberapa studi menunjukkan, lemon dapat membantu mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil. Lemon mengandung vitamin C dan senyawa aromatik yang dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan meredakan mual. Penelitian yang dipublikasikan dalam Iranian Red Crescent Medical Journal menemukan fakta bahwa menghirup aroma lemon dapat mengurangi mual dan muntah saat hamil.

Tidak hanya menghirup aroma lemon, ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat buah yang baik untuk kehamilan ini dengan mengonsumsinya. Selain bisa mengurangi mual dan muntah, buah lemon juga memiliki manfaat lain untuk ibu hamil.

Berikut 11 manfaat lemon untuk ibu hamil, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/3).