Brilio.net - Memakai riasan wajah sepanjang hari memang bisa menunjang penampilan. Tapi akan terasa melelahkan setelah kamu berada di rumah. Kamu nggak bisa langsung istirahat sebelum membersihkan makeup.

Riasan di wajah biasanya dapat dihapus dengan menggunakan cairan khusus atau tisu basah yang mudah diperoleh di pasaran. Akan tetapi, beberapa jenis riasan tertentu terkadang sangat sulit dihapus karena menempel di kulit. Jadi, kamu masih perlu untuk mencuci muka dengan pembersih yang lembut setelah selesai menghapus riasan.

Nah, solusi lainnya, kamu bisa coba menghapus riasan dengan menggunakan bahan-bahan alami di dapur seperti dilansir brilio.net dari Stylecaster, Minggu (2/8) berikut ini:

1. Alpukat, untuk menghilangkan riasan mata

5 Bahan alami untuk hapus riasan wajah Minyak alpukat merupakan bahan umum yang digunakan dalam cairan penghapus riasan berbahan alami. Namun, kamu bisa memanfaatkan buah alpukat untuk menghilangkan riasan mata yang sulit dihapus.

Caranya, ambilah sebatang cotton bud dan usapkan secara lembut ke daging buah alpukat untuk memperoleh minyaknya. Minyak ini akan membantu menghapus maskara, eyeliner, atau pemulas mata yang cukup rekat.

Tak hanya itu, vitamin E yang terkandung di dalam alpukat juga dapat membantu merawat area sekitar mata. Selain membersihkan secara menyeluruh, minyak alpukat juga tidak menyumbat pori-pori, sehingga baik buat kamu yang memiliki kulit sensitif maupun rawan berjerawat.

2. Minyak kelapa, untuk kulit kering

5 Bahan alami untuk hapus riasan wajah Buat kamu yang memiliki jenis kulit kering dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk menghapus riasan sekaligus melembapkan kulit. Ambil satu sendok minyak kelapa dan biarkan panas tubuh pada tangan secara alami melelehkan minyak kelapa hingga cair.

Kemudian, usapkan ke seluruh wajah untuk membersihkan foundation atau concealer, lalu bersihkan dengan kapas atau tisu.

Meskipun demikian, minyak kelapa cenderung komedogenik yang berarti dapat menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, buat kamu yang memiliki masalah kulit atau mudah berjerawat sebaiknya tidak menggunakan minyak kelapa.

3. Susu, untuk membersihkan wajah

5 Bahan alami untuk hapus riasan wajah Susu selain untuk dikonsumsi ternyata juga mampu untuk membersihkan riasan wajah kamu. Caranya, rendam sejenak kapas ke dalam segelas susu lalu usapkan secara lembut ke seluruh bagian wajah dan kelopak mata.

Tidak hanya ampuh untuk menghapus riasan dan menyegarkan kulit, asam laktat pada susu sapi juga mampu membersihkan kulit secara lembut. Untuk kulit berminyak, gunakan susu skim. Sedangkan buat kamu yang berkulit kering, gunakan susu murni. Pastikan kamu membilas wajah secara menyeluruh setelah itu dengan air dingin untuk mendapatkan kulit yang halus dan bersih.

4. Mentimun, untuk menyegarkan wajah

5 Bahan alami untuk hapus riasan wajah Produk penghapus riasan yang mengandung mentimun menjadi tren yang tengah digemari di dunia kecantikan. Alasannya, mentimun mengandung bahan-bahan anti inflamasi dan menyerap minyak sehingga tepat kalau digunakan sebagai penyegar setelah dilakukan pembersihan.

Cincang halus beberapa mentimun dan campurkan ke dalam air dingin. Kemudian, aplikasikan air mentimun tersebut dengan kapas dan usap ke seluruh bagian wajah. Mentimun mampu menghilangkan sisa riasan, kotoran, dan minyak.

5. Pisang, untuk masker pelembap

5 Bahan alami untuk hapus riasan wajah

Apabila kamu ingin melembapkan wajah sekaligus membersihkan, pakailah pisang. Hancurkan sebuah pisang hingga berbentuk pasta sebelum diaplikasikan ke wajah layaknya masker.

Diamkan selama lima menit sementara enzim yang terkandung pada pisang membersihkan wajah dari riasan, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Bilas dengan handuk yang telah direndam air hangat.