Brilio.net - Piala Oscar dari Academy Award pasti menjadi dambaan insan perfilman dunia. Masuk nominasi Oscar saja sudah jadi kebanggaan tersendiri, apalagi bisa memenangkan ajang penghargaan film paling bergengsi di dunia ini.

Pemenang Oscar bakal menerima piala bersepuh emas 24 karat yang didambakan banyak orang. Tapi kira-kira berapa harga Piala Oscar yang sangat bergengsi itu jika dijual, ya?

Hmm... pasti semua orang bakal menyangka harganya sangat mahal melihat penghargaan itu begitu bergengsi. Tapi ternyata harga piala Oscar itu tak semahal yang diduga.

Dilansir brilio.net dari Aol, patung setinggi 34 cm dengan berat 3,8 kg yang terbuat dari perunggu berlapis emas 24 karat itu hanya dihargai USD 1 atau senilai Rp 13 ribu.

kebijakan penyelenggara Academy Award membuat para pemenang Oscar tak bisa menjual piala mereka sembarangan. Setiap pemenang harus menandatangani perjanjian jika ingin menjual piala Oscar, yakni mereka harus menjualnya ke penyelenggara Oscar terlebih dahulu dengan harga USD 1.

Dulu, pemenang Oscar bisa bebas menjual piala mereka kepada siapa pun dengan harga selangit. Herman Mankiewicz yang memenangkan Oscar pada tahun 1941 untuk skenario terbaik film Citizen Kane menjual pialanya dengan harga USD 332.165 atau senilai Rp 4,3 miliar. Sementara Gregg Toland yang menang Oscar kategori sinematografi terbaik tahun 1939 menjual pialanya dengan harga Rp 3 miliar.

Tapi semua berubah setelah tahun 1950 karena perjanjian Oscar hanya bisa dijual ke penyelenggara Oscar. Hal itu dilakukan untuk menjaga integritas Academy Award. Bahwa sejatinya piala itu bukan menjadi barang yang bisa dijual bebas. Aturan itu untuk menahan para pemenang Oscar menjual piala mereka seenaknya sendiri.

Meski tak menjual Piala Oscar, para pemenangnya umumnya mendapatkan kenaikan nilai tawar setelah meraih Oscar. Sebuah analisis dari Reuters menyebutkan, pemenang Oscar punya nilai tawar yang naik drastis.

Sebagai contoh, Halle Berry yang menang Academy Award 2002 kategori Best Actress dalam perannya di film Monster's Ball punya pendapatan naik dari Rp 1,5 miliar menjadi Rp 86 miliar untuk setiap peran yang dimainkan dalam film.