×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Manfaat cabai untuk kesehatan, bisa menghambat kanker

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

10 Manfaat cabai untuk kesehatan, bisa menghambat kanker

Cabai, bagi banyak orang, jadi bumbu masak yang wajib ada.

19 / 03 / 2019 23:06

Brilio.net - Cabai termasuk keluarga Solanaceae nightshade. Dilansir brilio.net dari naturalfoodseries, cabai dipercaya berasal dari Meksiko. Dari Meksiko, cabai melakukan perjalanan ke India, China, Turki, hingga tersebar ke seluruh dunia sekitar pada abad ke-16 dan ke-17.

Sampai saat ini cabai menjadi salah satu tanaman komersil yang paling diminati orang. Sejak diperkenalkan, cabai menjadi makanan pokok di berbagai masakan. Cabai dapat dimakan secara mentah, dimasak, dikeringkan, atau ditambahkan sebagai bahan utama dalam bubuk dan saus.

Cabai memiliki rasa pedas yang alami. Pedasnya cabai berasal dari zat alkaloid aktif yang disebut capsaicin. Semakin banyak capsaicin yang dikandungnya, maka semakin panas dan pedas cabai tersebut. Namun panas dan pedas cabai masih bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi pertumbuhannya.

Selain menjadi makanan pedas andalan, cabai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat cabai untuk kesehatan sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/3).

1. Menghambat kanker.

Loading...

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: unsplash

Dilansir brilio.net dari Medical News Today, American Association for Cancer Research telah menyatakan bahwa capsaicin yang ada pada cabai memiliki kekuatan untuk membunuh leukemia dan sel kanker. Sama seperti kunyit, bumbu yang digunakan dalam membuat kari, cabai dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

2. Meningkatkan fungsi kognitif pada tubuh.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pixabay

Tubuhmu memerlukan jumlah oksigen dan zat besi yang tepat untuk mencapai dan mempertahankan kinerja kognitif yang baik. Membumbui makananmu dengan cabai setiap hari dapat mengurangi kemungkinan tubuhmu mengalami gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer ketika kamu sudah berusia tua.

3. Membantu pembentukan sel darah merah.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pixabay

Mengonsumsi cabai baik untuk penderita anemia dan kelelahan. Anemia dan kelelahan disebabkan oleh kekurangan zat besi. Sedangkan cabai kaya akan tembaga dan besi, yang sangat penting untuk pembentukan sel darah baru. Selain itu juga cabai kaya akan asam folat. Asam folat membantu dalam produksi sel darah merah dan melawan anemia.

4. Penghilang rasa sakit alami.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pixabay

Capsaicin yang ada pada cabai, dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan aterosklerosis, yaitu penyempitan dan penebalan arteri pada tubuh. Cabai dapat bekerja untuk melemahkan reseptor sensoruk dan juga memiliki efek anti-inflamasi.

5. Membersihkan hidung tersumbat karena flu.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pexels

Capsaicin tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi kemacetan. Panasnya yang berapi-api merangsang sekresi yang membantu membersihkan lendir dari hidung yang tersumbat. Capsaicin memiliki sifat antibakteri yang memerangi infeksi sinus kronis, berkat kemampuannya untuk menginduksi vasokonstriksi di pembuluh darah rongga hidung.

6. Membantu kesehatan mata.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: unsplash

Tubuh membutuhkan vitamin A untuk menjaga mata supaya sehat setiap saat. Mengonsumsi cabai saat makan, sekitar satu sendok makan setiap hari, pasti dapat meningkatkan penglihatanmu. Cabai juga dapat mencegah kebutaan malam hari serta degenerasi makula.

7. Mengurangi rasa sakit migrain.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pexels

Migrain adalah sakit kepala yang terjadi di bagian setengah kepala. Migrain ini terasa sangat sakit sekali bahkan banyak orang tidak kuat mengatasi saat migrain ini muncul. Nah, salah satu cara untuk mengurangi rasa migrain adalah dengan mengonsumsi cabai. Cabai yang pedas dapat memunculkan fenomena di mana kamu lebih sibuk atau fokus pada rasa pedas itu, sehingga dapat meredakan rasa sakit pada kepala.

8. Mengatasi Psoriasis.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pexels

Psoriasis adalah kondisi kulit yang gatal yang menyebabkan bercak kulit yang jelek. Kandungan capsaicin pada cabai secara signifikan akan mengurangi jumlah sel untuk bereplikasi dan membantu pembalikan menghilangkan ras gatal pada kulit.

9. Mencegah bau nafas.

Bau mulut saat puasa? Begini tips agar mulut tetap wangi © 2018 brilio.net

foto: istimewa

Bau nafas akan sangat menganggu aktivitasmu, terutama bagi kamu yang harus banyak bertemu dengan orang lain. Dengan mengonsumsi bubuk cabai yang mengandung capsaicin, dapat bertindak sebagai desinfektan terhadap udara yang kamu hirup dengan memperbaiki bau nafasmu.

10. Menurunkan berat badan.

cabai kesehatan manfaat pixabay

foto: pixabay

Sensasi pedas yang dihasilkan oleh capsaicin dapat mendorong stimulasi lemak, sehingga dapat mendorong kinerja metabolisme tubuh. Metabolisme yang meningkat dapat menghasilkan pembakaran lemak yang optimal. Manfaat itu dapat membantu mengurangi berat badan secara alami. Namun bukan berarti kamu bisa menurunkan berat badan hanya dengan mengonsumsi cabai.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more