Brilio.net - Kamu tentu nggak asing lagi dengan kembang sepatu, kan? Dalam bahasa ilmiah, kembang ini bernama Hibiscus rosa-sinensis atau juga disebut hibiscus. Warnanya yang cerah, seperti merah, pink, atau kuning, tak hanya memperindah taman di tempat kamu tinggal saja, lho. Kembang ini mengandung rasa asam yang pas untuk dijadikan teh. Nggak percaya?

Dilansir brilio.net dari Boldsky, Rabu (18/11), teh kembang sepatu termasuk rendah kalori dan bebas kafein. Secara tradisional, teh ini digunakan untuk menyemuhkan banyak penyakit. Asam yang dikandung adalah asam organik seperti asam malat (malic acid), asam tartarat (tartaric acid) dan asam sitrat (citric acid). Semua asam organik ini biasanya ditemukan di buah anggur dan wine. Nah, asam organik ini bermanfaat banyak bagi kesehatan. Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Antioksidan dari teh kembang sepatu memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini memabntu melindungi kesehatan jantung dan mencegah kerusakan pembuluh darah. Menurut sebuah penelitian baru, mengonsumsi teh kembang sepatu beberapa kali sehari mampu mengelola kadar gula darah secara efektif.

2. Melindungi liver

Loading...

Ya, antioksidan dalam teh kembang sepatu juga membantu penyembuhan penyakit liver. Antioksidannya akan menetralisir radikal bebas dan mengeleola keseluruhan kesehatan banyak organ, termasuk liver.

3. Mencegah kanker

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi secara teratur teh kembang sepatu perlahan akan menghambat tumbuhnya sel kanker.

4. Mengelola tekanan darah

Anti-inflamasi yang terkandung dalam teh kembang sepatu dapat merendahkan tekanan darah. Jadi, teh kembang sepatu dianjurkan untuk mereka yang mengalami hipertensi dengan risiko tinggi mengalami penyakit kardiovaskular.

5. Antidepresan

Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan mineral, sekaligus kaya metabolit tanaman seperti flavonoid, yang memilikin sifat antidepresan. Mengonsumsi rutin teh kembang sepatu akan membantu menenangkan sistem saraf, bahkan mengurangi kecemasan yang terkait depresi.

6. Meredakan nyeri haid

Teh kembang sepatu mampu meredakan kram akibat menstruasi. Selain itu juga bisa memulihkan keseimbangan hormon, mengatasi nafsu makan berlebihan, dan perbaikan suasana hati.

7. Obat masalah pencernaan

Teh kembang sepatu dapat mengatasi sembelit, mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau pada rektum, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.