×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Cara menghilangkan ketombe secara alami dan mudah

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

12 Cara menghilangkan ketombe secara alami dan mudah

foto: star2.com

Cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

27 / 03 / 2019 23:01

Brilio.net - Ketombe adalah kondisi di mana kepala kronis yang umum ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala seseorang. Ketombe merupakan masalah yang hampir banyak dialami oleh setiap orang, baik wanita maupun laki-laki. Ketombe bukanlah masalah yang sepele, karena ketombe sangatlah mengganggu. Pasalnya ketombe dapat merusak kepercayaan diri seseorang.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya ketombe. Hal yang sangat sulit dipercaya adalah kondisi mental. Siapa sangka, ternyata kondisi mental mampu membuat seseorang ketombean. Pasalnya stres yang dialami oleh seseorang bisa menyebabkan perubahan pada hormon. Hal ini akhirnya membuat kulit seseorang sangat mudah menghasilkan banyak minyak, terutama pada kulit kepala.

Penyebab lain seseorang mengalami ketombe adalah tidak menjaga kebersihan rambut, diet, sakit, rambut kerap ditutup sehingga panas dan lain sebagainya. Pada dasarnya gejala ketombe sangat mudah dikenali, di mana terdapat serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih di kepala seseorang. Kepala juga terasa sangat gatal hingga ketombe berjatuhan di bahu.

Kondisi seperti ini sangat menganggu dan pastinya membuat seseorang sangat khawatir. Untuk kamu yang mengalami masalah ini dan telah melakukan banyak hal namun tak membuahkan hasil, maka cobalah beberapa cara alami berikut ini yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/3).

1. Cuka Apel

Loading...

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto:pixabay.com

Cuka apel bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe secara ampuh. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka apel sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Pasalnya larutan ini memiliki sifat asam yang dapat mengubah PH kulit kepala agar tidak dapat dihinggapi oleh jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya sangat mudah, masukkan seperempat gelas cuka apel ke dalam botol dan campurkan dengan air. Kemudian semprot campuran tersebut ke rambut secara merata. Bungkus rambut dengan handuk dan biarkan 30-60 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

2. Lidah buaya

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aloe vera atau lidah buaya dapat menjaga kecantikan seseorang, termasuk untuk menghilangkan ketombe. Lidah buaya dapat mengangkat sel kulit mati pada kepala serta membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya sangat mudah, ambil satu tangkai lidah buaya dan keluarkan bagian gelnya. Oleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas bersih.

3. Minyak kelapa

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Minyak kelapa juga dikenal ampuh dalam membasmi ketombe. kandungan vitamin E pada minyak kelapa dapat menutrisi dan menjaga kesehatan rambut.

Cara menggunakannya sangat mudah, ambil satu sendok makn minyak kelapa, kemudian aplikasikan ke kepala saat rambut dan kulit kepala kering. Oleskan secara merata dan diamkan selama 30-60 menit, setelah itu bilas sambil keramas menggunakan sampo.

4. Jeruk nipis

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Jeruk nipis juga dipercaya dapat mengatasi ketombe. Di dalam jeruk tak hanya terdapat kandungan vitamin C sebagaimana yang banyak diketahui orang, namun juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Kandungan vitamin C di dalam jeruk juga berfungsi untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya untuk menghilangkan ketombe, peras jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

5. Baking soda

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Menggunakan baking soda mungkin menjadi suatu yang aneh bagi sebagaian orang. Namun siapa sangka baking soda mampu menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

Cara menggunakan, siapkan setengah sendok makan baking soda,larutkan dengan air hingga mengental, oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

6. Daun sirsak

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Daun sirsak dipercaya memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan. Selain itu juga bermanfaat untuk mentasi ketombe. Kandungan acetogenin Acetogenin di dalam daun sirsak merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki kemampuan untuk membunuh racun.

Cara menggunakannya, siapkan beberapa lembar daun sirsak, dihaluskan, berikan sedikit air, oleskan berata pada kepala, lalu diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Minyak kemiri

foto: naturallycurly.com

Minyak kemiri dikenal sebagai penyubur rambut, namun ternyata minyak kemiri juga dapat mengatasi ketombe. Gunakan minyak kemiri sebelum keramas, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sembari keramas.

8. Bawang putih

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Bawang putih bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan ketombe secara alami. Pasalnya bawang putih memiliki kemampuan untuk membunuh jamur sekaligus bakteri penyebab ketombe. Cara ini memang tak banyak disukai orang karena baunya yang kurang sedap.

Cara menggunakannya, ambil satu siung bawang putih lalu haluskan. Kemudian campurkan sedikit madu dan jahe bubuk untuk mengurangi bau menyengat dari bawang putih. Oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas hingga bersih.

9. Tomat

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Ketombe bisa disebabkan karena ketidak seimbangan pada ph kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tomat. Pasalnya kandungan asam pada tomat dapat menyeimbangkan pH kulit kepala.

Cara menggunakannya, haluskan 2 buah tomat, campur dengan satu sendok makan minyak kelapa, usapkan pada kulit kepala hingga menara sembari melakukan pijatan ringan. Diamkan selama 1 jam, kemudian bilas bersih dengan sampo.

10. Garam

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Siapa sangka, ternyata bubu dapur seperti garam mampu menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Cara menggunakan, sediakan garam secukupnya, gosok garam secara perlahan ke kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

11. Bawang merah

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Ada beberapa orang mempercayai bahwa bawang merah dapat menunjang pertumbuhan rambut, ternyata tak hanya itu saja, bawang merah juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, kupas bawang merah kemudian haluskan, oleskan secara merata pada kulit kepala, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hingga bersih.

12. Lemon

menghilangkan ketombe secara alami istimewa

foto: pixabay.com

Tak hanya jeruk nipis saja yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan ketombe, namun lemon juga memiliki fungsi yang sama. Caranya cukup mudah, belah lemon dan gosokkan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more