Brilio.net - Indonesia dikelilingi oleh kekayaan alam yang begitu melimpah. Bahkan dari hal ini kamu bisa merasakan banyak manfaat di dalamnya. Salah satu yang mudah dirasakan adalah dengan suburnya berbagai jenis tanaman yang bisa diolah menjadi bahan makanan sampai dengan obat. Daun pepaya adalah salah satu yang terkenal. Yaps, daun pepaya dikenal sebagai yang bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Selain itu khasiatnya juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional.

Di dalam daun pepaya, terdapat aneka kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Tapi kamu tahu nggak sih, kalau ternyata daun yang bentuknya menyerupai tangan manusia ini juga bisa membuat kesehatan kulitmu meningkat. Kamu bisa mendapatkan hasilnya dengan memanfaatkan ekstrak daun pepaya.

Dilansir brilio.net dari stylecraze.com, dikatakan bahwa ekstrak daun pepaya dapat digunakan untuk mengobati alergi kulit, luka, bekas luka, noda, rambut rontok, ketombe, dan infeksi jamur atau bakteri. Nggak hanya itu saja, masih banyak manfaat daun pepaya untuk kecantikanmu lho. Selain untuk kecantikan wajah, juga untuk kecantikan tampilan rambutmu.

Mau tahu apa saja? Berikut ulasan selengkapnya dalam brilio.net dari stylecraze.com dan berbagai sumber pada Senin (11/1).

1. Sumber nutrisi wajah.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Perlu kamu ketahui bahwa daun pepaya memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, seperti saponin, flavonoid, tanin, dan alkaloid. Dengan adanya kandungan tersebut, bisa kamu manfaatkan ekstraknya untuk menutrisi kulit wajahmu. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin A yang ada di dalamnya, dapat menangkal radikal bebas dalam darah serta meningkatkan sirkulasi melalui kulitmu.

2. Mengobati jerawat.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Apakah kamu jadi salah satu orang yang punya masalah jerawat? Si merah ini membuat terkadang menimbulkan rasa nyeri pada kulit. Selain itu, jika tidak diatasi segera, terkadang bisa juga mengganggu penampilan. Namun tenang, karena jerawat jadi kondisi yang wajar terjadi pada siapa saja kok. Pasalnya jerawat merupakan kondisi yang disebabkan oleh hormon. Nah kamu bisa coba mengatasinya dengan pengobatan daun pepaya. Caranya, buatlah masker dengan cara mencampur daun pepaya dan air di dalam blender hingga terbentuk pasta. Kemudian oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

3. Membuat kulit glowing.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pepaya mengandung banyak nutrisi baik untuk kulit. Nggak hanya menjadi sumber makanan yang sehat untuk wajah, namun juga memberikan efek kilau alami yang sehat. Dari kandungan alami daun pepaya, dapat mempertahankan tekstur dan kilau kulit wajah. Selain itu, ia juga bisa mengurangi permasalahan tanda-tanda penuaan, seperti keriput, jerawat, dan pigmentasi. Menariknya, jika jus daun pepaya dioleskan bersama dengan daging buahnya, akan membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan membersihkan jerawat, serta minyak berlebih yang dihasilkan di wajah.

4. Menghambat peradangan luka.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Dalam merawat kecantikan tubuh, sering kali orang menghindari peradangan luka. Maka dari itu kamu juga perlu segera mengatasi permasalahan tersebut sebelum semakin memburuk. Dengan memanfaatkan daun pepaya, kamu bisa mendapatkan kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakannya. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya ini, kamu bisa meletakkan beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka bakar yang ada di kulitmu.

5. Meredakan iritasi.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk kecantikan tubuh. Manfaatnya, daun pepaya dapat mencegah kulit dari racun, memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti eksim. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa mengonsumsi daun pepaya dalam bentuk apapun, atau dapat mengoleskan daun pepaya yang di area yang bermasalah untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

6. Mencegah risiko kanker.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pepaya menjadi salah satu tanaman yang mudah untuk ditemukan. Maka akan sayang jika kamu lewatkan manfaatnya begitu saja. Pasalnya daun pepaya juga dikenal sebagai obat-obatan tradisional. Ditambah lagi, daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut itu mampu menangkal radikal bebas, sehingga turunkan risiko kanker.

7. Mencegah rontok.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Selain ketombe, permasalahan rambut yang kerap dikeluhkan adalah rambut rontok. Helaian rambut yang jatuh bisa disebabkan akar rambut yang nggak kuat. Maka diperlukan nutrisi yang baik untuk kulit kepalamu. Agar kondisi kulit kepala terhindar dari kondisi kering, kamu bisa mengatasinya dengan ekstrak daun pepaya. Ekstrak daunnya mampu menyeimbangkan kelembapan dan minyak di kulit kepala. Hasilnya kulit kepala terhindari dari kondisi kering dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan kebotakan dini.

8. Mengatasi ketombe.

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Rasa gatal pada kulit kepala benar-benar jadi permasalahan yang sangat mengganggu. Nggak hanya karena harus terus menggaruk, penampilanmu juga bisa terganggu saat menghadapi hal ini. Hati-hati, bisa jadi ada ketombe di kepalamu lho. Munculnya ketombe bisa disebabkan karena tidak menjaga kebersihan rambut, diet, sakit, rambut kerap ditutup sehingga panas, dan lain sebagainya. Nah kamu bisa mengatasi permasalahan ini salah satunya dengan ekstrak daun pepaya. Caranya, oleskan ekstrak daun pepaya ke kulit kepala. Cara ini dapat menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan kotoran di akar. Ramuan ini adalah obat tradisional untuk menyembuhkan ketombe dan masalah kulit kepala yang gatal.