Brilio.net - Pusar adalah bagian tubuh yang jarang diperhatikan oleh banyak orang. Namun bagi para ilmuwan, pusar rupanya memiliki fakta-fakta menarik. Mulai dari bentuk sampai posisi pusar yang bisa menunjukkan banyak hal.

WAJIB BACA: 1.400 bakteri ternyata sembunyi di pusar kamu, rajin bersihkan ya!

Berikut 7 fakta tentang pusar, seperti dilansir brilio.net dari Wittyfeed dan Huffington Post, Jumat (16/9).

1. Rumah bagi kuman dan bakteri.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Loading...

Menurut para peneliti di North Carolina State University, pusar merupakan rumah bagi 67 jenis bakteri. Sementara penelitian yang diterbitkan dalam Toronto Star menunjukkan bahwa dalam pusar terdapat setidaknya 1.400 jenis bakteri yang berbeda-beda.

2. Bentuk pusar.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Kebanyakan orang di dunia memiliki pusar yang menjorok ke dalam. Namun ada pula yang memiliki pusar bodong. Meski menurut penelitian yang dilaporkan di LiveScience pada tahun 2009 menjelaskan bahwa kebanyakan orang tak menyukai pusar yang bodong.

Pasalnya menurut peneliti di University of Helsinki, Aki Sinkkonen menunjukkan bahwa kebanyakan orang menyukai pusar berbentuk T, atau oval, dan vertikal. Nah, bentuk pusar T dianggap yang paling seksi.

3. Bentuk pusar berubah ketika hamil.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Saat hamil perut akan mengalami perubahan bentuk sehingga berpengaruh pada bentuk pusar. Pembesaran pada bagian abdomen menyebabkan bagian dalam pusar terdorong keluar dan membuat pusar terlihat bodong. Namun menurut Dr Karen Marie Jaffee dari University Hospital of Cleveland, bentuk pusar akan kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.

4. Pusar wanita mempengaruhi kesuburan.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Aki Sinkonen menjelaskan pusar wanita bisa menunjukkan kesehatan reproduksi mereka. Pusar yang berbentuk simetri menunjukkan bahwa wanita tersebut subur. Wanita yang memiliki pusar di tengah tubuh dianggap akan melahirkan bayi yang sehat.

5. Letak pusar menentukan kecepatan.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Penelitian yang dilakukan oleh Andre Bejan dari Duke University menunjukkan bahwa letak pusar yang lebih tinggi menunjukkan bahwa mereka lebih cepat berlari. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang di Afrika Barat lebih cepat berlari daripada orang Eropa karena letak pusar mereka 1,8 inci lebih tinggi.

6. Butuh dibersihkan.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Tak seperti telinga yang akan membersihkan diri, pusar butuh sedikit bantuan untuk tetap bersih. Gunakan penyeka kapas dan sedikit alkohol untuk menghilangkan kotoran tersembunyi di dalam pusar. Penggunaan alkohol sangat sedikit saja karena dapat membuat daerah di sekitar pusar menjadi kering jika terlalu kebanyakan.

7. Zona sensitif seksual.

fakta tentang pusar © 2016 brilio.net

Perut bagian bawah adalah daerah yang sangat sensitif bagi pria dan wanita, dan pusar merupakan bagian utama dari daerah itu. Menurut Intim Medicine, stimulasi pusar dapat menghasilkan sensasi 'kesemutan' pada klitoris wanita dan pada penis bagi pria.