Hernia jadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti banyak orang. Hernia merupakan penonjolan organ atau bagian dari organ karena cacat atau kelemahan pada dinding jaringan lunak yang membungkusnya.

Posisi hernia pun bisa di bagian perut maupun selangkangan. Dilansir dari medicinenet.com, hernia secara umum terbagi menjadi dua kelompok utama, dan setiap kelompok berisi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Hernia selangkangan:

1. Hernia inguinalis, merupakan penonjolan jaringan lemak atau bagian dari usus melalui cacat di perut dekat selangkangan. Hernia inguinalis adalah jenis hernia yang paling umum.

2. Hernia femoralis, jenis ini terjadi ketika jaringan lemak atau bagian dari usus menonjol ke selangkangan di bagian atas paha bagian dalam.

Hernia perut:

1. Hernia umbilikalis, terjadi ketika jaringan lemak atau bagian dari usus menonjol melalui perut di dekat pusar.

2. Hernia epigastrium, merupakan hernia garis tengah yang terjadi ketika jaringan lemak menonjol melalui daerah perut antara pusar dan tulang dada.

3. Hernia spigelian, hernia langka ini terjadi ketika usus mendorong melalui perut di sisi luar otot perut, di bawah pusar.

Pengobatan hernia yang paling efektif memang dengan operasi. Namun. jika kamu mengalami hernia jenis tertentu dan tidak begitu parah, dapat diatasi dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan tak lupa dengan rutin berolahraga.

Simak tujuh cara mengobati hernia tanpa operasi yang dapat kamu praktikkan sendiri, lengkap gejala dan penyebabnya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (12/12).