Cara aman mengonsumsi buah naga untuk ibu hamil.

Manfaat buah naga ibu hamil © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Cuci buah naga dengan air bersih sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada pada kulit buah.

2. Potong buah naga dengan pisau bersih dan tajam untuk menghindari kontaminasi bakteri dari alat potong yang tidak bersih.

3. Konsumsi buah naga dalam jumlah yang moderat. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi terlalu banyak buah naga karena kandungan gulanya yang tinggi.

4. Pilih buah naga yang segar dan matang. Buah naga yang sudah terlalu matang dapat menyebabkan diare atau gangguan pencernaan.

5. Jangan konsumsi buah naga yang telah dikupas dan dipotong dalam waktu yang lama, karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berbahaya.

6. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah naga atau melakukan perubahan dalam pola makan selama kehamilan.

Saat mengonsumsi buah naga, ibu hamil juga sebaiknya memperhatikan gejala-gejala yang mungkin timbul seperti kembung, diare, atau gangguan pencernaan lainnya. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.