Brilio.net - Kesegaran jeruk nipis selalu berhasil menambah kenikmatan pada berbagai makanan. Jenis jeruk ini pun juga kerap dijadikan andalan untuk memberikan cita rasa yang khas. Rasa asam yang timbul dari jeruk nipis akan menambah sensasi gurih sekaligus segar pada makanan. Tapi nggak cuma itu saja lho, sebab kandungan jeruk nipis juga akan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Ya, selain sebagai penambah rasa pada makanan, jeruk nipis bisa kamu olah dengan berbagai cara untuk mendapatkan manfaatnya. Mulai dari meminum sari jeruk nipis, mencampurkan dengan beberapa bahan tambahan, sampai dengan menggunakannya sebagai perawatan wajah.

Kandungan vitamin C, asam sitrat, asam amino, kalsium, hingga fosfor yang tersimpan di dalam jeruk nipis mampu memberikan manfaat pada kesehatan maupun dari segi kecantikan. Nah, tentu dengan kelebihan tersebut akan sayang kalau kamu lewatkan begitu saja.

Yuk, coba simak apa saja manfaat dari jeruk nipis! Berikut ulasan selengkapnya yang dihimpun brilio.net dari healthline.com, dovemed.com, dan beberapa sumber lain, Rabu (21/7), berikut ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Menambah imun tubuh.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Imun tubuh yang kuat, akan menghindarkanmu dari serangan penyakit. Nah, tambahkan jeruk nipis dalam menu harianmu untuk menambah kekebalan tubuh. Sebab, jeruk nipis kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadikan jeruk nipis sebagai minuman hangat ketika tubuh menunjukkan gejala sakit, seperti flu atau demam.

2. Mengatasi permasalahan gigi.

Manfaat jeruk nipis yang kedua adalah mengatasi sakit gigi. Selain mengandung vitamin C, ditemukan pula kandungan antibakteri di dalam jeruk nipis. Manfaatnya, dapat membantu membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

3. Menurunkan berat badan.

Kamu sedang berusaha menurunkan berat badan? Cobalah memanfaatkan jeruk nipis sebagai perawatan alami. Asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak. Kamu bisa meminum segelas air jeruk nipis di pagi hari, atau mengisap irisan jeruk nipis sebelum makan.

4. Membantu mengatasi penyakit diabetes tipe 2.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Dilansir dari dovemed.com, jeruk nipis dapat membantu atasi penyakit diabetes tipe 2. Alasannya adalah serat dalam jeruk nipis mampu membantu penyerapan gula ke aliran darah, serta mengurangi terjadinya lonjakan kadar gula darah.

5. Mengatasi amandel.

Jeruk nipis juga dapat berperan untuk membantu mengatasi amandel. Untuk memanfaatkannya nggak sulit. Potong 3 buah jeruk nipis, kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan tersisa 3/4. Saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur. Lakukan 3-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

6. Mengatasi batuk kering.

Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia juga bisa meredakan batuk kering. Manfaat ini didapatkan dari kandungan yang tersimpan dalam buah kaya air ini.

Dilansir brilio.net dari healthline.com, disebutkan dengan mengonsumsi air jeruk dapat meredakan batuk kering sekaligus menjaga tenggorokan agar selalu terhidrasi.

7. Melancarkan sistem pencernaan.

Terdapat kandungan flavonoid di dalam jeruk nipis. Kandungan tersebut dapat merangsang enzim-enzim pencernaan agar keluar. Sifat asam yang dimiliki jeruk nipis dapat membantu mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan enzim-enzim tersebut mampu merangsang pergerakan usus. Dan untuk mendapatkan manfaat ini mudah, kamu hanya perlu secara rutin minum perasaan air jeruk nipis setiap harinya, supaya buang air besarmu lancar setiap hari.

8. Menurunkan kolesterol.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Kandungan flavonoid juga bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Di samping itu, jeruk nipis juga kaya akan kandungan pektin, yang dapat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk manfaat ini, cukup belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya, lalu tuangkan 1 gelas air hangat. Minum saat pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh segera berkurang.

9. Menjaga kesehatan jantung.

Masih ada manfaat lain dari kandungan vitamin C, salah satunya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Jeruk nipis juga mengandung kalium, yang menurut American Heart Association dapat membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah yang menuju jantung. Sama seperti cara menjaga kadar kolesterol, seduhlah air jeruk nipis ini setiap pagi maupun malam hari.

10. Menurunkan risiko kanker.

Kandungan d-limonene yang ditemukan dalam buah jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah pencegahan kanker. Jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang disebut naringenin, yang memiliki sifat-sifat pencegah kanker yang kuat.

Buatlah jeruk nipis menjadi jus dan konsumsi setiap harinya. Pasalnya jus jeruk mengandung beta-cryptoxanthin dan hesperidin dalam jumlah tinggi, senyawa tanaman yang ditemukan untuk mencegah tumor ganas terbentuk pada hewan pengerat.

11. Mengatasi gangguan batu ginjal.

Asam sitrat tinggi pada jeruk nipis dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Penderita batu ginjal disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam sitrat. Sebab itu lah jeruk nipis mampu jadi obat alami untuk batu ginjal. Jadikan jeruk nipis menjadi jus yang menyegarkan.

12. Mencegah anemia.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Anemia merupakan kelainan darah yang sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Jeruk nipis tidak mengandung banyak zat besi, tetapi karena kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang dapat diserap baik tubuhmu. Jadikan jeruk nipis sebagai minuman hangat setiap pagi hari setelah kamu bangun tidur.

13. Meringankan gejala asma.

Serangan asma yang dipicu karena infeksi pernapasan, mampu dikurangi dengan rutin mengonsumsi satu gram vitamin C setiap harinya. Buatlah dan minum olahan minuman jeruk nipis jadi jus atau hangat. Sehingga cara ini bisa kamu manfaatkan sebagai perawatan kesehatan dengan cara alami.

14. Mengatasi bau badan.

Jeruk nipis kaya akan banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah vitamin C, flavonoid, asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Ternyata jeruk nipis ini juga bisa menghilangkan bau badan. Aplikasikan jeruk nipis sebagai ganti deodoran harianmu setelah mandi.

15. Menurunkan gula darah.

Vitamin C dapat pada jeruk nipis membantu menurunkan kadar gula darah di pagi hari dan setelah makan. Vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk mengontrol kadar gula seseorang. Kamu bisa mengonsumsi buah jeruk nipis setiap pagi hari setelah makan, diolah menjadi minuman hangat atau bisa juga jadi jus jeruk.

16. Membantu penyerapan zat besi.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Dalam Medical News Today dijelaskan bahwa vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, terutama dari sumber nabati. Dengan penyerapan zat besi dalam tubuh secara maksimal, maka seseorang tidak akan mengalami anemia, serta kesehatan sel tubuh, kuku, rambut, dan kulit menjadi lebih terjaga.

17. Mencegah stroke.

Seperti yang dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi jeruk nipis mampu menurunkan risiko terjadinya stroke isemik pada wanita. Stroke isemik adalah jenis stroke yang terjadi karena kehilangan suplai darah ke otak yang terjadi secara tiba-tiba.

Studi pun menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi jeruk nipis dengan jumlah banyak memiliki potensi terkena stroke iskemik lebih rendah sebesar 19% daripada orang yang mengonsumsi jeruk nipis dengan lebih sedikit.

18. Mengurangi peradangan.

Untuk mendapatkan efek sehat, kamu juga bisa menambahkan jeruk nipis dan madu untuk menjaga kesehatan. Menurut sebuah penelitian Oktober 2019, yang diterbitkan di PLOS One, madu tidak hanya membantu mengurangi peradangan tetapi juga menawarkan efek antibakteri karena kadar hidrogen peroksidanya.

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.

19. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Pori-pori yang besar terkadang mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Hal ini kerap dikeluhkan terutama saat diaplikasikan makeup pada permukaan wajah. Di samping itu, pori-pori besar ini dikarenakan terbukanya pori-pori yang dapat menimbulkan kotoran serta minyak berlebih yang memicu timbulnya jerawat hingga mengakibatkan penuaan dini.

Salah satu cara untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Manfaatkan air jeruk nipis sebagai masker wajah, gunakan secara teratur, dua hari sekali.

20. Memudarkan bekas luka.

Kamu memiliki bekas luka mengering yang mengganggu? Coba atasi dengan menggunakan jeruk nipis. Usap kulit dengan jeruk nipis matang yang sudah dibelah secara teratur.

Langkah ini akan merangsang sel kulit untuk memperbarui diri, sehingga bekas luka pun memudar secara perlahan. Namun ingat, jangan gunakan air jeruk nipis pada luka basah ya, sebab akan menimbulkan efek perih pada kulit.

21. Mengatasi jerawat.

Kandungan vitamin C dan juga antibakteri nggak hanya melindungi organ tubuh, namun juga menjaga kesehatan kulitmu. Sebab jeruk nipis bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat.

Cara memanfaatkannya, kamu bisa menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan madu lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal ini secara rutin selama seminggu sekali.

22. Mencegah penuaan dini.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Berikan perawatan yang tepat pada kulit agar mencegah penuaan dini. Cukup gosokkan kulit jeruk nipis pada wajah, atau menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis. Perawatan ini berfungsi untuk mencegah munculnya keriput, noda hitam, dan lain sebagainya.

23. Mengatasi rambut rontok.

Helai rambut rontok yang tampak pada sisir seringkali membuat orang merasa risih. Selain itu, terkadang muncul kekhawatiran apabila jumlah rambut rontok semakin banyak.

Faktor penyebabnya pun beragam, mulai dari perawatan rambut yang kurang tepat hingga diakibatkan stres. Gunakan air perasan jeruk nipis sebagai tonik alami untuk mengatasi permasalahan ini. Sebab kandungan vitamin C dalam jeruk nipis menjadi nutrisi yang menunjang pertumbuhan rambut.

Oleskan jeruk nipis di kulit kepala dan lakukan pijatan lembut agar sirkulasi darah di kulit kepala lancar dan nutrisi jeruk nipis terserap sempurna. Kamu juga bisa mencampurkan air jeruk nipis dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memijat kulit kepala.

24. Menyamarkan flek hitam.

Flek hitam pada wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih. Nah, untuk kamu yang punya masalah dengan flek hitam, kamu bisa mencoba perawatan wajah alami dengan jeruk nipis. Kamu dapat menggunakan masker jeruk nipis secara teratur.

Cukup celupkan cotton bud steril ke air perasan jeruk nipis segar, kemudian usapkan pada bagian yang ternoda flek. Jika kulitmu termasuk sensitif, larutkan air jeruk nipis dengan sedikit air terlebih dahulu.

25. Membuat kulit bercahaya.

Wajah yang cerah, segar, serta berkilau alias glowing jadi dambaan banyak orang. Kamu dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk mendapatkan khasiat tersebut dengan dua cara, yakni dengan diminum maupun dibuat masker wajah. Air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.

Untuk cara yang kedua yaitu campurkan 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh kunyit, dan 4 sendok makan air jeruk nipis segar. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15-30 menit.

Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih. Campuran masker ini bisa memperbaiki tekstur kulit dan menghindari kekusaman. Lakukan perawatan minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

26. Mengangkat kulit mati pada kaki.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Pernahkah kamu merasa kulit kaki terasa tebal dan kasar? Kondisi itu bisa terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk pada kaki. Untuk solusinya, kamu bisa melakukan eksfoliasi pada kulit kakimu.

Yaps, eksfoliasi tak hanya bisa dilakukan pada kulit wajah, namun juga pada kulit kaki. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan kulit mati dari kaki dan membersihkan kotoran dengan mudah. Ambil seiris jeruk nipis dan oleskan pada kakimu.

27. Mencegah bau kaki.

Permasalahan yang nggak kalah mengganggu adalah adanya bau kaki. Kondisi ini kerap membuat orang menjadi kurang percaya diri. Segera atasi permasalahan ini agar bisa segera membaik.

Perlu kamu ketahui, kandungan asam dan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antibakterial yang ampuh dan efektif. Kamu hanya perlu mengusapkan jeruk nipis yang telah dibelah ke kakimu secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

28. Mencegah bau badan.

Jangan khawatir, jeruk nipis pun juga bisa mengatasi permasalahan bau badan. Kamu bisa mengurangi dan mencegah bau badan dengan jeruk nipis. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika kamu mengaplikasikan deodoran pada ketiak. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

29. Mengangkat kotoran pada wajah.

Selain mengatasi jerawat, jeruk nipis juga bisa menjadi perawatan alami dengan kemampuannya mengangkat kotoran pada wajah. Hal ini berkaitan dengan sifat antibiotic yang ada pada air jeruk nipis tersebut. Gunakan jeruk nipis sebagai toner, yang diteteskan pada kapas dan diusapkan ke wajah.

Apabila kamu membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah akan ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri. Namun perlu diperhatikan bagi para pemilik kulit sensitif. Cobalah secara bertahap untuk memastikan ketahanan kulitmu terhadap efek jeruk nipis.

30. Mengatasi kulit belang.

Aktivitas di luar ruangan kerap membuatmu terpapar sinar matahari berlebihan. Belum lagi dengan adanya polusi yang bisa ikut memberikan pengaruh pada kulitmu. Nggak jarang efek kulit belang atau warna yang tidak merata terlihat pada permukaan kulit.

Manfaatkan air jeruk nipis sebagai solusi permasalahan ini. Gunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dadih. Sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.

31. Mencerahkan wajah.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan © pexels.com

foto: pexels.com

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Bagi kamu yang biasa beraktivitas di luar, terkena sinar matahari, debu, dan kotoran, jeruk nipis bisa menjadi solusinya. Kemampuannya bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit.

Bahkan kandungan AHA atau antioksidan ini banyak juga dipakai beberapa kosmetik sebagai bahan utama untuk pencerah wajah. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah secara alami.

Cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker seminggu dua kali, maka kamu sudah bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.

32. Mengatasi kulit kepala berminyak.

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kulit kepala. Salah satu masalah rambut yang mudah lepek, yakni karena kulit kepala yang berminyak.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Tinggal aplikasikan air perasan jeruk ke kulit kepala dan akar rambut. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

33. Menyamarkan kantung mata.

Dengan jeruk nipis, kamu dapat memanfaatkan untuk menyamarkan kantung mata dan menyegarkan mata lelah.

Fungsikan jeruk nipis sebagai kompres mata alami. Cara penggunaannya, celupkan kapas ke air perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan dengan air biasa, kemudian tempelkan pada kantung mata.

(brl/lin)