Brilio.net - Yoyo permainan yang tersusun dari dua cakram berukuran sama. Biasanya terbuat dari plastik, kayu, atau logam yang dihubungkan dengan suatu sumbu, di mana tergulung tali yang digunakan. Satu ujung tali terikat pada sumbu, sedangkan satu ujung lainnya bebas dan biasanya diberi kaitan. Permainan yoyo adalah salah satu permainan yang populer di banyak bagian dunia lho, guys. Walaupun secara umum dianggap permainan anak-anak, tidak sedikit orang dewasa yang memiliki kemampuan profesional dalam memainkan yoyo.

Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang yoyo yang pasti kamu belum tahu, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/1).

1. Yoyo sudah ada sejak  lama, tetapi baru tiba dan terkenal di Amerika pada tahun 1929

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: youtube.com

Orang Filipina  membuat yoyo dari batang pohon yang merambat, yang ujung-ujungnya diikat dengan batu-batu keras. Mereka melempar batu-batu tersebut dengan menarik batang rambatnya.

2. Nama yoyo dari bahasa Filipina

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: abcnews.go.com

Nama yoyo berasal dari bahasa Tagalog Filipina, yang mempunyai arti "Mari".

3. Yang memberi nama orang Filipina juga

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: youtube.com

Nama yoyo diberikan oleh orang Filipina. Pada tahun 1920, seorang warga negara Filipina, Pedro Flores, membuat perusahaan mainan di California, Amerika Serikat. Lalu pada 1928 perusahan Pedro memroduksi mainan anak-anak yang kemudian ia namakan yoyo.

4. Yoyo pernah dibawa ke pesawat ruang angkasa

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: youtube.com

Yoyo juga pernah dibawa ke dalam pesawat ruang angkasa milik Amerika pada 12 April 1985, untuk diikutkan dalam sebuah proyek.

5. Mainan kedua

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: mashable.com

Yoyo merupakan mainan kedua yang diciptakan di dunia setelah boneka.

6. Yoyo sebagai senjata

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: parkshinheru.blogspot.com

Yoyo awalnya diciptakan sebagai senjata untuk berburu, namun di zaman modern digunakan sebagai mainan.

7. Yoyo yang sering kita mainkan justru berasal dari China

 

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu

foto: kaskus.co.id

Permainan yoyo ini sudah ada sejak dulu. Nah, Yoyo yang kita sering mainkan sekarang itu berasal dari negara China. Yoyo bisa terbuat dari kayu, besi atau tanah liat yang diberi warna.

8. Dari China lalu ke Benua Eropa

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: punkoryan.com

Dari China, yoyo dibawa ke Benua Eropa. Hal itu diketahui dari lukisan pada Pemerintah Raja Louis XVII dari Prancis tahun 1789. Dalam lukisan itu terlihat seorang anak yang berusia empat tahun bermain yoyo. Saat itu namanya bukan yoyo tetapi Incroyable dan Emigrette.

9. Yoyo termahal di dunia

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu foto: rosyo.blogspot.com

Harga aslinya hanya Rp 1,5 juta. Tapi begitu masuk lelang, harganya melonjak gila menjadi Rp 160 juta. Yoyo mahal ini terbuat dari bahan aluminium khusus untuk pesawat terbang Amerika Serikat dengan desain khusus, dan juga ditambahkan rem khusus sehingga dapat merespon gerakan tangan kamu dengan lebih cepat.

10. Dunia pernah menggilai yoyo pada tahun 1990-an

10 Fakta menarik yoyo ini pasti kamu belum tahu

foto: sagatoys.wordpress.com

Saat dunia tergila-gila dengan yoyo pada tahun 1990-an, sebuah perusahaan bernama Yomega menciptakan yoyo jenis baru. Sama dengan yoyo generasi sebelumnya, benang juga tidak menyentuh poros. Bedanya, benang diletakkan pada pelek. Antara pelek dan poros dipisahkan pegas (per).