Brilio.net - Teh camomile telah lama digunakan untuk melawan penyakit, namun penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa minum teh jenis ini dapat membantu wanita hidup lebih lama. Seperti dilansir brilio.net dari laman Telegraph, Senin (1/6), para peneliti dari University of Texas menerbitkan sebuah studi dalam The Gerontologist yang menunjukkan bahwa minum teh camomile terkait dengan rendahnya risiko kematian dini pada wanita.

Studi yang menganalisis data dari "Hispanic Established Populations for Epidemiologic Study of the Elderly" ini melibatkan 1.677 pria dan wanita Meksiko-Amerika dan berjalan selama tujuh tahun. Hasilnya menunjukkan minum teh camomile menurunkan risiko kematian pada wanita sebesar 29%, juga menunjukkan bahwa minum teh camomile tidak berpengaruh pada tingkat kematian pria.

Perbedaan hasil antara pria dan wanita tersebut tidak menunjukkan alasan yang jelas. Salah seorang penulis studi, Bret Howrey menyatakan, "Perbedaan ini mungkin disebabkan peran jender tradisional, di mana wanita mengelola kegiatan sehari-hari rumah tangga, termasuk kesehatan keluarga, dan mungkin juga mencerminkan ketergantungan lebih besar terhadap obat tradisional seperti jamu."

Namun begitu, ini bukan pertama kalinya teh camomile dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Pada tahun 2008 ilmuwan mengatakan, meminum teh camomile dapat membantu menjaga diabetes di bawah kontrol. Selain itu, penelitian yang dilakukan pada tikus juga menunjukkan penurunan jumlah gula dalam darah sebanyak seperempat bagian setelah minum teh camomile selama tiga minggu.

Bagaimana ladies, mau mencobanya?