Brilio.net - Ekstrak buah jeruk nipis sering dimasukkan dalam produk perawatan kulit karena kandungan antioksidannya. Secara umum, antioksidan seperti vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu melawan radikal bebas di kulit dan membantu meningkatkan kadar kolagen. Jeruk nipis juga mengandung flavenoids dan desinfektan yang bermanfaat menjernihkan kulit.

Pengaplikasian jeruk pada kulit dapat memurnikan pori-pori kulit supaya lebih cerah dan bersih. Keunggulan dari ekstrak jeruk nipis ini dapat secara efektif untuk mengobati jerawat.

Jerawat sendiri adalah kondisi kulit yang paling umum dialami oleh semua kalangan. Meskipun pertama kali muncul selama masa pubertas, jerawat paling banyak terjadi pada orang dewasa.

Jus dari jeruk nipis segar adalah salah satu dari banyak solusi rumahan terbaik. Ini disebabkan oleh tingginya tingkat antioksidan, serta kadar asam sitrat alami, suatu bentuk vitamin C. Dilansir dari healthline, jeruk nipis dapat membantu mengurangi minyak (sebum) pada kulit, mengurangi kemerahan dan peradangan, menghilangkan bekas jerawat, radang kulit, serta bekas luka lainnya.

Namun, mengoleskan jeruk nipis ke wajah mungkin tidak begitu cocok dengan jenis kulitmu. Sehingga dapat memunculkan efek samping seperti kulit terasa terbakar, gatal, kemerahan, kulit kering dan membunuh bakteri baik yang semakin merusak kulit. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kecantikan.

Loading...

Atau bisa juga kamu campurkan jeruk nipis dengan bahan alami lainnya. Gunakan campuran jeruk nipis dengan madu alami, gel lidah buaya, susu, yoghurt, atau minyak zaitun.

Nah, makin penasaran kan, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (7/10), berikut 7 cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis. Dijamin ampuh dan mudah.

1. Cuci wajah dengan jeruk nipis.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: pixabay.com

Jus jeruk nipis punya antibakteri dan bisa menghilangkan bercak hitam alami. Jeruk nipis dapat menghilangkan jerawat dalam dua hingga tiga minggu.

Caranya bersihkan wajahmu secara menyeluruh dengan sabun dan air seperti biasa. Siapkan jus jeruk nipis, peras air jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil dan rendam bola kapas dengan jus. Tepuk bola kapas yang direndam langsung ke jerawat. Biarkan mengering selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Campuran jeruk nipis dan buah delima.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: pixabay.com

Dilansir dari Ayurvedic-Medicines.com, jus jeruk nipis dan buah delima membantu memblokir noda dengan menghilangkan komedo dan mengeringkan jerawat.

Caranya kupas kulit buah delima dan panggang dalam oven 375 derajat selama 20 hingga 25 menit. Lalu dinginkan, kemudian haluskan menggunakan blender. Pindahkan ke mangkuk kecil, tambahkan 1 sendok teh jus jeruk nipis segar.

Aduk sampai terbentuk pasta. Oleskan pada jerawat, noda di wajah. Biarkan mengering selama 20 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Jeruk nipis dan susu.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: pixabay.com

Campuran jus jeruk nipis dan susu dapat membantu memperbaiki kulit dengan membersihkan jerawat, membersihkan komedo dan menyembuhkan kulit yang pecah-pecah.

Caranya tambahkan perasan satu buah jeruk nipis segar ke dalam segelas dengan susu yang sudah direbus. Biarkan hingga dingin agar tidak membakar kulit. Cuci wajah dengan campurkan jeruk nipis dan susu itu sebagai pengganti sabun. Gunakan selama dua hingga tiga hari. Setelah mencuci muka, bilas dengan air hangat.

4. Minum jeruk nipis.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: pixabay.com

Minuman jeruk nipis atau lemon membantu membersihkan jerawat dengan cara mendetoksifikasi tubuh, antioksidan dari vitamin C dan menyediakan kolagen pada kulit.

Caranya peras satu buah jeruk nipis ke dalam segelas. Beri air secukupnya, lalu aduk. Minumlah saat bangun di pagi hari setelah 20 hingga 30 menit, sebelum menelan apa pun. Lakukan cara ini secara rutin dua hingga tiga minggu. Warna kulitmu akan akan lebih bersih dan berseri.

5. Jadikan masker wajah.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: freepik.com

Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis dikenal bisa mengatasi jerawat dengan baik. Jika kamu ingin mencobanya, pastikan untuk menggunakan jeruk nipis segar ya.

Caranya cukup mudah, potong jeruk menjadi dua bagian, ambil cotton bud. Lalu gunakan itu untuk mengoleskan cairan lemon ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan sampai kering, lalu bilas hingga bersih.

6. Jeruk nipis dan madu.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: freepik.com

Untuk kulit yang sensitif bisa menggunakan campuran jeruk nipis dan madu untuk menghilangkan jerawat. Caranya peras setengah buah jeruk nipis, tambahkan 1 sendok makan madu alami. Campur dengan sedikit gandum beras. Lalau aduk hingga rata dan berbentuk pasta.

Bersihkan wajah dulu dengan air hangat, oleskan adonan tadi ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat beberapa kali. Lalu bilas juga menggunakan air dingin.

7. Jeruk nipis dan yoghurt.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis freepik

foto: freepik.com

Sama seperti sebelumnya, peras setengah buah jeruk nipis. Campur dengan 1 sendok makan yoghurt dan beri sedikit gandum beras. Aduk dan buat seperti pasta. Bersihkan wajah dahulu dengan air hangat, supaya pori-pori wajah tebuka.

Kemudian oleskan pada wajah secara merata seperti masker pada umumnya. Diamkan 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat berulang kali, terakhir gunakan air dingin supaya pori-pori menutup kembali.