Brilio.net - Memandang langit biru sembari membaringkan diri di hamparan padang rumput terdengar sederhana namun sangat berkesan bagi siapapun yang melakukannya. Ditemani dengan kicauan burung dan gemericik air kian menenangkan hati. Namun, hadirnya floaters mata bak mimpi buruk di siang bolong. Mengapa begitu?

Memandang langit biru tak lagi indah sebab floaters muncul dalam bentuk titik atau benang hitam yang mengganggu penglihatan. Tidak jarang orang yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman saat melihat sesuatu.

Pengetahuan tentang floaters mata belum banyak diketahui oleh orang awam. Namun sebenarnya pembahasan ini sangat penting untuk digali, mulai dari apa itu floaters mata, penyebabnya, hingga cara mencegahnya dengan mengkonsumsi vitamin mata alami madu mata eyebost.

Apa itu floaters mata?

floaters mata  Istimewa

foto: Istimewa

Mata yang sehat adalah idaman semua orang. Istilah sehat sendiri dapat diartikan sebagai mata dengan penglihatan jernih, tajam, fokus, dan bebas gangguan. Munculnya gangguan mata seperti floaters akan sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Floaters mata adalah gangguan penglihatan berupa titik, benang, maupun sarang laba-laba pada bidang penglihatan. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan myodesopsia. Floaters akan sangat nampak ketika melihat kertas kosong, langit biru, atau tembok berwarna putih. Umumnya, kondisi ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Tidak hanya itu, kamu mungkin juga akan menyadari adanya kilatan cahaya pada saat yang sama atau yang disebut juga dengan photopsia. Kendati demikian, kamu harus waspada saat floaters berkembang dengan pesat dan disertai dengan kilatan cahaya. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata guna mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Penyebab floaters mata.

Munculnya floaters akan sangat mengganggu penglihatan kita meskipun bentuknya hanya berupa titik yang sangat kecil sekalipun. Di bawah ini merupakan beberapa penyebab floaters mata yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (11/6).

1. Usia.

Pada dasarnya, floaters merupakan hal yang umum terjadi terutama pada orang yang sudah berumur. Seiring bertambahnya usia seseorang, cairan menyerupai gel (vitreous) yang berada di dalam mata mencair dan berkontraksi. Fenomena ini menyebabkan munculnya gumpalan serat di dalam vitreous membentuk bayangan pada retina. Hal inilah yang kemudian memunculkan bayangan yang disebut dengan floaters mata.

2. Cedera mata.

Cedera mata seperti halnya benturan atau pukulan dapat menimbulkan kerusakan di dalam mata (intraokuler). Kondisi ini memang tidak ditandai dengan luka terbuka, akan tetapi resikonya cukup serius, salah satunya adalah floaters mata. Selain floaters, kamu mungkin akan mengalami penglihatan ganda atau mata kabur.

3. Uveitis.

Uveitis merupakan peradangan pada bagian uvea mata (iris, koroid, badan siliar). Penyebab uveitis pun beragam, mulai dari infeksi virus, gangguan autoimun, efek operasi mata, cedera akibat benturan, kanker sistem limfatik. Pada kasus ini, floaters mata disebabkan oleh masuknya sel-sel yang meradang ke dalam bagian vitreous.

4. Perdarahan di dalam mata.

Berbeda dengan cairan pada vitreous, darah tidak dapat menembus cahaya. Oleh sebab itu, perdarahan yang terjadi di dalam mata justru akan menghalangi masuknya cahaya ke dalam mata sehingga muncul floaters mata. Perlu kamu ketahui, perdarahan di dalam mata disebabkan oleh beberapa hal seperti bersin dan batuk terlalu kuat, operasi mata, benturan atau pukulan, infeksi, defisiensi vitamin C dan K.

5. Robekan retina.

Retinal tear atau robekan retina terjadi ketika selaput vitreous mengempis dan menarik retina mata. Hal ini menimbulkan robekan pada retina yang menyebabkan floaters muncul pada penglihatan. Kalau tidak segera diatasi, dikhawatirkan kondisi ini akan berkembang menjadi ablasio retina yang merupakan fenomena terlepasnya retina dari lapisan dasarnya.

6. Operasi mata atau pengobatan tertentu.

Gelembung udara yang terbentuk akibat suntikan obat ke dalam mata dapat muncul sebagai floaters pada penglihatan. Sama halnya dengan gelembung minyak silikon yang dimasukkan ke dalam vitreous dan retina dapat terbentuk sebagai floaters.

Rutin konsumsi vitamin mata terbaik Eyebost sebagai salah satu cara mencegah floaters mata.

floaters mata  Istimewa

foto: Istimewa

Hadirnya floaters merupakan hal yang normal bagi sebagian orang terutama pada kalangan usia lanjut. Tapi, kamu bisa melakukan beberapa hal pencegahan agar mata sehat bebas gangguan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin mata terbaik madu mata Eyebost.

Vitamin mata alami Eyebost berbeda dengan vitamin mata yang lain. Berbahan dasar madu hutan asli, Eyebost diformulasikan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan flavour blueberry.

Dalam sebotol Eyebost, terdapat kandungan vitamin A, C, E, dan antioksidan yang luar biasa, mulai dari lutein, antosianin, flavonoid, dan phenol. Selain memastikan penglihatan lebih jernih, tajam, dan fokus, floaters dapat dicegah dengan mengkonsumsi rutin vitamin mata terbaik Eyebost setiap hari.

Pesan di website resminya dan rasakan manfaat vitamin mata terbaik madu mata Eyebost!