Brilio.net - Menurut The American Cancer Society memperkirakan bahwa dokter akan membuat 13.170 diagnosis baru kanker serviks pada akhir 2019 di Amerika Serikat. Lebih dari 4.200 wanita di AS akan meninggal akibat kanker serviks tahun ini. Kanker serviks ini menyerang bagian saluran rahim (jalan lahir bayi).

Kanker adalah hasil dari pembelahan yang tidak terkontrol dan pertumbuhan sel-sel abnormal. Sebagian besar sel dalam tubuh kita memiliki umur yang ditentukan dan ketika mereka mati, tubuh menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikannya. Sel abnormal dapat memiliki dua masalah, yaitu mereka tidak mati dan terus membelah. Menyebabkan penumpukan sel yang berlebihan, yang akhirnya membentuk benjolan atau tumor, yang lebih parahnya akan menjadi kanker.

Dilansir dari webmd, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat membuat pencegahan untuk berbagai penyakit menular, agar tidak terjangkit kanker serviks. Pada awalnya merekomendasikan vaksin untuk semua orang berusia 9-26 tahun. Namun, CDC sekarang menyarankan bahwa vaksin ini juga tersedia untuk semua wanita dan pria berusia 26-45 tahun yang memang menerima vaksin sebagai remaja.

Pasalnya pada tahap awal kanker serviks, seseorang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Akibatnya, wanita tidak tahu kalau dirinya sedang mengalami kanker serviks. Mereka harus melakukan tes apusan serviks secara teratur, atau tes Pap. Tes Pap bersifat preventif, bertujuan untuk tidak mendeteksi kanker dan mengungkapkan perubahan sel yang mengindikasikan kemungkinan perkembangan kanker. Sehingga seseorang dapat mengambil tindakan dini untuk mengobatinya.

Nah, apa saja penyebab dari kanker serviks ini? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber mengenai penyebab kanker serviks bisa muncul, Selasa (26/3).

Loading...

1. HPV.

penyebab kanker serviks unsplash

foto: pixabay

Hampir semua penderita kanker serviks terjadi karena HPV. Ini adalah virus yang ditularkan secara seksual. Lebih dari 100 jenis HPV yang berbeda dapat terjadi, setidaknya 13 di antaranya dapat menyebabkan kanker serviks dan yang paling sering menyerang manusia adalah HPV 8, 11, 16, dan 18.

2. Memiliki banyak pasangan seksual.

penyebab kanker serviks unsplash

foto: pixabay

Memiliki banyak pasangan seksual atau menjadi aktif secara seksual sejak dini merupakan cara cepat penularan kanker serviks. Penularan HPV hampir selalu terjadi akibat dari kontak seksual dengan individu yang menderita HPV lainnya. Wanita yang memiliki banyak pasangan seksual umumnya memiliki risiko infeksi HPV yang lebih tinggi. Ini meningkatkan risiko mereka terkena kanker serviks.

3. Merokok.

penyebab kanker serviks unsplash

foto: pixabay

Merokok tak hanya dilakukan kalangan pria, tapi juga wanita. Rokok terdiri dari tembakau yang mengandung banyak zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Risiko kanker serviks lebih banyak dialami oleh wanita yang senang merekok, daripada yang tidak.

4. Sistem kekebalan yang melemah.

penyebab kanker serviks unsplash

foto: pixabay

Kurangnya kekebalan tubuh atau melemahnya kekebalan tubuh membuat seseorang mudah terjangkit berbagai penyakit. Sehingga segala virus bisa dengan mudah masuk dan menular ke tubuh. Sistem kekebalan yang melemah bisa disebabkan karena kurangnya asupan gizi, buah dan sayur.

5. Pil KB.

penyebab kanker serviks unsplash

foto: pexels

Penggunaan jangka panjang beberapa pil kontrasepsi sedikit meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker serviks. Bagi orang yang ingin mencegah kehamilan, bisa mulai konsultasi kepada dokter untuk bisa memilih cara yang lebih aman. Misalnya menggunakan IUD (Intrauterine Device, perangkat yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan).

6. Penyakit menular seksual lainnya (PMS).

penyebab kanker serviks unsplash

foto: pexels

Penyakit menular seksual lainnya seperti chlamydia, gonore, dan sifilis dapat membuat seseorang mudah terjangkit kanker serviks. Ketiga penyakit seksual tersebut tidak hanya berakibat pada kanker serviks saja, melainkan bisa juga kemandulan. ketiga penyakit ini disebabkan salah satunya karena hubungan seks yang tidak aman.

7. Rendahnya pemahaman.

manfaat tomat kanker instagram

foto: istimewa

Tingkat status sosial ekonomi berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan masyarakat. Minimnya ekonomi seseorang mengakibatkan seseorang buta akan pendidikan kesehatan yang memadai. Sehingga mengakibatkan mereka tidak tahu menau mengenai kanker serviks ini.