Brilio.net - Jeruk nipis tak hanya akrab dengan ibu-ibu rumah tangga saja sebagai salah satu bumbu penambah rasa asam pada masakan. Buah dari pohon Citrus aurantifolia ini juga memiliki kandungan gizi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan internal hingga eksternal wajah dan kulit ketika dioleskan atau dikonsumsi.

Meski merupakan varian jeruk berukuran kecil, ternyata sangat banyak khasiatnya untuk kesehatan dan buat kecantikan, lho. Nggak heran kalau jeruk nipis jadi salah satu bahan alami yang efektif dalam hal perawatan kulit. Apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah? Simak yuk!

1. Menghilangkan noda hitam dan jerawat

4 Manfaat dahsyat jeruk nipis buat kesehatan wajah kamu

Noda hitam pada wajah akibat jerawat terjadi ketika kotoran, minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kamu. Bakteri yang terperangkap dalam pori-pori wajah menyebabkan peradangan dan memberikan kontribusi untuk kemerahan dan nyeri. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis dapat membantu menjaga pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Loading...

Caranya dengan menerapkan air jeruk nipis pada kapas lalu oleskan pada area wajah yang terdapat noda hitam. Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.

Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, seperti tercantum dalam hasil penelitian yang diterbitkan dalam edisi November 2006 jurnal "BMC Complementary and Alternative Medicine." Ketika peneliti terkena berbagai jenis bakteri, termasuk E. Coli dan Staphylococcus aureus, jeruk nipis menunjukkan hasil dapat menghambat pertumbuhan bakteri ini.

2. Mengencangkan pori-pori

4 Manfaat dahsyat jeruk nipis buat kesehatan wajah kamu

Astringent efektif dalam mengencangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

3. Menghapus kulit mati

4 Manfaat dahsyat jeruk nipis buat kesehatan wajah kamu

Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis mengandung agen antibakteri alami yang bertindak sebagai exfoliant untuk membantu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tersumbat.

4. Anti-penuaan

4 Manfaat dahsyat jeruk nipis buat kesehatan wajah kamu

Perkembangan usia dan paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbulkan tanda-tanda penuaan. Radikal bebas yang beraksi dalam tubuh menyebabkan degradasi sel, yang memberikan kontribusi untuk penuaan dan jaringan yang rusak.

Vitamin tertentu termasuk vitamin A dan C yang terdapat dalam jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan yang menyerap radikal bebas dan memungkinkan untuk dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Proses ini dapat mengurangi kerusakan jaringan dan tanda-tanda penuaan yang pada akhirnya menyebabkan kulit tampak lebih cerah dan lebih muda. Untuk mendapatkan manfaat ini, kupas jeruk nipis dan gosok pada kullit atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis.

Meski jeruk nipis aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang dewasa, tapi aplikasi air jeruk nipis langsung ke kulit belum tentu aman. Alasannya beberapa orang yang sensitif terhadap jeruk nipis, kandungan asamnya terkadang menimbulkan sensasi terbakar ketika bersentuhan dengan mulut, lidah, dan bibir.

Jadi, lebih baik tetap konsultasikan dengan ahli atau dokter kecantikan sebelum mengaplikasikan jeruk nipis ke kulit, ya!