Brilio.net - Ada banyak kegiatan manusia saat ini yang berdampak pada kesehatannya. Salah satunya adalah terlalu sering duduk. Teknologi yang semakin maju membuat gerak seseorang semakin terbatas. Banyak orang yang melakukan pekerjaan di depan komputer dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk.

Parahnya lagi, usai kerja dan akan kembali ke rumah mereka tetap duduk yakni dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Tiba di rumah, seseorang menghabiskan waktu untuk duduk sambil menyaksikan televisi atau memainkan gadgetnya. Semua kegiatan hampir dihabiskan hanya untuk duduk.

Kondisi tersebut diperburuk dengan seseorang enggan melakukan hidup sehat, mereka terkesan sangat santai dan tak peduli dengan kesehatannya sendiri. Padahal, dampak buruk akan mereka rasakan ketika hanya menghabiskan waktu untuk duduk. Dari sebuah penelitian menjukkan bahwa semakin banyak rentang waktu yang dihabiskan seseorang untuk duduk setiap harinya, maka area yang berperan membentuk ingatan baru (lobus temporalis medial) juga cenderung semakin menipis. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan otak seseorang.

Jika kamu banyak menghabiskan waktu di kantor hanya duduk di depan komputer, maka cobalah sesekali berdiri dan renggangkan otot-ototmu. Setibanya di rumah belajarlah untuk tidak bermalas-malasan, bangun lebih bagi, siapkan segala sesuatunya, olahraga dan sarapan sehat. Jika kamu rutin melakukan ini, maka bisa dipastikan kesehatanmu akan sangat terjaga.

Namun jika tidak, dan kamu hanya terus melakukan rutinitas dengan duduk dan tidak diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, maka kamu akan mengalami beberapa hal buruk yang menganggu kesehatanmu. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/3).

Loading...

1. Melemahnya kemampuan otak.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Saat kamu bekerja di depan komputer, otak terus bekerja untuk berpikir. Namun jika duduk terlalu lama dan tanpa melakukan gerakan-gerakan kecil untuk merenggangkan otot, dapat menyebabkan otak melemah. Jika kamu bergerak, maka otot akan bergerak memompa darah dan oksigen dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak.

2. Berisiko terkena kanker.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Mengapa duduk bisa menyebabkan kanker? Pastinya ini menjadi pertanyaan banyak orang. Tubuh yang kurang aktif bergerak memiliki kecenderungan tinggi terkena kanker karena saat tubuh tidak bergerak maka zat antioksidan yang dapat mengangkal radikal bebeas seperti kanker tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karenanya, kamu harus melakukan gerakan-gerakan kecil di sela-sela kamu bekerja.

3. Memicu obesitas.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu duduk terlalu lama, maka metabolisme dalam tubuh bekerja dengan sangat lambat, hal inilah yang dapat memicu obesitas pada seseorang. Sudah tidak asing lagi bukan bahwa obesitas dapat memicu beberapa penyakit lainnya.

4. Sakit pada leher dan tulang belakang.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: spinesurgeonnewyork.net

Apa kamu pernah merasakan sakit leher dan tulang belakang? Hal ini bisa saja disebabkan kamu yang terlalu banyak duduk dan kurang olahraga. Duduk dalam waktu lama ditambah posisi yang tidak nyaman dapat membuat tulang leher tegang dan punggung nyeri. Belum lagi dampaknya juga terjadi pada bagian tulang belakang, posisinya bisa berubah dan memperburuk kondisi tubuhmu.

5. Melemahnya otot.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Seperti yang diketahui bahwa selama duduk otot tidak bekerja dengan baik. Ketika kamu berdiri dan bergerak, otot perut akan menegang sehingga otot bekerja, namun ketika kamu duduk otot perut tidak digunakan sehingga otot melemah. Kondisi ini jika berlangsung dalam waktu lama dan terlalu sering, maka kesehatanmu akan sangat buruk.

6. Meningkatkan kadar kolestrol.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Seperti yang sudah disebutkan bahwa duduk terlalu lama dapat menganggu metabolisme tubuh serta dapat meningkatkan kadar trigliserida plasma. Hal inilah yang kemudian dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Buruknya lagi jika seseorang tidak menyadari akan hal ini maka kondisi ini bisa semakin parah dan kadar kolestrol akan terus meningkat.

7. Menganggu sistem pencernaan.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Suatu kebiasaan seseorang yang kerap dilakukan adalah sehabis makan seseorang kembali bekerja dan duduk lagi. Tahukah kamu duduk sehabis makan itu ternyata dapat menyebabkan perut tertekan. Hal inilah yang kemudian dapat mengganggu pencernaan.

8. Beriksiko penyakit jantung.

Efek buruk duduk terlalu lama istimewa

foto: pixabay.com

Hal buruk lainnya jika kamu terlalu lama duduk adalah dapat menyebabkan penyakit jantung. Pasalnya duduk terlalu lama menyebabkan otor membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.