Brilio.net - Absensi secara online terbukti sangat membantu bagi perusahaan dalam memantau tingkat kehadiran karyawan. Sedangkan bagi pekerja, dengan absensi ini bisa memberikan ketenangan dalam bekerja karena dapat mengisi secara lebih mudah dan memastikan apakah sudah terekam atau belum. Perusahaan perlu memilih sistem absensi online terbaik, agar data kehadiran karyawan dikelola dengan akurat.

Pemilihan metode absensi online penting bagi perusahaan. Metode yang tepat akan membantu tim HR mengelola karyawan dan memiliki informasi tepat terkait kehadiran yang tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika mengevaluasi kinerja. Karena itu perusahaan perlu mempertimbangkan baik-baik sistem absensi online yang mampu mendukung kebutuhan semua elemen perusahaan.

Cara membuat absensi kantor di WhatsApp.

Whatsapp atau WA merupakan salah satu metode absensi online yang paling banyak penggunanya dan mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga mendukung berbagai pekerjaan sehingga lebih simpel dan fleksibel.

Kamu bisa membuat absensi kantor di WA yang mudah diakses oleh semua karyawan. Cara membuat absensi kantor di WA juga tidak terlalu rumit dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Berikut cara membuatnya yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (9/6).

1. Menggunakan broadcast.

Untuk membuat absensi kantor di WA yang pertama dengan broadcast. Langkah yang harus dilakukan cukup simpel dan absensi tersebut mudah diakses siapa saja.

- Klik pada bagian titik tiga yang ada di sebelah kanan atas.
- Selanjutnya klik ”new broadcast” dan pilih kontak yang akan menerima pesan broadcast tersebut
- Ceklis semua nama yang akan dituju.
- Setelah muncul grup baru untuk mengirim pesan.
- Ketik pesan untuk absensi dan bagikan seperti pesan biasanya.

2. Cara buat absensi online di WhatsApp group.

Berikutnya, kamu bisa membuat grup WA dengan fungsi untuk mengabsen karyawan. Langkahnya juga mudah dan cepat. Jika jumlah karyawan tidak terlalu banyak, cara ini bisa digunakan. Namun apabila jumlah karyawan banyak, cukup merepotkan.

- Klik pojok kanan atas garis tiga.
- Pilih ”new group” kemudian pilih kontak mana saja yang akan anda masukan ke grup tersebut.
- Klik tanda panah yang ada arah ke kanan paling bawah.
- Buat identitas grup dengan nama dan lengkapi dengan foto.
- Selesai dan grup absensi bisa digunakan.
- Selanjutnya bisa meminta karyawan untuk absensi di grup tersebut.

Rekomendasi aplikasi absensi online terbaik.

Banyaknya developer yang menyediakan aplikasi untuk absensi memudahkan perusahaan menentukan mana yang paling sesuai dan mempunyai fitur bermanfaat. Dengan berinvestasi membeli atau berlangganan aplikasi ini bisa meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

Sebelum memilih aplikasi untuk perusahaan, pebisnis harus melihat kebutuhan fitur dan kemudahan akses. Hal ini penting mengingat semua karyawan akan menggunakannya setiap hari ketika akan mulai bekerja maupun sebelum pulang. Berikut beberapa fitur yang harus diperhatikan ketika memilih aplikasi absensi online.

1. Fleksibilitas.

Sebelum memilih aplikasi untuk absensi, jangan lupa mengecek apakah cukup fleksibel untuk digunakan. Salah satu pertimbangannya adalah aplikasi tersebut harus support untuk berbagai jenis sistem operasi di perangkat sehingga karyawan bisa mengaksesnya tanpa hambatan.

Perhatikan juga ukuran aplikasi, jangan memilih yang terlalu berat atau besar. Jenis dan kapasitas memori dari perangkat karyawan berbeda-beda. Ini juga perlu mendapat perhatian. Dengan demikian tidak ada yang alasan tidak bisa menggunakan karena perangkat yang digunakan overload.

2. Akurasi.

Berikutnya yang perlu dicek adalah tingkat akurasinya. Jangan sampai data yang dimasukkan tidak terekam atau ada kendala pada bagian rekap dan menyebabkan tidak valid. Hal ini bisa merugikan karyawan. Tim HR pun harus menambah waktu untuk mengecek dan merekap secara manual sehingga mengurangi kesempatan untuk berkontribusi secara maksimal.

3. User friendly atau mudah digunakan.

Aplikasi yang canggih kadang justru membuat repot, terutama jika tidak user friendly. Kondisi dan kemampuan karyawan dalam mengakses aplikasi berbeda-beda. Ini perlu mendapat perhatian. Jangan sampai ada yang terlambat mengirim atau mengisi absensi karena bingung dengan cara menggunakannya.

4. Tersedia fitur self service untuk karyawan.

Fungsi aplikasi untuk mengisi absensi online bisa lebih maksimal apabila mempunyai fitur self service yang bisa terdiri dari pengajuan cuti, reimburse dan penghitungan gaji serta bisa mencetak slip gaji. Fitur tambahan ini penting bagi karyawan maupun perusahaan karena secara langsung beberapa pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan satu aplikasi saja. Sebelum membeli atau berlangganan, bisa menanyakan kelengkapan ini sehingga mendapatkan produk terbaik yang dapat meningkatkan efisiensi karyawan maupun perusahaan.

Salah satu aplikasi absensi terbaik saat ini adalah Mekari Talenta yang sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Selain fitur-fiturnya lengkap, user friendly dan olah datanya akurat, aplikasi ini juga memudahkan karyawan mengelola data-datanya sendiri dengan tersedianya sistem employee self-service. Selain Mekari Talenta, tersedia juga beberapa rekomendasi aplikasi absensi online lainnya yang dikembangkan untuk membantu HR dan perusahaan.

Bagi tim HR, aplikasi absensi online dapat mendukung pekerjaan karena menyederhanakan banyak tugas administrasi dan operasional sehari-hari. Alhasil, HR bisa memiliki lebih banyak waktu untuk fokus kepada analisis, strategi, dan pengembangan karyawan.