×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 10 permainan papan yang lebih dulu populer dibanding catur

View Image

0

BRILIO » Life

Ini 10 permainan papan yang lebih dulu populer dibanding catur

Nggak sembarang orang bisa lihai memainkan permainan ini.

17 / 03 / 2016

Brilio.net - Catur merupakan permainan papan sekaligus permainan yang membutuhkan "otak" untuk bermain. Nggak sembarang orang bisa lihai memainkan permainan ini. Karena memiliki strategi dan trik khusus.

Nah, tahukah kamu sebelum permainan catur populer saat ini, ada 10 permainan papan di zaman dulu yang juga sempat populer. Seperti dilansir brilio.net dari listverse, berikut ini 10 permainan papan yang populer sebelum catur, Kamis (17/3).

BACA JUGA: Transformasi Kaesang, putra bungsu Jokowi, dari unyu-unyu sampai kekar

1. Tafl

permainan papan © 2016 brilio.net

Loading...

Permainan papan yang satu ini berkembang di benua Eropa. Bahkan menjadi salah satu permainan favorit para bangsawan jaman dulu. Tafl sendiri menginspirasi lahirnya pertandingan Buk. Cara mainnya adalah hampir sama seperti catur, satu pemain bertujuan untuk mendapatkan raja dari sang lawan dari pusat dewan ke tepi.

2. The Landlord's Game

permainan papan © 2016 brilio.net

Jika diartikan The Landlord's Game berarti Game pemilik lahan. Mungkin ini menjadi salah satu cikal bakal munculnya permainan monopoli didunia. Permainan ini diciptakan pada tahun 1903 oleh aktris Maryland Lizzie Magie. Papan permainan ini terdiri dari jalur berbentuk persegi, dengan deretan properti yang bisa dibeli mirip dengan monopoli.

3. Vaikuntapaali

permainan papan © 2016 brilio.net

Permainan ini muncul di India skitar abad ke enam belas. Vaikuntapaali atau Leela ini adalah sebuah permainan yang sekaligus mengajarkan moralitas dan spiritualitas. Permainan ini mirip dengan permainan ular tangga yang kita kenal sekarang. Dalam versi Vaikuntapaali mendaki tangga berarti pemain harus mencari pencerahan untuk berbuat baik dan meluncur dari ular berarti jika dalam menjalani kehidupan ini kamu berlaku curang maka akan membawa kerugian pada diri sendiri. Kemudian jika dalam ular tangga finishnya ada di angka 100, kalau di Vaikuntapaali finishnya adalah nirvana.

4. Nine Men's Morris

permainan papan © 2016 brilio.net

Nine Men's Morris merupakan permainan dimana counter ditempatkan di griddengan tujuan menciptakan tiga garis. Setiap kali pemain membentuk deretan tiga, dia bisa menghapus salah satu potongan lawannya dari papan. Permainan ini dikenalkan dan dimainkan oleh orang Sri Lanka.

5. The Mansion of Happiness

permainan papan © 2016 brilio.net

Permainan ini pertama kali dikenalkan di Aerika Serikat sekitar tahun 1894. Cara bermainnya adalah dengan urutan melempar dadu kemudian menjalankan pion sesuai angka yang keluar. Di setiap angka tersebut masing-masing memiliki "hadiah".

6. Senet

permainan papan © 2016 brilio.net

Senet merupakan salah satu permainan papan tertua yang pernah ada. Muncul sejak 3.500 SM. Satu set permainan ini memiliki tiga kotak lebar dan sepuluh kotak panjang dan dimaainkan sekitar 5-7 pemain. Senet menggunakan makna keagamaan orang Mesir kuno. Pada papan berbentuk kotak mewakili dewa, sedangkan papan berbetuk persegi panjang adalah akhirat.

7. Mancala

permainan papan © 2016 brilio.net

Permainan ini dilakukan dengan para pemain mendistribusikan biji mancala seperti permainan congklak. Namun, tidak semodern papan coklak yang sekarang, bermain mancala zaman dulu menggunakan tanah lunak yang dilubangi dan segenggam biji atau kerikil.

8. Chaupat

permainan papan © 2016 brilio.net

Permainan ini bertujuan siapa yang paling cepat memutari papan dengan bergerak sesaui dengan lemparan kerang cowry. Kamu bisa menangkap potongan lawan jika mendarat dikotak yang sama. Jika potongan lawan tergusur, maka lawanmu harus mengulang kembali dari awal.

9. Chaturanga

permainan papan © 2016 brilio.net

Chaturanga merupakan permainan yang pantas dikenal karena merupakan sejarah paling awal munculnya catur. Catur sendiri memiliki banyak nama di tiap-tiap daerah, sepeti Eropa "Game of Kings" dan di China sendiri dinamai Xiangqi.

10. The Royal Game Ur

permainan papan © 2016 brilio.net

Permainan ini merupakan perpainan papan tertua tentang cara bertahan hidup. Set permainan The Royal Game Ur ini ditemukan di Irak sekitar tahun 1920 dan diduga berasal dari tahun 2600 SM. Permainan memiliki cara main yang hampir sama dengan permain Senet, dimana salah satu pemain melempar dadu dan memindahkan bidaknya ssuai angka yang keluar sampai menuju finish.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more