Brilio.net - Bunga identik dengan keindahan. Kalau nggak dijadikan pemandangan sebagai hiasan, ya dibau sebagai aroma terapi. Nah, tapi kamu pernah kebayang nggak sih, bunga itu bisa dimakan? Memangnya bisa?

BACA JUGA: Kisah mengharukan, pria ini 2 tahun menanam ribuan bunga untuk istrinya yang buta

Dilansir brilio.net dari Cityflower, Selasa (15/3), berikut 10 bunga yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan:


1. Kembang sepatu


foto: cityflowers.co.in


Kembang sepatu atau hibiscus sering banget digunakan sebagai perasa dalam berbagai makanan. Di beberapa sudut dunia, kembang sepatu bisa dijadikan bumbu rempah-rempah atau pewarna makanan. Bahkan batangnya bisa menjadi bagian sup, lho. Selain makanan berat, kembang sepatu juga bisa untuk membuat kue, minuman rum, dan sebagainya. Tapi cara terbaik mengonsumsi kembang sepatu adalah menjadikannya teh. Mantap, kan?


2. Lili

foto: cityflowers.co.in

Lili bukan hanya bisa dijadikan hiasan, melainkan juga buat campuran yoghurt lho. Selain itu bisa dijadikan infused water.


3. Violet


foto: cityflowers.co.in


Daun violet terasa hambar, tapi bunganya terasa manis. Kamu bisa menambahkan violet ke salad yang kamu makan. Fungsi detoksifikasinya dapat membantu membuang 'limbah' dari darahmu, lho.


4. Melati

Loading...

foto: cityflowers.co.in

Wanginya yang harum nggak cuma berfungsi menyegarkan ruangan, tapi juga bisa dijadikan seduhan teh melati. Kamu pasti pernah mendengar teh melati, bukan?


5. Lavender


foto: cityflowers.co.in


Rasanya yang manis dan samar-samar agak asam seperti jeruk, membuat lavender bagus sebagai pemanis dan pemberi rasa gurih menu makanan. Dijadikan hiasan es krim untuk disantap juga oke.


BUNGA-BUNGA BERIKUTNYA ADA BANYAK DI INDONESIA.. PASTI KAMU FAMILIAR DEH

KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




6. Mawar


foto: cityflowers.co.in


Semua varietas mawar dapat dimakan. Kamu bisa memakan kelopak mawar mentah yang dicampur salad atau kamu masak sebagai sup. Bisa juga kamu campur di saus krim. Bahkan sudah ada produk sebagai campuran pie, lho. Baca di sini deh.



7. Day lily


foto: cityflowers.co.in


Bunga ini rasanya manis dan dapat dimakan mentah. Rasanya hampir menyerupai mentimun atau melon. Tunas bunga day lily adalah sumber vitamin C dan karoten. Kamu bisa merebusnya atau memakan umbi akar bunga ini, rasanya mirip kentang.


8. Anyelir


foto: cityflowers.co.in


Anyelir memiliki rasa pedas seperti cengkeh. Maka dari itu, kamu bisa jadikan campuran salad atau acar. Anyelir juga bisa dijadikan manisan. Selain itu, kamu juga bisa merendam anyelir dengan anggur untuk memberikan rasa lebih pedas.


9. Honeysuckle


foto: cityflowers.co.in


Bunga ini memiliki rasa manis, nyaris mirip madu. Tapi pastikan kamu makan buangnya, bukan buah atau bagian lain dari tanaman ini karena semua itu beracun. Kelopak bunga honeysuckle bisa kamu campur dengan salad, lho.


10. Bunga labu

foto: cityflowers.co.in


Kamu bisa memakan mentah atau memasak bunga ini menjadi sup. Selain itu bisa kamu konsumsi sebagai kripik bunga labu. Tapi pastikan membuang benang sarinya terlebih dahulu, ya.

Well, kamu nggak boleh serta merta memakan bunga-bunga di atas, lho. Pastikan sebelum memakannya, kamu membersihkan kelopak bunganya. Pastikan bebas dari pestisida atau bahan kimia lainnya.

Jangan lupa menghilangkan kepala sari, batang, dan putiknya sebelum memakan bunga-bunga di atas, sebab bisa jadi pahit dan beracun. Pokoknya, sebelum makan, searching dulu cara pengolahan dan manfaatnya, ya. Selamat mencoba, Sobat Brilio!