Brilio.net - Kamu mungkin pernah mendengar peringatan bahwa jika kamu nggak rutin mencuci rambut bisa berakhir dengan ketombe? Nggak usah ketombe deh, rambut kamu pasti bakalan kelihatan kotor dan yang pasti akan mengeluarkan aroma tak sedap. Apalagi kalau sampai kamu nggak rutin menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan keramas. Dampak negatif pasti bakalan berdatangan di rambut, ya ketombean misalnya. Hiii!

Ketombe adalah gangguan kulit kepala yang ditandai dengan penumpahan sel-sel kulit mati. Masalahnya, penyebab pasti ketombe nggak diketahui. Namun yang jadi pemicu paling umum untuk ketombe adalah kulit kering. Jarang keramas, kulit kepala berminyak, atau iritasi produk perawatan rambut juga berkontribusi untuk munculnya ketombe. Oleh karena itu, jarang keramas secara teratur dapat menyebabkan penumpukan debu dan minyak sehingga memicu timbulnya ketombe.

BACA JUGA: 10 Negara dengan cuti melahirkan terlama, Indonesia masuk nggak ya?

Tak hanya itu, dengan seminggu atau lebih kamu nekat nggak keramas, kamu akan menyadari bahwa rambut jadi lebih banyak rontok saat keramas. Ini juga berkontribusi terhadap rambut kusut dan akhirnya pecah. Belum lagi kalau kamu sering melakukan styling rambut, produk-produk styling rambut yang kamu gunakan akan menempel pada rambut yang berakibat kemampuan rambut membentuk volume menjadi berkurang.

Untuk berapa lama rambut harus dikeramas semua tergantung jenis rambut, ketebalan dan produksi minyak setiap individu. Mencuci rambut setiap dua sampai tiga hari sangat ideal. Seseorang dengan rambut tebal dan panjang harus lebih sering untuk keramas. Tapi juga jangan terlalu sering mencuci rambut karena juga bisa mengakibatkan ketombe. Selain itu, keramas terlalu sering atau menggunakan terlalu banyak produk perawatan juga dapat mengiritasi kulit kepala.

Loading...

Jadi, sesibuk apapun aktivitas kamu, luangkan waktu untuk rutin mencuci rambut. Karena memang keramas menyita banyak waktu, bahkan mengeringkan rambut pun demikian. Tapi kalau kamu rutin keramas, nggak bakal deh ketombe nempel di rambut kamu. Pastikan juga untuk menggunakan produk perawatan rambut yang tepat, ya.