Brilio.net - Berbicara tentang camilan di Indonesia rasanya selalu membuat hati khawatir. Bagaimana tidak saat ini banyak ditemukan jajanan yang tidak sehat dan mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya.

Namun jangan khawatir, sekelompok mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) telah menciptakan jajanan unik nan lezat yakni pie mawar.

Mereka adalah Maulid Diana Sari, Niki Arini, Sekar Utami (Teknik Kimia), Resti Cipta Utami dan Jati Uluphy (Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian). Ide membuat pie ini awalnya bermula dari PKM awal tahun lalu dan tercetuslah ide untuk membuat makanan sehat dengan memanfaatkan bunga mawar.

Pie mawar ciptaan mahasiswa UGM ini bisa cegah kanker, keren!

Tim pembuat rose pie

Loading...

"Setelah kita teliti ternyata bunga mawar itu mengandung anti oksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh," tutur Niki kepada brilio.net, Minggu (21/6). "Selain itu mawar juga mengandung b-carotene yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung."

Cara pembuatannya pun tergolong cukup mudah. Untuk bahan pie-nya sama resepnya dengan pie-pie lainnya. Sedangkan untuk isinya dibuat dari beberapa bahan yakni kelopak mawar yang telah direndam selama 1 jam, gula, garam, jeruk nipis dan air. Setelah itu diaduk hingga mengental dan siap diisikan di atas pie.

Mengenai rasa, pie mawar ini memiliki citra rasa yang unik dan sulit dideskripsikan. Meski begitu mereka mengaku banyak orang yang suka karena rasanya yang unik itu. "Rasanya itu campuran manis, asam dan getir, getirnya itu yang membuat unik dan berbeda dari pie lainnya," tambah Resti.

Pie mawar ciptaan mahasiswa UGM ini bisa cegah kanker, keren!

Sejauh ini Maulida dkk sudah berhasil memproduksi 2.000 pie yang sudah dipasarkan di berbagai tempat. Satu pienya dijual Rp 2.000. Pie mawar ini bisa bertahan sekitar 4 hari. Nah kamu tertarik dengan pie mawar ini? Jika tertarik kamu bisa langsung hubungi di Facebook mereka: Rose Pie. Selamat mencoba.