Brilio.net - Mau pergi renang tapi tetap memerhatikan penampilan? Ada? Ada, wanita. Eits, jangan salah lho selain menyiapkan baju renang, banyak juga wanita yang menghiasi penampilan kuku dengan warna kutek yang lucu-lucu.

Alasannya tentu saja biar penampilan makin terlihat maksimal. Padahal kan juga nggak keliatan kalau di dalam air? Iya.

Tapi nih, kalau kamu ingin tetap memakai kutek dan warna kutek tahan lama sepanjang waktu, sebaiknya kamu kurangi aktivitas bermain air. Sebab, terlalu lama berada di dalam air, ternyata bisa membuat kutek cepat mengelupas.

Kenyataan yang ironis memang, mengingat salah satu trik membuat kutek cepat kering dan awet adalah dengan merendam kuku dalam mangkuk berisi air dingin. Jadi, mengapa kutek lebih cepat terkelupas saat kita berenang atau bermain air di pinggir laut?

Dilansir brilio.net dari StyleCaster, Minggu (2/8), kontak antara kuku dan air yang terlalu lama menyebabkan kutek kamu lebih mudah mengelupas. Dampak ekspos air pada kuku sama dengan rambut yang kelamaan di dalam air, yakni menjadi kering dan rapuh. Sebab, serapan air yang terlalu banyak dalam air merusak warna kutek hingga mengelupas.

Salah satu cara antisipasi terbaik adalah memulas cat kuku dengan base coat sebelum kamu pergi berenang atau menyelam. Sayangnya, hal ini cenderung merepotkan dan tak banyak wanita yang begitu detail mengingat untuk kembali memulaskan base coat saat sedang liburan terutama.

Kandungan klorin pada air kolam renang, disinyalir jadi "biang keladi" kondisi kering pada kulit sekaligus menurunkan intensitas warna cat kuku.

Hal lain yang menyebabkan kutek mudah terkelupas adalah pemakaian losion tabir surya. Seperti kita ketahui, losion tabir surya memiliki segudang manfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, sejumlah kandungan pada losion SPF ternyata memiliki efek membuat cat kuku lekas lapuk dan mengelupas.

Jenis cat kuku yang terbilang kuat dan awet, meskipun kamu berlama-lama di dalam kolam renang adalah cat kuku dengan efek glitter. Kemudian, cat kuku jenis gel juga dinyatakan lebih tahan lama dan tidak mengelupas saat kamu sedang menikmati setiap detik waktu liburan dengan bermain air dalam kolam renang.